Jumat, 17 Mei 2019 14:24:00

Forum Bangso Batak Indonesia Ajak Semua Jaga Kantibmas Pascapemilu

Jakarta (Pelita Batak):
Hari Rabu, 22/05/2019 KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional pemilihan Presiden. Sedangkan penetapan pemenangnya diumumkan pada tanggal 25 Mei 2019 apabila tidak ada peserta yang mengajukan sengketa hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menjelang pengumuman hasil rekapitulasi tersebut, Forum Bangso Batak Indonesia  (FBBI) sebagai bagian warga Negara/Bangsa merasa prihatin dengan sikap para elit partai dan para pendukung pasangan calon yang sering membuat provokasi yang kadangkala menakutkan bagi masyarakat dan masa depan bangsa. "Kami cinta NKRI, kami cinta Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945. Kami cinta Bhinneka Tunggal Ika, cinta keberagaman bangsa ini. Kami cinta damai dan ketenangan, kata Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM selaku Ketua Umum FBBI didampingi  Djalan Sihombing, SH Sekretaris Jenderal dalam siaran persnya, Kamis (17/5/2019).

Menanggapi situasi yang terjadi, FBBI menyampaikan sikap dan mengajak segenap warga neagra untuk secara bersama-sama menjaga kedamaian, ketenangan dan ketertiban sebelum dan setelah pengumuman hasil rekapitulasi maupun penetapan pemenang pilpres tersebut.

"Kemudian, jangan ada pihak-pihak yang sengaja memprovokasi masyarakat dengan kata atau perbuatan, atau berita-berita yang tidak benar dan tidak bertanggung-jawab," katanya.

Semua pihak, semua komponen bangsa menahan diri untuk tidak berbuat keonaran atau kekacauan dalam masyarakat, mari kita salurkan permasalahan yang ada sesuai mekanisme hukum atau Undang-Undang yang berlaku. Ada Bawaslu dan MK sebagai saluran hukum yang telah disepakati bangsa ini.

"Pihak Polri yang kami cintai agar netral, tetapi tegas menindak orang-orang atau kelompok yang ingin berbuat keonaran atau kekacauan. Kami bangga dengan TNI yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Kami mengharapkan TNI ikut berpartisipasi sesuai kewenangannya untuk mengamankan pengumuman tersebut," lanjutnya.

FBBI mengajak agar seluruh elemen mengedepankan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Saling menghargai, menjaga ketertiban dan ketenangan di wilayah masing-masing. (TAP|*)