KSP Makmur Mandiri
Jumat, 27 April 2018 10:00:00

Sebanyak 6676 Siswa di Dairi Ikuti Ujian Nasional

22 Sekolah Belum UNBK
BAGIKAN:
humas|pelitabatak
Sekdakab Dairi Sebastianus Tinambunan, SH, MPd,Kkadisdik Dairi Dra. Rosema Silalahi (kiri) tinjau pelaksanaan UNBK di SMP N 1 Sidikalang, Senin (23/4).
Sidikalang (Pelita Batak):
Sebanyak 1130 Siswa/I pada 22 Sekolah Menegah Pertama (SMP) negeri dan swasta di kabupaten Dairi belum melaksanakan Ujian nasional berbasis komputer dari total jumlah siswa/I sebanyak 6676 siswa di Dairi yang mengikuti ujian nasional tingkat SMP tahun 2018.

Keterbatasan fasilitas peralatan dan belum memiliki jaringan internet yang memadai untuk mendukung program dimaksud, menjadi alasan tidak dilaksanakannya UNBK. Sementara sebagian besar lainnya yakni 44 Sekolah menyelenggarakan ujian berbasis di sejumlah sekolah di kabupaten Dairi.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Sebastianus Tinambunan, SH, MPd didampingi Kepala Dinas Pendidikan kab. Dairi Dra. Rosema Silalahi saat melakukan monitoring Ujian nasional Berbasis Komputer dan Ujiian Nasional Berbasis Kertas di beberapa sekolah negeri dan swasta Kabupaten Dairi, Senin (23/4).

Meski Sekda dan rombongan hanya diperkenankan mengamati dan melakukan monitoring dari batas Pintu ruangan ujian saja menurut Petunjuk Teknis pelaksanaan UNBK tahun ini.

Monitoring diawali dari SMP N 1 Sidikalang yang menyelenggarakan UNBK Mandiri. Fasilitas, server dan perlengkapan komputer yang dibutuhkan merupakan fasilitas milik sekolah itu sendiri. Selanjutnya ke SMP Swasta Nasional Sidikalang Jl. FL. Tobing, SMP N 1 Berampu dan SMP Swasta PKMI (Metodhis Sidikalang di Kalang Simbara. Monitoring turut didampingi pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Antea Hutauruk dan Kosgoro Pinem dan Hendra Sinaga.

Ondang K. A. Simare mare, siswi SMP N 1 Sidikalang, menyampaikan UNBK diyakini lebih praktis dilaksanakan sepanjang jaringan lancar dari pusat.

"Soal disajikan per poin, untuk hari ini mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal, tidak harus mengarit pensil, penghapus membawa papan komputer, sementara jawaban yang sudah kita jawab sifatnya rahasia," ujarnya. Diapun optimis meraih nilai yang memenuhi syarat memasuki Sekolah Menegah Atas (SMA) pavorit pada tahapan selanjuntya usai lulus SMP.

Sementara itu, menyikapi masih adanya beberapa sekolah yang belum melaksanakan UNBK di kabupaten Dairi. Kadis Pendidikan kabupaten Dairi optimis tahun depan (2019) pelaksaan akan seratus persen di Kabupaten Dairi.

"Tahun depan (2019) kita optimis, semua sekolah SMP akan menyelenggarakan ujian berbasis computer," urai Kadis Pendidikan Dra. Rosema Silalahi menyikapi masih adanya sebanyak 22 sekolah SMP yang belum melaksanakan UNBK di kabupaten Dairi.

Dikatakan, ketiadaan fasilitas jaringan internet, termasuk server juga peralatan komputer PC dan laptop menjadi kendala dalam pelaksanaan serentak UNBK SMP kali ini.(TAp|rel)
  BeritaTerkait
  • 335 SLTP Sederajat Masih Gelar UNKP di Medan, Hanya 112 Ikuti UNBK

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Jalan Bunga Asoka, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan

  • UN 2017 Digelar April, Kemdikbud Kembangkan USBN

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2017 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA),

  • 2018 Ditargetkan UNBK di Sumut Capai 80 Persen

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Seperti saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMK yang lalu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi juga memantau pelaksanaan hari pertama UN untuk tingk

  • Pj Walikota Tebing Tinggi Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP

    tahun lalu

    Tebing Tinggi(Pelita Batak): Pj Walikota Tebingtinggi Zulkarnaen didampingi Kapolres Tebingtinggi AKBP Hj Ciceu CH SH MH, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung SH, Danramil 013 Kapten Salehan ser

  • Gandeng 9 PTN/PTS, Gubernur Sebut MoU UNBK Terobosan Baru

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi bersama 9 pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) menanandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dalam rangka pel

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet