• Home
  • Pendidikan
  • Wisuda 1.052 Alumni, Ketua Yayasan Universitas Darma Agung Ajak Alumni Jaga Nama Baik Almamater
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 24 November 2018 17:57:00

Wisuda 1.052 Alumni, Ketua Yayasan Universitas Darma Agung Ajak Alumni Jaga Nama Baik Almamater

Universitas Darma Agung Siap Hadapi Era Industri 4.0
BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Ketua umum yayasan Darma Agung Ny Sariati PR Siregar br Pardede bersamaa suaminya PR Siregar, rektor dan yang lainnya diabadikan dengan para mahasiswa terbaik
Medan (Pelita Batak):
Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Darma Agung periode I T.A 2018/2019 mewisuda 1.052 wisudawan. Alumnus diajak menjadi mitra bagi universitas, serta turut menjaga nama baik di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung Ny Sariati PR Siregar br Pardede dalam sambutannya, di Pardede Hall Medan, Sabtu (24/11/2018). Turut hadir Badan Pembina Yayasan Perguruan Darma Agung Johny Pardede, Kordinator Kopertis Wilayah I Drs Zakaria Kabid Akademik Mahasiswa dan Sumber Daya, Rektor UDA Dr. Jaminuddin Marbun, SH, M.Hum, Wakil Rektor I: Mhd. Ansori Lubis, SH, MM, M.Hum, Wakil Rektor II Drs. Jonner Lumban Gaol, M.Si, Wakil Rektor III Ir Lilis Gutom, Direktur APP DA Dra Binur P Napitupulu MM dan para dekan.

"Keberhasilan dalam menempuh suatu jenjang pendidikan adalah hasil kerja keras yang terstruktur, yang telah menempuh tahapan yang sudah ditentukan. Oleh karenanya, patutlah kita berbangga atas apa yang hari ini dicapai oleh anak-anak kita diwisuda pada hari ini, untuk itu semua, saya mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati atas keberhasilannya menempuh jenjang pendidikan sesuai strata masing-masing," kata Sariati.

Putri sulung pendiri Yayasan Perguruan Darma Agung Dr TD Pardede ini mengajak seluruh lulusan untuk mengingat dan peduli almamater yang telah mengasuh dan menjadi wadah tempat menimba ilmu. "Banggalah kalian menjadi alumni universitas Darma Agung, dimanapun kalian berada," katanya.

Juga ditekankan agar para wisudawan berkarya di tengah masyarakat serta memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat. "Pak Ketua, Dr TD Pardede yang mendirikan Universitas Darma Agung ini pernah berpesan kepada kita semua, 'Miskin Belajar Kaya, Kaya Belajar Miskin'. Aplikasikan lah IPTEK yang diperoleh demi kemajuan bangsa kita tercinta, bangsa Indonesia," katanya.

Senada juga disampaikan Kordinator Kopertis Wilayah I diwakili Dr Zakaria bahwa Universitas Darma Agung menjadi salah satu PTS yang terbaik di Sumatera Utara. Sehingga, para wisudawan agar tetap menjaga nama baik almamaternya dimana pun berbakti nantinya. Kopertis mengajak PTS seperti Universitas Darma Agung untuk tetap mengembangkan diri selain mempertahankan prestasi yang ada saat ini.

Kemudian Rektor Universitas Darma Agung Dr Jaminuddin Marbun, S.H., M.Hum menyampaikan dari 1052 wisudawan terdiri dari mahasiwa UDA sebanyak 1013 orang terdiri dari 961 orang ahli madya (D3) dan sarjana (S1) serta program studi Pascasarjana sebanyak 91 orang, dan Akademi Perjalanan Pariwisata (APP) sebanyak 39 orang. UDA saat ini memiliki Pascasarjana, FISIP, FE, FT, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Akademi Perjalanan Pariwisata. Adapun wisudawan terbaik tingkat universitas tahun ini adalah Alfan Setiawan dari FISIP program studi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3.93. 

Ditegaskan Rektor, bahwa hubungan UDA dengan alumni selama ini selalu harmonis dan bahkan setiap fakultas telah membentuk ikatan alumni dan melakukan reuni hampir setiap tahunnya. "Kami berharap, lulusan yang diwisuda hari ini jangan lupa akan almamaternya, tetapi menjadi mitra bagi kami untuk memajukan UDA dan APP yang kita cintai dan banggakan ini," katanya sembari menyampaikan kepada alumni dari S1 yang ingin melanjutkan studi ke S2 Universitas Darma Agung diberikan beasiswa/potongan uang kuliah sebanyak 20 % per tahun.

Untuk pembangunan sistem pendidikan di UDA, pada tahun 2018 telah menambah tenaga administrasi dan dosen. Serta menugaskan belajarlah 15 orang dosen mengikuti pendidikan di program doktor (S3), dibanggakan nantinya tenaga pengajar lebih banyak yang bergelar doktor yang dapat memberikan pelayanan yang dapat memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan kini 80% dosen telah lulus sertifikasi menjadi dosen profesional.

"Disisi lain, UDA dan APP telah merubah sistem jaringan dari sistem LAN menjadi sistem jaringan On Line. Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memiliki era revolusi industri 4.0 yang menekankan pada pola digital economy, articial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation," katanya.

Sebagai bentuk upaya peningkatan mutu, UDA telah membentuk lembaga penjaminan mutu yang aplikasinya dirasakan dengan memperoleh dana-dana hibah dari LL Dikti, pemerintah daerah, dan lembaga lainnya. UDA dan APP juga memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.(TAp)
  BeritaTerkait
  • UDA Wisuda 1.253 Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Universitas Darma Agung (UDA) Medan mewisuda 1.253 lulusn Pascasarjana, sarjana dan ahli madya periode I  T.A. 2017/2018 di Hermina Hall UDA selama dua hari, Rabu & Kami

  • Alumni FISIPOL UHN Harus Siap Menghadapi Era Disruptif

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak): Semua saudara adalah duta kami dan perwakilan Universitas HKBP Nommensen yang kelak akan menghadapi tantangan yang lebih berat, yaitu era digitalisasi dan era disruptif. Untuk it

  • Ephorus Hadiri Wisuda: STT HKBP Pematangsiantar Adalah Anak Emas

    3 bulan lalu

    Pematangsiantar(Pelita Batak): Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menghadiri dan memberikan bimbingan pastoral di acara Wisuda STT HKBP Pematangsiantar,  Jumat 7 September 2018.&nbs

  • Universitas Darma Agung Medan Lantik 1.183 Wisudawan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sebanyak 1.183 mahasiswa/i pasca sarjana, sarjana dan ahli madya Universitas Darma Agung (UDA) Medan resmi menyandang alumnus. Seluruhnya diwisuda dalam sidang senate terbuka

  • Universitas Darma Agung Rayakan Dies Natalis ke-58 dengan Anak Yatim

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Universitas Darma Agung merayakan dies natalis ke-58 tahun dengan sederhana di Hermina Hall, Senin (16/10/2017). Perayaan dirangkai dengan menyantuni anak yatim dari Panti Asuhan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb