Selasa, 14 Mei 2019 12:31:00

Doa Tolak Bala dan Memohon Kesuburan Pertanian Serta "Manganjab"

AYO ramaikan, Sabtu 18 Mei 2019. Isi week end mu dengan mengetahui hal unik yang tak pernah kamu ketahui selama ini. Buka mata melihat kekayaan khasanah budaya bangsa. Ada ritual Memohon Kesuburan Pertanian dan Tolak Bala "Manganjab" oleh Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita di Desa Sihaporas Bolon.

Tradisi ini sejak lama dijalankan, dan eksis hingga saat ini meski menghadapi berbagai tantangan. Pelaksanaan ritual ini ditentukan berdasarkan kalender Batak di hari Sihori Purasa dan disesuaikan pada bulan Mei dalam kalender Masehi. Rangkaian ritual dilaksanakan sampai pukul 15.00 sejak pagi.

Kurban dan persembahan disiapkan kepada Mulajadi Nabolon (Tuhan Pencipta Langit dan Bumi), Raja Uti dan Sisingamangaraja, Naga-naga ni Sombaon dari empat penjuru desa dan delapan penjuru angin, kepada leluhurnya Ompu Mamontang laut, dan ruh penggembala semua jenis tumbuhan dan tanaman. Ritual Manganjab sudah menjadi perhatian Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) sejak pendokumentasian "Ritual Adat Patarias Debata di Sihaporas" pada Oktober 2018 lalu.

Untuk tahun 2019 ini Ritual Manganjab di Sihaporas menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan pada 18 Mei 2019 untuk memicu kegiatan pariwisata yang bersumber dari peristiwa kebudayaan.(*)