Rabu, 11 September 2019 14:59:00

Santer, Sejumlah Nama Disebut Maju di Pilkada Humbahas

Medan (Pelita Batak):
Sebanyak 23 dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut akan ikut dalam pesta demorkasi Pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2020. Diantaranya Kabupaten Humbang Hasundutan yang nampaknya disambut dengan kemunculan sejumlah nama yang diperkirakan akan ikut bertarung dan menggeser keberadaan petahana.

Mulai dari nama mantan pejabat pemerintahan hingga pengusaha santer dikabarkan akan tampil di Pilkada Humbahas untuk memimpin daerah pemekaran dari Tapanuli Utara itu untuk periode 2020-2025.

Sejumlah nama tersebut diantaranya Baginda Polin Lumban Gaol, Harry Marbun, Romein Manalu, Thony Pasaribu, Rajin Tajom Lumbantoruan, Labuhan Sihombing dan Cristoper Sihombing.


Cristoper Sihombing, adik dari Donald Sihombing. (Foto: Istimewa)

Cristoper Sihombing yang diketahui merupakan adik dari pengusaha sukses Donald Sihombing pemilik PT Totalindio,Tbk. Turut meramaikan bursa bakal calon bupati Humbang Hasundutan.

Seperti diketahui, meski belum resmi mendapatkan tiket dari PDIP, peluang Dosmar Banjarnahor untuk maju dari partai yang dia pimpin di Kabupaten Humbahas tersebut cukup besar dan terbuka lebar.

Hasil Pileg 2019 lalu, PDIP mengantongi tujuh kursi di DPRD Kabupaten Humbahas. Cukup bagi Dosmar untuk bisa maju sebagai kandidat Pilkada 2020.


Thony Pasaribu. (Foto: Istimewa)

Sama halnya dengan Harry Marbun, yang disebut-sebut akan kembali bertarung setelah pada Pilkada 2014 lalu, kandas dan mengakui kekuatan pasangan Dosmar Banjarnahor-Saut Simamora.

Kekalahan itu menjadi pil pahit bagi politikus Partai Golkar tersebut, sehingga pada pertarungan pilkada nanti layaknya menjadi ajang balas dendam politik.

Sebagai Ketua Partai Golkar Humbahas, Harry mememiliki peluang yang sama untuk bertarung dengan lima kursi Partai Golkar plus, misalnya satu kursi Partai Demokrat dianggap memenuhi syarat.

Demikian juga halnya dengan Baginda Lumbangaol. Sosok satu ini sudah diperkirakan bertarung dalam pilkada mendatang.

Romein Manalu (Foto : Istimewa)
Bagi dunia politik, nama Romein Manalu tentunya masih asing. Romein seorang pengusaha di bidang konstruksi di Medan. Kini aktif menjadi ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia Sumut, dan aktif di berbagai kegiatan sosial di Sumut.


Harry Marbun. (Foto: Istimewa)

Keseriusan Kepala Kejaksaan Tinggi di Kalimantan Barat itu terlihat, banyaknya alat peraga bertabur di sejumlah kecamatan serta dukungan beberapa marga di Kabupaten Humbahas terus mengalir.

Baginda bahkan dengan kepercayaan diri yang tinggi berani mendaftar ke markas 'banteng'. Dia mengambil formulir pendaftaran ke Tim Penjaringan PDIP Kabupaten Humbahas.


Baginda Polin Lumban Gaol. (Foto: Istimewa)

Namun dia tetap membuka peluang dari Perindo yang memiliki dua kursi dan Partai NasDem dengan tiga kursi hasil perolehan Pileg 2019 lalu.

Ada juga nama Rajin Tajom Lumbantoruan, tercatat sebagai kader Partai Gerindra, tentu memiliki peluang bertarung dari wilayah pemilihan Kecamatan Lintongnihuta dan Kecamatan Paranginan.

Perhitungan jumlah marga-marga di dua kecamatan tersebut dianggap menjadi modal utama untuk maju, meskipun Partai Gerindra hanya memiliki dua kursi. Namun jika digandeng dengan Partai Hanura pemilik empat kursi di DPRD, menjadi pintu masuk untuk bertanding.

Ikut memanaskan pertarungan di daerah pemilihan II tersebut, yakni Labuan Sihombing yang dikenal sebagai calon DPRD terpilih dari Partai Hanura.

Nama lainnya, Thony Pasaribu, disebut juga bakal meramaikan pertarungan pilkada. Kabarnya, dia ingin mengembangkan pertanian dan sektor lainya di Kabupaten Humbahas.

Di awal Thony melirik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memegang satu kursi di DPRD Kabupaten Humbahas.

Selain mengandalkan mesin parpol, diperkirakan para kandidat ini akan mencari peluang dari jalur independen karena dianggap lebih murah untuk ongkos pilkada.(TAp|tgr)