Rabu, 15 Mei 2019 11:11:00

Kejaksaan akan Eksekusi Wabup Paluta

Paluta (Pelita Batak) :

Pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara maupun Kejaksaan Negeri Padanglawas Utara akan segera melakukan eksekusi terhadap Hariro Harahap (Wakil Bupati Paluta) terkait kasus politik uang dalam Pemilu 2019 yang telah divonis bersalah di Pengadilan Negeri Padangsidimpuan dengan hukuman 1 bulan 15 hari penjara.

Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian saat dihubungi wartawan melalui selulernya, Selasa 14 Mei 2019 mengatakan JPU Kejari Paluta selaku eksekutor saat ini masih menunggu salinan putusan dari Pengadilan Negeri Padangsidempuan sebagai dasar untuk melakukan eksekusi. "Salinan itu harus secepatnya karena ini kan Pidana pemilu, jadi harus secepatnya kita eksekusi," ujarnya

Sumanggar juga belum menegaskan nantinya kemana Hariro akan ditempatkan setelah dieksekusi. Karena saat ini, pihak kejaksaan masih fokus untuk menunggu salinan putusan.

"Kita akan pastikan salinan putusan itu sampai kepada terdakwa (HH) dan JPU Kejari Paluta. Hendaknya  pihak pengadilan dapat segera mengirimkan salinan putusan itu agar bisa kita lakukan eksekusi," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap divonis 1 bulan 15 hari penjara dalam kasus Pemilu oleh PN Padangsidimpuan, jauh lebih rendah dari tuntutan JPU Kejari Paluta selama 3 bulan penjara. 

Hariro dinyatakan terbukti bersalah melakukan politik uang untuk memenangkan sang istri yang maju sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten Paluta dari Partai Gerindra.

Saat itu  ditangkap oleh Tim Satgas Politik Uang Polres Tapanuli Selatan bersama 14 orang lainnya pada Senin 15 April 2019, dini hari.(Saut Togi Ritonga)