Selasa, 19 Maret 2019 13:24:00

Jhonni Allen Marbun Fasilitasi Pelatihan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba

Jhonni Allen Marbun
Jakarta(PelitaBatak): Usul Jhonni Allen Marbun, anggota Komisi V DPR-RI Fraksi Partai Demokrat untuk melakukan pelatihan peningkatan keselamatan pelayaran kepada awak kapal di Kawasan Danau Toba disambut baik Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. "Pelatihan seperti ini sangat penting dan perlu. Kami siap memfasilitasi pelatihan bagi awak kapal di Danau Toba. Silahkan diusulkan Pak, segera kita laksanakan,"ujar Budi Karya Sumadi merespons usulan Jhoni Allen Marbun dalam rapat kerja Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungan di Senayan, Jakarta, Senin (18/3). 

 Jhoni Allen Marbun, caleg DPR RI Dapil Sumut 2 usai rapat menjelaskan pelatihan keselamatan bidang pelayaran di Danau Toba sangat penting dilakukan bagi awak kapal di Danau Toba. Hal ini guna meningkatkan kepercayaan wisatawan dan memastikan bahwa moda transportasi air di Danau Toba aman digunakan. "Perlu standar pengelolaan moda transportasi air di Danau Toba. Pengelola, pekerja di pelabuhan dan pekerja di kapal harus dididik dan diberi pelatihan dasar tentang keselamatan kerja", jelas Jhonni Allen. 

 Anggota DPR RI tiga periode asal Pangururan, Samosir ini berharap pelatihan dapat dilakukan dalam waktu dekat. Untuk itu, ia juga langsung melayangkan surat permohonan menggelar pelatihan kepada menteri. Dalam suratnya ia meminta pelatihan digelar paling lambat minggu pertama April 2019. Lebih jauh Jhonni Allen Marbun mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 150 orang awak kapal dan petugas pelabuhan untuk mengikuti pelatihan ini.

 "Rencananya pelatihan dilakukan awal April 2019 dan diikuti sedikitnya 150 peserta dan digelar di Simanindo atau Tomok, Kab. Samosir,"jelas politisi yang akrab disapa JAM.(*)