• Home
  • Pendidikan
  • UGM Juara Lomba Debat Politik Mahasiswa 2018 se Indonesia
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 02 Februari 2018 07:03:00

UGM Juara Lomba Debat Politik Mahasiswa 2018 se Indonesia

BAGIKAN:
Ist
Dewan Juri (ka-ki) Dr A Bakir Ikhsan MSi, Liber Simbolon MKom, Rachmawati Kemas MSi, Dr Sidratahta Mukhtar MSi, dan Alfitus Minggu MSi dengan Tema "Politik identitas dalam kebhinekaan" yang berlangsung tanggal 29 - 31 Januari 2018 pada acara D

Jakarta (Pelita Batak): Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi juara pertama Debat Politik 2018. Di final, tim UGM yang terdiri dari Jovi Andrea Bachtiar (Fakultas Hukum), Faiz abdullah wafi (Fakultas Filsafat) dan Fahrel Yusri Rahmat (Fakultas Hukum) mengalahkan tim Universitas Air Langga Surabaya.

Jovi Andrea Bachtiar perwakilan tim UGM, yang sekaligus juga menyabet Best Speaker merasa bangga bisa membawa almamaternya memenangkan kompetisi.

"Saya berharap argumen-argumen dalam Debat Politik Identitas ini bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran kepada mahasiswa, kampus serta masyarakat," kata Jovi A. Bachtiar, Rabu 31Januari  2018 di Kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Menurutnya , persiapan tim UGM menghadapi Debat Politik Identitas tergolong singkat. Persiapan sekitar seminggu untuk mengikuti debat politik.

Liber Simbolon, anggota dewan juri dalam Debat Politik dengan tema "Politik Identitas dalam Kebhinekaan" mengatakan menikmati perdebatan sepanjang final. "Sungguh ini membangun khasanah. Debat atau diskusi bukanlah perseteruan bahkan pertengkaran namun menunjukkan kedalam edukasi," ujar Liber Simbolon.

Meski demikian, Liber Simbolon memberikan catatan terhadap peserta khususnya peserta Debat Politik tidak konsisten dalam penyebutan UUD tahun 1945 dan bingkai politik identitas maupun identitas politik itu sendiri.

"Komunikasi antar debat terdiri atas tiga komponen, yaitu: apa yang kita bisa melihat 40 %, apa yang kita bisa dengar (logat, intonasi dan lain-lain) 40 % dan akhirnya apa yang secara harfiah dikatakan, hanya 20 % dan menjadi penilaian dewan juri," ujar Liber Simbolon.

Setelah melewati tiga babak, yaitu argumen pembuka, bidasan (saling berdebat), dan pernyataan kesimpulan menunjukkan kontinuitas keindonesiaan.

Politik identitas, kata liber Simbolon bagaimana mengembangkan dunia politik dalam ke bhinekaan, semisal, mengapa 100 persen Indonesia 100 persen Bhineka Tunggal Ika (antara lain suku Aceh, Ambon, Batak, Dayak, Jawa, Melayu, Maluku, Sunda, Papua,  dan suku-suku lainnya).

Liber Simbolon menjelaskan bentuk menjadi Indonesia harus 100 %  jawa, batak, sunda, dayak, ambon dan lainnya, maka dengan menghayati 100 % budayanya kita akan 100 % Indonesia, sebab indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan bahasa. Tidak ada yang bisa menghayati yang besar bila terlebih dahulu tidak mencintai dirinya sendiri dan asal usulnya.

"100 persen Indonesia 100 persen bhineka tunggal ika. Kita hidup sebagai orang/suku kita sendiri di Indonesia dan bukan sebaliknya," ujar Liber Simbolon.

Rangkaian acara, kata panitia Fransiskus Gian, Tue Mali, MSi mengatakan lomba debat politik tingkat nasional mengangkat tema "Politik identitas dalam kebhinekaan" yang berlangsung tanggal  29 - 31 Januari 2018 di Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Perlombaan teridiri dari 28 tim dari berbagai kampus se Indonesia ini dan tiap kelompok 3 orang yang dibuka pada tanggal 29 Januari sampai dengan tanggal 31 Januari 2018. Sementara juara ketiga dimenangkan oleh Tim President University dengan mengalahkan Universitas Widyitama Bandung.(rel)

  BeritaTerkait
  • Mahasiswa FH Nommensen Juara III dan Jara Best Speaker Lomba Debat Mahasiswa Pekan Politik UNP 2018

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen (FH UHN) kembali mengukir sejarah manis dengan menjadi juara III dan JUara Best Speaker Pada lomba debat mahasiswa Pekan polkit

  • SEMA UNIMED UMUMKAN 10 BESAR LOMBA ESAI PELAJAR SE-INDONESIA

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Sema Unimed) resmi mengumumkan pemenang Lomba menulis esai untuk pelajar Indonesia, Kamis (01/02). Lomba tersebut mengharuskan seluruh pe

  • Mahasiswa FH Nommensen Juara III Debat Kebangsaan UNRI 2018

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas  HKBP Nommensen (FH UHN) atas nama Sarah Rouli C. Tobing, Tulus Riski Ganda Purba, dan Togu O Simbolon, Deovany S Purba, dan Soterman AJF

  • Debator Fakultas Hukum Nommensen Itu Berjaya Secara Nasional di Unika Atmajaya Jakarta

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Debator-debator yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum UNiversitas HKBP Nommensen (UHN) Berjaya secara nasional dimana Tim Debat Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen kemb

  • Isron Hasibuan, Mahasiswa USU Medan Sosok Inspiratif

    tahun lalu

    Mahasiswa muda kerap disapa Isron kelahiran Paranjulu, 19 September 1995 ini adalah mahasiswa matematika 2013 fakultas MIPA USU. Ia adalah salah satu sosok penginspirasi yang memiliki banyak prestasi.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet