Rabu, 13 Maret 2019 22:26:00

Joel, Pelajar Asal Toba Wakili Sumut Ikut Seleksi ke Afrika Selatan

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Martin Manurung yang turut mengantarkan Joel di Bandara Silangit, Tapanuli Utara
Tobasa (Pelita Batak):
Seorang siswa yang duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Toba Samosir, terpilih mewakili Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti seleksi peserta South Africa International Mathematic Competition (SAIMC).

Dia adalah Joel Van Doli Marpaung, siswa SD Swasta Bonapasogit Sejahtera, Toba, Kabupaten Toba Samosir. 

Joel satu dari 24 siswa SD yang terpilih mengikuti rangkaian seleksi yang diadakan Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan di Jakarta.

Roselly Simanjuntak selaku Koordinator Sekolah, menjelaskan pihak sekolah mengetahui Joel terpilih untuk mengikuti seleksi kompetisi matematika tingkat international tersebut, dari grup aplikasi komunikasi.

Selanjutnya pihak sekolah melakukan komunikasi kepada pihak terkait, sebelum akhirnya Joel diberangkatkan ke Jakarta, didampingi salah satu guru.

"Sebelumnya, Joel juga sudah mengikuti rangkaian kompetisi siswa di berbagai daerah di Indonesia. Kita berharap Joel dapat mengharumkan nama daerah ini, bahkan Indonesia," ujar sang guru. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Martin Manurung yang turut mengantarkan Joel di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, mengatakan sangat bangga dengan prestasi Joel yang sudah berkompetisi lintas daerah bahkan provinsi.

Martin yang juga caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Sumut II Nomor Urut 1 itu berharap, pemerintah dapat peka dengan potensi-potensi sumber daya manusia seperti Joel, dengan memberi beasiswa hingga tingkat tertinggi.

"Joel ini adalah aset masa depan bangsa. Ini investasi yang tidak ternilai. Oleh sebab itu sangat disayangkan jika negara melewati orang-orang seperti Joel ini," pungkas Martin, sembari mengantar Joel menuju pintu keberangkatan bandara.(TAp|*)