• Home
  • Pendidikan
  • Pertama, Dispen Humbahas Gelar Lomba Debat Bahasa Tingkat SMK
Kamis, 25 Agustus 2016 18:26:00

Pertama, Dispen Humbahas Gelar Lomba Debat Bahasa Tingkat SMK

BAGIKAN:
RPB2
Panitia dan peserta lomba debat bahasa tingkat SMK di Humbahas
Pelita Batak :
Puluhan siswa siswi tingkat SMK Negeri dan swasta se-Humbanghasundutan ikuti lomba debat bahasa Indonesia dan bahasa asing yang digelar oleh Dinas Pendidikan Humbanghasundutan,di SMK Negeri 1 Dolok Sanggul, Rabu (24/8/2016).
 
Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris ini baru pertama sekali di laksanakan di Humbahas, dimana kegiatan ini merupakan program nasional karena pemenang akan kembali mengikuti lomba yang sama ditingkat provinsi bahkan nasional.
 
Sabam Riduan Sihombing,S.Pd Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan Humbahas kepada tim liputan Pelita Batak mengatakan, kegiatan ini melibatkan 72 orang siswa yang berasal dari 12 SMK se Humbahas. PEserta terbagi dalam dua jenis lomba meliputi lomba debat bahasa Indonesia dan debat bahasa inggris.
 
Menurut Sabam tema lomba debat bahasa Indonesia dalam kegiatan ini mengulas topik yang sudah disediakan panitia. Dimana peserta debat yang terbagi dalam 3 kelompok meliputi kelompok pendukung, penyanggah serta kelompok netral terlihat sangat pro aktif dalam debat, sehingga para peserta berpacu menampilkan yang terbaik dengan harapan bisa menjadi juara dalam lomba ini.
 
Hasil keputusan dewan juri, Juara Debat Bahasa Indonesia diantaranya juara 1 diraih SMK N 1 Lintongnihuta, juara 2 SMK N 1 Pollung dan juara  3 diraih SMK N 1 Onanganjang.
 
Dan untuk Debat bahasa inggris juara 1 diraih SMK N 1 Lintongnihuta, juara 2 SMK N 1 Doloksanggul dan juara  3 SMK N 1 Parlilitan.
 
Sabam mengharapkan melalui kegiatan ini, kemampuan siswa siswi di Humbahas semakin terampil dalam menggunakan bahasa yang benar baik bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Kedepanya, siswa dari daerah ini tidak kalah saing dengan siswa siswi dari luar daerah.
 
Sementara itu Yusari Sianturi peserta dari SMK N Pollung mengaku sangat antusias mengikut kegiatan ini, dimana siswa bisa mengekspresikan kemampuanya dalam berbahasa serta mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang berbahasa yang benar. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan Humbahas demi melatih kemampuan siswa dalam berbahasa indonesia maupun bahasa asing. (RPB2)
  BeritaTerkait
  • Hebat.....Putra Batak Rikoh Manogar Siringoringo Jadi Pembuka Jalan Selam Ilmiah

    tahun lalu

    SETELAH puluhan tahun berlangsung di Indonesia, kegiatan penyelaman ilmiah mulai mendapat jalan untuk proses standardisasi. Pembukanya adalah Rikoh Manogar Siringoringo, orang Indonesia pertama yan

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    2 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  • Akhyar Nasution Minta Media di Medan Tidak Tendensius dalam Pemberitaan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSI menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya perlombaan Lari Maraton 5 dan 10 K yang akan digelar Harian Top Metro di Lapanga

  • Pemkab Humbahas Gelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Bagi Anak-anak PAUD

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan lomba kreatifitas dan inovasi anak Paud tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka memperingati Ha

  • Tahap Pertama, Lomba Kebersihan Antar Desa Tepi Danau Toba Diumumkan

    10 bulan lalu

    Ambarita-Samosir (Pelita Batak) : Pengumuman hasil penilaian tahap pertama Lomba Antar Desa di tepi Danau Toba yang terdiri dari 214 desa dari 7 kabupaten, dilaksanakan Sabtu (25/2/2017). Kegiata

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online