KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 15 Desember 2018 17:19:00

UHN Medan dan Pemkab Labura Teken MoU

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Dr. Janpatar Simamora, SH., MH mewakili Rektor UHN dan Wakil Bupati Labuhan Batu Utara Drs. H. Dwi Prantara, MM pada saat penandatanganan MoU disaksikan Ketua DPRD Labura Drs. Ali Tambunan dan Kepala Balitbang Kab. La
Medan (Pelita Batak):
Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu Daerah. Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki suatu perguruan tinggi, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan riset dan kajian, maka sangat diharapkan eksistensi peran dan kontribusi perguruan tinggi sebagai agen pembangunan di daerah dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs. H. Dwi Prantara, MM saat menghadiri serta membuka secara resmi Workshop Inovasi dan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Labura dengan tiga Universitas, diantaranya dengan Universitas HKBP Nommensen, UMA dan Pancabudi di Labura. Kamis (6/12/2018) di Aula Ahmad Dewi Syukur, Aek Kanopan.

Lebih lanjut Wakil Bupati berharap kepada seluruh OPD tidak boleh lagi bekerja rutinitas seperti selama ini. Akan tetapi harus menjadi motor perubahan, dengan lahirnya peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah sebagai turunan dari Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, ini menjadi landasan oprasioanal dalam melaksanakan Inovasi Daerah.

Pada kesempatan itu, Universitas HKBP Nommensen diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Janpatar Simamora, SH., MH mengatakan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan momen penting yang patut disyukuri. Lebih lanjut dikatakan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH yang juga merupakan pakar Hukum Tata Negara ini bahwa perguruan tinggi memiliki tanggung jawab besar dalam rangka membangun daerah sesuai dengan peran strategisnya.

Janpatar Simamora yang merupakan doktor hukum tata negara jebolan Universitas Padjadjaran ini mengemukakan bahwa terdapat beberapa bidang penting yang direncanakan akan dikerjasamakan antara UHN dengan Pemkab Labura, diantaranya Penyelenggaraan penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kerjasama penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan serta kajian untuk mendukung pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara; Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara; Penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utaraserta kajian terhadap berbagai informasi; Pemanfaatan sarana dan prasarana tertentu; Pertukaran data dan informasi dalam rangka pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara; Sosialisasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual dan Kegiatan lain yang mendukung pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan survei untuk pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dipandang perlu tegas Dr. Janpatar simamora, SH., MH yang juga merupakan Ketua Prodi Magister Hukum UHN ini.

Adapun Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Ir. Sabam Malau sangat mengapresiasi terlaksananya kerjasama dimaksud. Kerjasama yang dirintis LPPM UHN tersebut diharapkan semakin memaksimalkan UHN untuk berperan aktif membantu pemerintah untuk turut mencerdaskan bangsa dan negara, khususnya daerah Labura.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Labura Drs. Ismael Hasibuan, MM menyampaikan dalam laporannya bahwa berdasarkan Perpres Nomor 79 tahun 2017 tentang rencana kerja Pemerintah menetapkan inovasi tata kelola Pemerintahan adalah salah satu kegiatan prioritas naisonal. Sedangkan Ketua DPRD Kab. Labura Drs. Ali Tambunan dalam sambutannya mengharapkan agar kerjasamaa ini segera ditindaklanjuti dalam berbagai bentuk kegiatan nyata, misalnya dalam hal penyusunan peraturan daerah agar dapat melibatkan perguruan tinggi, khususnya dalam penyusunan Naskah Akademik peraturan daerah.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu Utara Drs. Ali Tambunan beserta sejumlah anggota dewan lainnya dan Sekretaris DPRD Labura Ahmad Lokot Hasibuan, SE, MM, Kepala Balitbang Kab. Labura Drs. Ismael Hasibuan, MM, Sekretaris Balitbang Purnama Sinaga, SE, MSi dan Kabid Pembangunan, Inovasi dan Teknologi Balitbang, Simon Barus, ST serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah dan para camat se Kabupaten Labuhan Batu Utara.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    3 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Pemkab Labura Tindaklanjuti MoU Dengan Universitas Islam Negeri Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemkab Labuhanbatu Utara (Labura) menandatangani surat perjanjian kerja sama atau SPK dengan UIN Medan, Selasa, 6 September 2016. Penandatangan SPK itu merupakan tindak

  • BPK Serahkan 13 Laporan Hasil Tindak Lanjut Pemeriksaan 2016

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengatakan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) memiliki peran penting sebagai indikator untuk mengukur kinerja keuangan entitas pemerintah daerah.

  • Wujudkan Pembangunan Kawasan Geopark Kaldera Toba, Pemkab Samosir Teken MoU dengan UNPAB

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Mendukung program pembangunan kawasan geopark kaldera toba, Pemkab Samosir melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Universtas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). K

  • Pembukaan Jambore Kesiapsiagaan Bencana

    tahun lalu

    Deli Serdang (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengungkapkan Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana. Selama kurun waktu 2015-2016 telah terjadi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb