• Home
  • Pendidikan
  • Strategi Melahirkan Generasi Emas dengan Menurunkan Prevalensi Stunting dan Penyakit Katastropik
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 29 Januari 2019 22:03:00

Prof. Dr.dr. Ambrosius Purba Msc. AIFO di UNPRI

Strategi Melahirkan Generasi Emas dengan Menurunkan Prevalensi Stunting dan Penyakit Katastropik

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Guru Besar Ilmu Faal dari Fakutas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran Bandung Prof. Dr.dr. Ambrosius Purba Msc. AIFO didampingi Dekan FK UNPRI dr. Linda Chiuman, MKM, Wakil Rektor (WR I) Dr. Ermi Girsang, SKM.,M.Kes,Wakil Dekan I FK UNPRI dr. Maya Sar
Medan (Pelita Batak):
Guru Besar Ilmu Faal dari Fakutas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran Bandung Prof. Dr.dr. Ambrosius Purba Msc. AIFO hadir sebagai pembicara di FK Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan.

Pada kesempatan tersebut, Prof Ambrosius membawakan topik 'Strategi Melahirkan Generasi Emas dengan Menurunkan Prevalensi Stunting dan Penyakit Katastropik'.

Acara yang dilaksanakan di ruang serbaguna itu, dihadiri Pendiri UNPRI Dr. dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonarda SH MKn,  Rektor UNPRI Dr. Chrismis Novalinda Ginting, Wakil Rektor (WR I) Dr. Ermi Girsang, SKM.,M.Kes,  Dekan FK UNPRI dr. Linda Chiuman, MKM, Wakil Dekan I FK UNPRI dr. Maya Sari Mutia, para Staf FK UNPRI, beserta para peserta yang begitu antusias mengikuti acara tersebut.
   
Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan FK UNPRI dr. Linda Chiuman, MKM berharap di kemudian hari akan terjadi kerja sama yang baik, antara UNPRI  dan Universitas Padjajaran Bandung,  khususnya di bidang ilmu Biomedis.
   
Dr Linda juga  berharap, topik yang dibawakan oleh Prof. Dr.dr. Ambrosius Purba Msc. AIFO dapat menambah pengetahuan bagi para peserta yang hadir.

Menurut Prof Ambrosius, terjadinya Stunting dapat disebabkan oleh kualitas dan pola asupan gizi yang buruk pada ibu hamil dan anak (terutama sejak 6 minggu kehamilan sampai 1000 hari pertama kehidupan), penyakit infeksi, masalah sosial seperti kemiskinan, pola asuh, serta masalah infrastruktur yang salah satunya berupa buruknya sanitasi.

"Dalam rangka melahirkan generasi emas sangat dipengaruhi oleh faktor genetik yakni sebesar 40% - 50%, faktor gizi sebesar 30% - 40% (DHA dan AA), faktor lingkungan sebesar 10%-20% serta stimulasi yang tepat sesuai dengan usia anak," katanya.

Disebutkan, penyakit katastoprik banyak menyebabkan kematian diusia produktif seperti hipertensi, penyakit jantung koroner dan diabetes melitus.Salah satu upaya untuk mencegah dan rehabilitasi penderita penyakit katastropik adalah dengan melakukan deteksi dini dengan medical check up secara rutin.

Akhir acara ditutup dengan beberapa peserta memberikan pertanyaan kepada Prof. Dr.dr. Ambrosius Purba Msc. AIFO dan ditutup dengan acara foto bersama.

Ditempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menyatakan terus melakukan upaya untuk menambah wawasan dan ilmu mahasiswa UNPRI, seperti menghadirkan para pakar, praktisi, peneliti, atau pelaku usaha secara rutin untuk membawakan topik baru dan menarik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.

Sehingga, kata Tommy, mahasiswa dapat memperoleh informasi dan pengalaman baru, yang tentunya bermanfaat bagi mahasiswa UNPRI, seperti yang digelar FK UNPRI kemarin. (rel|Tap)
  BeritaTerkait
  • Pendidikan yang Berbudaya Lokal

    2 tahun lalu

    Mengingat masa lalu untuk memetik sejumlah pelajaran kemudian menjadikannya bekal dalam upaya meningkatkan kualitas hidup merupakan tindakan bijak dari seseorang yang  menginginkan masa depan.

  • Revolusi Industri 4.0 : Pemerintah Daerah dan Milenial Bersinergis Memajukan Pariwisata Humbang-Hasundutan

    3 bulan lalu

    Oleh: Yedija Manullang Tahun 2018 telah usai dengan segala harapan dan cita-cita yang harus terus diperjuangkan. Hari baru di 2019 menyiratkan semangat untuk mewujudnyatakan harapan dan cita-cita

  • Peran Politik Warga dan Pelayan HKBP Tinjauan Perspektif Alkitabiah (3-Selesai)

    satu bulan lalu

    Oleh Pdt Dr. Robinson Butarbutar, Ketua Rapat Pendeta HKBP4. Masa Kerajaan (Saul hingga Yoyakhin).a. Seruan pertobatan para nabi sebelum pembuangan dan membisunya umatPara nabi dipanggil oleh Tuhan un

  • Iriana Jokowi Didampingi Istri Ahok Kunjungi Puskesmas Senen, Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Serviks

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ibu Negara Iriana Joko Widod bersama dengan Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (PASE-KK) meninjau pelaksanaan Pekan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (serviks) P

  • Pak Wali Teken Kesber Lintas Mebidangla Upaya Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menandatangani Kesepakatan Bersama Lintas Batas Mebidangla (Medan, Binjai, Deli Serdang dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb