Selasa, 19 Maret 2019 12:07:00

UNIVERSITAS DARMA AGUNG GANDENG NIAS KERJA SAMA BIDANG PENDIDIKAN

Medan (Pelita Batak):
Universitas Darma Agung dan Pemerintah Kabupaten Nias (Pemkab Nias) telah sepakat membuat kerjasama. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang masing-masing diwakili oleh Dr. Jaminuddin Marbun, SH.,M.Hum selaku Rektor UDA dan Drs. Sokhiatulo Laoli,MM. selaku Bupati Nias.

Tujuan dari penandatangan MoU ini adalah mewujudkan kerjasama yang sinergis antara kedua belah pihak dalam bidang Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal ini digagas sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan, percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias.
 
Bupati Pemkab Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemkab Nias dan Universitas Darma Agung dapat memberikan suatu optimisme dan harapan dalam pembangunan di daerah Nias. "Tentu dengan adanya nota kesepahaman ini dapat menjadi landasan dalam menjalin kerjasama pada bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat," ungkap Bupati Nias.

Bupati pun berharap melalui kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi semua dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda yang ada di Nias yang kurang mampu secara ekonomi dalam pembiayaan pendidikan atau bagi calon mahasiswa yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui jalur Beasiswa  yang tersedia di UDA.

Rektor UDA Dr. Jaminuddin Marbun, SH.,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pendidikan tinggi diharapkan memiliki peran yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Secara spesifik, bahkan kampus difokuskan pada bagaimana mempersiapkan keunggulan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan serta teknologi agar siap berkompetisi di era global seperti saat ini. Universitas Darma Agung sendiri, merupakan perguruan tinggi yang memiliki kekhasan dan keunggulan sebagai pusat pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal. "Riset-riset yang dikembangkan dan karakter lulusannya, didesain untuk tidak hanya memiliki nilai inovatif dan kompetitif, namun juga memiliki kepekaan untuk beradaptasi dan berkemampuan mengakselerasi pembangunan di daerah," jelas Rektor.

Bupati Nias, juga menyambut baik keinginan UDA untuk bekerjasama dengan kabupaten Nias, karena hal ini dianggap dapat diajdikan ajang untuk  menuntut pemberdayaan dan pengembangan seluruh potensi daerah, termasuk potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam,guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Nias yakni menjadikan Kabupaten maju di Indonesia. "MOU dengan Universitas Darma Agung sangat penting perannya dalam membantu pendidikan di Pemerintah Kabupaten Nias menuju Kabupaten maju di Indonesia karena Universitas Darma Agung dapat menjalankan program pembangunan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat," katanya.
 
Acara penandatanganan MoU yang bertempat di Ruang Bupati, Rabu (13/3)  disaksikan oleh wakil Bupati Nias Drs.Arasokhi Waruwu, SH.,MH Ketua DPRD Nias Yaredi Laoli SPd, Wakil Rektor III UDA Ir Lilis Gultom MM.,M.MA, anggota DPRD, Badurani Waruwu SE, dan Kepala Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UDA Humiras Betty Sihombing SPd.,M.Pd serta Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Aralia Harefa S.AP. (*|TAp)