Kamis, 23 Juni 2016 12:38:00

Genjot Kepesertaan, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban ke Kabanjahe

Ketua Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan yang juga salah satu Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban berkunjung ke Kabanjahe, Sumut, Rabu 22 Juni 2016
Kabanjahe(Pelita Batak): BPJS Ketenagakerjaan terus menggenjot jumlah cakupan kepesertaan. Ketua  Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan yang juga salah satu Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban di Kabanjahe, Sumut, Rabu 22 Juni 2016 mengungkapkan, untuk mengetahui secara langsung sejauh mana posisi dan strategi pencapaian kepesertan serta tantangan yang dihadapi dalam menggenjot kepesertaan, pihaknya melakukan kunjungan ke sejumlah kantor BPJS Ketenagakerjaan dan pihak terkait.
 
Kali ini, Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah Sumbagut, Kantor Cabang Perintis (KCP) Karo Kabanjahe, Humbang Hasundutan Dolok Sanggul dan Tapanuli Utara Tarutung, 20 – 24 Juni 2016."Kami melihat pencapaian target kepesertaan dan iuran baik sektor penerima upah dan bukan penerima upah, harus terus ditingkatkan.  Peserta harus dilayani sebaik mungkin. Keluhan peserta diupayakan Zero ,” terang Rekson, sebagaimana siaran pers BPJS Ketenagakerjaan KCP Karo, Kamis 23 Juni 2016.
 
Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ahli Senior Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan Dr. Badikenita Sitepu SE MSi, Dra Muzaenah Zein, Asisten Ahli Ribka Laura, dan Penata Madya Sekretariat Dewan Pengawas Fready Sabhara Irwanto.
 
Disebutkan, BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan publik tidak bisa bekerja sendiri,  dan harus bekerja dengan seluruh lembaga, seluruh badan, dan seluruh pemda.“Kami berharap, Pemda dan seluruh pihak terkait dapat mendukung Program Strategis nasional ini, “ terang Rekson seraya berharap para pekerja informal yang ada di wilayah ini seperti aparat desa, koperasi, lembaga keagamaan, pekerja outsourcing dan tenaga kerja dapat seluruhnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
Sementara itu Ahli Senior Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan Dr. Badikenita Sitepu SE MSi yang juga berasal dari Kabupaten Karo mengungkapkan pihaknya siap menjembati perluasan kepesertaan dengan sejumlah lembaga diantaranya Gereja GBKP Karo, tenaga pertanian lepas aron-aron, pedagang pasar dan sentra pertanian lainnya.“Kita siap memperluas kepesertaan, kita jadwalkan dalam waktu dekat,” jelasnya.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo Kabanjahe Sanco Simanullang ST MT didampingi 
Krismas Panggabean  saat menerima kunjungan tersebut mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dewan Pengawas yang juga Komite Perluasan Kepesertaan dan pelayanan seraya memohon dukungan untuk memperluas perlindungan jamInan sosial terutama bagi petani di wilayah yang cukup rawan bencana ini.
 
Disebutkan, setahun Kantor BPJS Ketenagakerjaan berdiri di wilayah Karo,  telah dibayarkan manfaat seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja  sebesar Rp 2,127 Miliar yang diterima 519 pekerja. Sementara untuk Jaminan Kematian terdapat 2 kasus dibayar Rp 48 Juta dan Jaminan Kecelakaan Kerja sebanyak 1 kasus  dibayar Rp 2,731,260.00, sehingga  total seluruhnya Rp 2,178,177,830.00.(R4)