Kamis, 08 Februari 2018 19:09:00

Jelang Pemilu 2019, Ini 12 Partai di Humbahas Lolos Verifikasi Faktual

Pleno terbuka KPU Humbahas
Doloksanggul(Pelita Batak): Setelah melalui tahapan verifikasi faktual (vertual) dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), sebanyak 12 parpol kepengurusan daerah tersebut dinyatakan memenuhi syarat (MS) menjadi peserta pemilu tahun 2019.

Ketua KPUD Humbahas, Leonard Pasaribu kepada wartawan, disela pleno terbuka hasil vertual Parpol, Rabu 7 Februari 2018 di Grand Maju Hotel, Dolok Sanggul, mengatakan bahwa kedua belas partai yang lolos vertual itu yakni, NasDem, PKB, Demokrat, PDIP, Hanura, Golkar, Gerindra, PAN, Perindo, PSI, Garuda dan Berkarya. Sementara, PIKA tidak dinyatakan lolos sebab tidak memenuhi syarat.

Lanjut Leonard,  untuk menjadi peserta pemilu, pihaknya memfaktualkan data yang dibuktikan dengan identitas KTP dan KTA. Sementara domisili Partai dibuktikan dengan surat keterangan (suket) domisili dari pemerintah setempat, sesuai yang tertera pada sistim informasi partai politik (sipol) di KPU.

Dikatakan bahwa kepengurusan partai tadi meliputi  Ketua, Sekertaris, Bendahara (KSB). Selanjutnya keterwakilan perempuan, domisili partai dan sepuluh persen anggota partai (data Sipol) yang tersebar di seluruh kecamatan se-Humbahas.

"Sesuai tahapan pemilu, hasil vertual ini akan kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi untuk diumumkan menjadi peserta Pemilu 2019," tukasnya.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit berharap bahwa pihak KPUD Humbahas sudah melakukan tugasnya dengan baik dan sejujurnya sesuai dengan amanah. Selanjutnya, parpol yang menjalani vertual tersebut agar menjadi peserta pemilu pada tahun 2019. Parpol yang berkualitas dan menjunjung tinggi sportifitas pemilu.(Abed Ritonga)