• Home
  • Agama
  • Khatam Alquran MAN 2 Model Medan, Cinta Pelajar Harus Lebih Pada Alquran
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 24 Februari 2017 11:10:00

Khatam Alquran MAN 2 Model Medan, Cinta Pelajar Harus Lebih Pada Alquran

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengatakan Alquran merupakan wahyu Illahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penuntun dan pedoman bagi umat manusia dalam hidup dan kehidupannya.

Alquran juga memberikan tawaran berbagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi sebagaimana pun sulitnya. Oleh karenanya setiap umat muslim perlu menumbuhkan kegemaran memperdalam isi kandungan Alquran terutama bagi generasi penerus.

“Kegiatan untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Alquran dapat melalui pembelajaran secara terus-menerus ditengah-tengah masyarakat dalam mewujudkan insan-insan yang qurani,” tandas Gubsu Erry saat menghadiri dan membuka Khataman Alquran Akbar Kelas X, XI, dan XII MAN 2 Model Medan dalam rangka memasuki ujian akhir sekolah tahun ajaran 2017 sekaligus zikir dan doa bersama di halaman sekolah tersebut Jalan William Iskandar Medan Tembung, Kamis (23/02/2017).

Dikatakan Erry, acara khataman Alquran yang digelar MAN 2 Medan selain dapat menanamkan rasa cinta kepada Alquran sebagai kita suci yang mengandung hikmah dan pengajaran bagi hidup dan kehidupan umat manusia, juga untuk mendorong dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan Alquran khususnya bagi generasi penerus bangsa.

“Para pelajar atau siswa-siswi muslim harus mencintai Alquran. Khataman Alquran hendaknya jangan dilaksanakan secara temporer saja akan tetapi lebih dari pada itu menjadi kegiatan rutin untuk mendorong dan memotivasi para generasi muda agar lebih mencintai, menghayati, memahami dan mengamalkan isi kandungan Alquran yang diridhoi Allah SWT,” sebut Tengku Erry.

Seharusnya lanjut Gubsu, bagi umat Islam secara terus-menerus membina dan menanamkan rasa cinta kepada Alquran sebagai kita suci yang mengandung hikmah pengajaran bagi hidup dan kehidupan umat manusia serta mengandung fakta-fakta mengenai berbagai kejadian yang terdapat dimuka bumi ini.  Sebagai generasi penerus bangsa, lanjut Gubsu harus menyadari generasi muda sekarang ini nantinya akan hidup pada zaman yang terus berubah dan bergerak maju sesuai dengan zamannya. Oleh sebab itu generasi penerus harus dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan umum maupun agama dan keterampilan agar nantinya mampu mandiri dan berdikari serta memiliki sumberdaya manusia yang handal, beriman dan mengabdi kepada Alllah SWT.

Dalam kesempatan itu Gubsu Erry juga berpesan agar salah satu hal yang patut menjadi perhatian bersama adalah upaya untuk menyaring arus informasi yang sangat cepat dan tidak mengenal batas-batas daerah maupun negara. Khususnya yang bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan dan budaya karena hal tersebut dapat merusak maupun mempengaruhi pola pikir generasi muda.

“Sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memilah maupun menangkal pengaruh negatif dari perkembangan teknologi yang semakin maju dengan meningkatkan keimanan maupun nilai-nilai budaya bangsa kita. Gubsu juga mengapresiasi langkah Kepala Sekolah MAN 2 Medan Burhanuddin Harahap yang memprakasai membentuk tahfidzul quran terutama dalam rangka menghadapi ujian UAN Berbasis Komputer yang tidak lama lagi diselenggarakan.

“Dengan jumlah perserta sebanyak 6.750 orang yang sebentar lagi mengikuti ujian tentunya ini jumlah yang cukup banyak. Semoga para siswa dan siswi yang mengikuti ujian berhasil dan lulus semua,”pungkasnya.

Sementara Kepala Sekolah MAN 2 Model Medan Burhanuddin menyampaikan ungkapan rasa senang dan bahagia serta ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang berkenan hadir di MAN 2 dalam rangka Khataman Alquran Akbar. "Kami mengajak siswa/i untuk gemar membaca dan mengamalkan Alquran agar sukses di dunia dan di akhirat. Berharap seluruh siswa yang ikut khataman ini tidak hanya berhasil lulus dalam ujian nasional, tetapi juga lulus memasuki Perguruan Tinggi Negeri favorit, baik di dalam maupun di luar Sumatera," ujarnya.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Membentuk Akhlak Mulia, Kenalkan Alquran Pada Anak-anak Kita Sejak Dini

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan, membaca serta mempedomani Alquran akan menciptakan manusia bertaqwa dan beriman.   "Alqur

  • Mars Muhammadiyah Pertama Kali Berkumandang

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara Prof Dr H Hasyimsyah Nasution MA tak mampu membendung rasa haru dan bangga saat Lagu Sang Surya, Mars Muhammadiyah bergema di Gu

  • Salahkah Ahok Dalam Kasus Surat Al Maidah 51

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : <br></br> Kisruh yang menggelayut penduduk DKI Jakarta jelang Pilkada, terlebih dengan munculnya kasus dugaan penghinaan terhadap ayat suci Alquran yang dituduhkan kepada calon Petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

  • Soal HGU di Sumut, Ini Kata Iskandar Sitorus untuk Presiden Joko Widodo

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Berbagai persoalan hak guna usaha (HGU) perkebunan di Sumatera Utara, semakin terasa membebani pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pemicunya antara lain karena sejak aw

  • Erry Harapkan Kabupaten/Kota Gencar Promosikan Kerajinan Daerah

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H T Erry Nuradi MSi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Ny Evi Diana Erry secara resmi membuka Gebyar Kerajinan Daerah yang digelar di Merdeka Walk, Lapangan Merdeka Med

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb