Rabu, 03 Oktober 2018 07:54:00

KH. Maruf Amin akan Kunjungi Kantor Pusat HKBP di Pearaja

Tengku Said Idris Pardede
Jakarta (Pelita Batak)
Calon Wakil Presiden DR. KH. Maruf Amin dijadwalkan akan mengunjungi markas HKBP  di Pearaja Tarutung dan bertemu Ephorus Pdt. DR. Darwin Lumban Tobing. Pertemuan yang digagas dan difasilitasi Horas Halak Hita (H3)  rencananya digelar Jumat, 5 Oktober 2018.

Kepastian kehadiran Cawapres Mahruf Amin diwilayah mayoritas berpenduduk Kristen ini diungkapkan oleh Ketua H3 Tengku  Said Idris Pardede di Jakarta, kemarin.

"Ya, Cawapres KH. Maruf Amin akan menyalami kita warga Batak di Balige dan Tarutung tanggal 5 Oktober yang akan datang," jelas Tengku Said Idris Pardede.

Dijelaskan Tengku Said Idris Pardede, kunjungan KH. Mahruf Amin ke Tapanuli, khususnya ke kantor Pusat HKBP merupakan kunjungan  sarat makna dan istimewa.  Selain sebagai cawapres, KH. Maruf Amin adalah juga Rois Am Nahdatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia  yang dikenal memiliki kedekatan dengan umat Kristiani umumnya dan HKBP khususnya.

Tengku Said  Idrus yang juga tokoh Golkar ini menegaskan, NU-Kristen, khususnya HKBP baik secara organisasi maupun personal memiliki hubungan yang sangat baik yang sudah terbina dan terpelihara harmonis sejak lama.  Hubungan persaudaraan antara NU-HKBP tidak hanya terbatas ditataran elit organisasi tapi jiga sampai ketingkat akar rumput. Salah satu contoh nyata adalah kehadiran/keterlibatan  Banser NU dalam pengamanan gereja dan kegiatan kegiatan hari-hari besar keagamaan. 

"Hubungan baik antara NU-HKBP khususnya dan kristen umumnya sudah terjalin sejak lama. Tidak hanya terbatas ditingkat elit, tapi juga dirasakan sampai ketingkat akar rumput. Kehadiran Banser NU dibeberapa kegiatan keagamaan kristiani salah satu bukti nyata bentuk persaudaraan NU-Kristen," jelas Tengku.

Terkait agenda KH. Maruf Amin , menurut Tengku diawali dengan kunjungan ke Balige. Didaerah ini Maruf Amin dijadwalkan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII (tentatif) sebelum sholat Jumat disalah satu Mesjid di Balige. 

Usai sholat Jumat, Maruf Amin dengan menggunakan helikopter langsung menuju Pearaja dan bertemu Ephorus HKBP Pdt. DR. Darwin Lumban Tobing. Kunjungan Mahruf akan diakhiri dengan meninjau pameran dalam rangka hari jadi Kabupaten Tapanuli Utara.

"Dijadwalkan KH. Mahruf Amin akan tiba di Silangit pukul 09.00 WIB Jumat, 5 Oktober 2018 dan langsung ke Balige. Sebelum sholat Jumat akan mengunjungi beberapa situs bersejarah. Usai sholat Jumat akan langsung ke Pearaja bertemu Ephorus HKBP Pdt. DR. Darwin Lumban Tobing,"jelas Tengku. (R|J)