KSP Makmur Mandiri
Jumat, 07 Desember 2018 22:07:00

UNPRI Gelar ICIS Ambil Topik Industri 4.0

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh digelarnya The Seventh International Conference On International Studies (ICIS) 2018 di Gedung Rumah Sakit Royal Prima Jalan Ayahanda Medan, Jumat (7/12). Acara yang digagas oleh Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dan Universitas Utara Malaysia (UUM) ini bertujuan untuk membahas perkembangan IPTEK di era revolusi industri 4.0.  

Dalam sambutannya di hadapan seluruh peserta, Wali Kota menyampaikan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini mampu mengubah dunia. Sebab revolusi industri generasi pertama melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin.

Selanjutnya, tambah Wali Kota, revolusi generasi kedua hadir ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam atau Combustion Chamber dilanjutkan dengan revolusi generasi ketiga yang ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet.

"Kegiatan Konferensi Internasional ini merupakan salah satu cara menghadapi perkembangan IPTEK di era revolusi industri 4.0. kesiapan kita memasuki era generasi ke empat ini akan menentukan kesuksesan atau kegagalan kita di masa depan. Revolusi industry 4.0 saat ini menemukan pola baru ketika teknologfi disruptif hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan yang lebih dahulu ada," kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya industri perusahaan-perusahaan raksasa. Ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan keamanan sebuah perusahaan industri, melainkan kelincahan dan kecepatan perusahaan menjadi kunci keberhasilan neraih prestasi dengan cepat.

Sebagai ilustrasi, Wali Kota mencontohkan perusahaan transportasi berbasis aplikasi online gojek yang tidak memiliki armada, namun mampu mengancam banyak pemain lama bisnis transportasi di Indonesia. Oleh sebab itu, perusahaan harus peka dan melakukan introspeksi diri sehingga mampu mendeteksi posisinya di tengah perkembangan iptek yang kian masif.

Acara ini diakhiri dengan penandatangan kerjasama antara UNPRI dan Universiti Utara Malaysia oleh Rektor Universitas Prima (UNPRI) Indonesia Dr. Chrismis Novalinda Ginting, dengan Cancelor Universiti Utara Malaysia Dr. Ahmad Bashawir Haji Abdul Ghani yang disaksikan langsung Wali Kota. Penandatangan ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Acara juga dihadiri Timbalam Menteri Pengangkutan Malaysia Datuk Kamarudin Jaffar, Consulate General of Malaysia di Medan Encik Amizal Fadzli Bin Rajal serta para Dekan dan seluruh akademisi UNPRI dan Universiti Utara Malaysia. (KU|EL|TAp)
  BeritaTerkait
  • Otoritas Jasa Keuangan dan HKBP Gelar Seminar Keuangan di Kupang

    3 tahun lalu

    Kupang (Pelita Batak):   Otoritas Jasa Keuangan dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menggelar seminar sehari tentang keuangan di Aula Hotel Sotis Kupang, Senin 6 Juni 2016. &n

  • Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Gelar Diskusi Kamisan: Dulu, Ada Doa Khusus untuk Tenun Ulos Batak

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ulos adalah salah satu kekayaan warisan leluhur bangsa Batak. Kondisi warisan leluhur tersebut makin tergerus oleh minimnya minat kita mencintai ulos. Generasi muda makin tid

  • OJK Gelar ASEAN Insurance Regulators Meeting (AIRM) Ke-19 di Yogyakarta

    3 tahun lalu

    Yogyakarta(Pelita Batak): Otoritas Jasa Keuangan menjadi penyelenggara sekaligus pemimpin pertemuan ASEAN Insurance Regulators Meeting (AIRM) ke-19 yang digelar 21-25 November 2016 di Yogyakarta.

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Keenam)

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukIII. Ungkapan "Representasi"1. Pengertian UmumUngkapan "representasi" masih acap digunakan dalam komunikasi tulis dan komunikasi lisan. Sebenarnya kata "representasi"

  • LPPM UNPRI Gelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti dan Review Proposal Penelitian

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) beserta tim Rektor Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, menggelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti da

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb