Selasa, 11 Desember 2018 20:23:00

Mengenal Caleg DPR RI Asmadi Lubis Melalui Sepak Terjang Sebagai Lawyer dan Wakil DPRD Tobasa

Asmadi Lubis sosok yang dirindukan oleh para penggiat anti korupsi berkat idealisme beliau semasa Wakil DPRD Kabupaten Toba Samosir
Tobasa (Pelita Batak):
Pesta demokrasi untuk memilih wakil rakyat di Indonesia akan dilangsungkan pada 2019 mendatang. Ada banyak Caleg (Calon Legislatif) yang telah dipilih oleh partai pendukung untuk berlaga dan lolos tahapan di KPU , baik dari petahana  maupun calon baru dari dapil (Daerah Pemilihan) masing masing calon.  

Bagi masyarakat Sumatera Utara, nama Tokoh Asmadi Lubis tidak asing lagi. Bahkan, Asmadi Lubis dikenal lawyer handal sebagai mitra almarhum D. L. Sitorus sebelum beliau menjadi politikus yang dikenal sangat gencar mengkritisi kebijakan para kaum Eksekutif dimana beliau dipercaya masyarakat sebagai anggota DPRD Toba Samosir Pemilihan Calon Legislatif periode 2014-2019 lalu dan menjabat sebagai wakil ketua DPRD. Namun, bukan hanya eksis di politik, beliau juga sangat fasih dan vokal berbicara tentang ekonomi dan efisiensi anggaran di DPRD Tobasa. 

Asmadi Lubis dikenal sebagai lawyer yang handal sebelum menjadi pelayan masyarakat. Ia mulai menggeluti karier sebagai lawyer sejak lulus Sarjana Hukum hingga Magister Kenotariatan hingga Candidat Doktor Hukum dan sukses memenangkan kasus klien termasuk DR DL Sitorus sebagai pengusaha sukses asal Toba Samosir. Sejak bergabung dengan para pengusaha sambil menimba ilmu, Asmadi Lubis akhirnya memberanikan diri maju sebagai Calon Legislatif di Kabupaten Tobasa, tepatnya untuk periode 2014 - 2019. 

Kemudian beliau hendak mencalonkan diri sebagai bupati untuk 2015-2020 dari partai Gerindra namun perjalanan politiknya tidak mulus. Ia harus menghadapi berbagai tantangan karena beliau berbenturan dengan partai sekaitan mahar politik. Berkat program dan prestasi nya dan idealis yang militan beliau tidak di PAW pada masanya dan berhasil mendapatkan dukungan dan simpati dari sejumlah penggiat dan pemerhati sosial di Pemkab Toba Samosir.

Berkat kejujuran dan idealisme yang dimiliki nya melalui kritik pedas nya pada pemerintahan Tobasa, Asmadi Lubis  berhasil membuktikan diri sebagai legislatif yang jujur dan mewakili suara rakyat. Dukungan pun berdatangan dari berbagai pihak baik dalam daerah maupun luar daerah, ini terlihat dari akun beliau yang dibanjiri oleh komentar dan dukungan para netizen. Dari tahun ke tahun, karier nya melejit di DPRD Tobasa.

Kejujuran dan suara lantang beliau dalam mengkritisi kebijakan eksekutif bahkan rekannya DPRD yang membuat nama Asmadi Lubis semakin berkibar. Ia selalu menjadi tempat curhat para pemerhati dan penggiat sosial dan pemerintah Tobasa.  Selanjutnya, ia dipinang oleh partai Kesatuan Bangsa (PKB) untuk diusung menjadi calon DPR RI dapil Sumatera Utara 2. 

Dari lawyer Menjadi Politikus prestasi yang ditorehkan Asmadi Lubis semasa wakil DPRD Kabupaten Toba Samosir merupakan salah satu bentuk kualitas yang patut dipertimbangkan. Bagaimana pun, Asmadi Lubis telah melalui proses panjang untuk membangun mosi percaya masyarakat Toba Samosir kepada DPRD meski dia berjuang sendiri namun akhirnya Asmadi Lubis cukup di idolakan oleh masyarakat Toba Samosir yang mengerti sepak terjang beliau sejak duduk di DPRD Tobasa walau perjuangan beliau butuh proses, tidak tiba di puncak secara instan.

Dilihat dari sisi lain, dukungan karir dan prestasi Asmadi Lubis yang haram dengan uang korupsi selama duduk di DPRD Tobasa seperti yang pernah didapatkan melalui pengakuan sejumlah besar orang orang yang mengenal beliau dan mencintai Toba Samosir ternyata menimbulkan dampak besar. Melalui partai PKB menuju DPR RI dapil Sumut 2  2019-2024 ini diharapkan  Asmadi Lubis kelahiran 13 Oktober 1973 untuk dapat kembali berjaya dan mendapatkan kursi demi menyuarakan kepentingan masyarakat daerah pemilihannya. Minat dan perhatian masyarakat pun kini naik melebihi calon lainnya yang belum pernah berbuat untuk Toba Samosir selain mengumbar janji. 

Berbekal sepak terjang beliau pada masa jabatan sebelumnya, yaitu tegas dan komitmen dengan tiga fungsi wakil rakyat yakni sebagai pengawas anggaran, pembuat anggaran dan pengesahan RUU yang mendukung pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi baik di lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif mendukung dan memenangkan wakil rakyat seperti Asmadi Lubis, merupakan suatu upaya mengusung misi mulia, yaitu menyetarakan kesejahteraan masyarakat dengan metode perbaikan menuju perubahan.

Dalam pemilihan legislatif, masyarakat berkesempatan mendapatkan wakil yang militan dan berkarakter serta pro rakyat dan kriteria ini ada pada sosok Asmadi Lubis. Masyarakat sebagai penentu  turut memiliki andil dan peran membantu Asmadi Lubis duduk di Senayan untuk menyuarakan perubahan di dapil Sumut 2.

Menariknya, cara mendudukkan beliau duduk di Senayan sebenarnya tidak rumit dan sulit. Hanya saja, masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya beliau untuk menjadi wakil rakyat yang sungguh idealis memberantas sosok pejabat yang mementingkan perut sendiri dengan menggarong anggaran dan makan gaji buta, sehingga program memajukan daerah dan masyarakat yang diinginkan Asmadi Lubis ini dapat berlangsung dengan lancar dan terjamin.

"Untuk membantu kemajuan Sumatera Utara dan Dapil yang aman dari koruptor, maju, menguntungkan masyarakat, dan berdampak sosial. Masyarakat dapil 2 diharapkan mempertimbangkan kehadiran Asmadi Lubis sebagai tokoh idealisme putra Sumatera Utara," ujar sejumlahpenggiat sosial dan pemerhati politik yang tidak bisa disebut namanya satu persatu. 
(Maria)