Rabu, 12 Juni 2019 11:39:00

Tol Parapat-Tapteng Diprediksi Mampu Dongkrak Wisata Tapanuli Raya

Tarutung (Pelita Batak):
Pemerintah terus berupaya untuk mendongkrak dan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba dan sekitarnya. Namun, masih dibutuhkan strategi lain untuk terus menarik perhatian masyarakat domestik maupun internasional.

Dilihat dari sisi jumlah kunjungan, cukup banyak, namun masih kalah jauh dibandingkan wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Bali.

Keinginan Presiden Jokowi yang memasukkan Danau Toba sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata agar keindahannya dijual sehingga bisa mengimbangi pulau Bali.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menyebutkan, bila ingin wisata Danau Toba layak disebut Bali kedua, formula yang paling jitu bangun jalan Tol Parapat-Tapteng.

"Ya, kalau wisata kita ingin seperti Bali, saran saya dibangun jalan Tol Parapat-Tapteng, ya kalau bisa itu dulu prioritas dibandingkan lanjutan Tol Tebing-Parapat," sebut Nikson, Selasa (11/6/2019).

Alasannya paling mendasar, kata Nikson, keindahan Danau Toba dipadukan dengan pantai Sibolga serta Nias mampu membuat nyaman wisatawan.

"Lihat pantai Tapteng dengan pulau Mursala, Marina atau Poncan belum lagi Nias yang punya ombak cukup tinggi tantangan bagi peselancar. Dipadukan keindahan Danau Toba yang dimiliki Kabupaten sekitarnya, satu konsep wisata yang mampu mensejahterahkan masyarakatnya," tambahnya.

Menurutnya, jika jalan Tol itu terbangun didukung dengan keberadaan Bandara Silangit, jarak tempuh ke sejumlah kawasan wisata Danau Toba dan pantai barat Sibolga akan mudah serta cepat diakses.

"Akan sangat terkoneksi dan saling mendukung. Tentunya, Pemkab akan siapkan Perda pendukung tata ruang agar masyarakat kita bisa menata lokasi wisata di Taput," katanya.

Nikson mengatakan, dalam setiap kebijakan pasti akan ada yang dikorbankan namun untuk kemajuan harus berani. "Kita harus berani untuk memajukan suatu peradaban," katanya. (TAp|PP)