• Home
  • Pendidikan
  • Mutiara Putri Damanik dari USU Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018 Litbang Medan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 26 Oktober 2018 06:43:00

Mutiara Putri Damanik dari USU Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018 Litbang Medan

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2018 dengan mengambil tema Inovasi untuk Kemandirian Pangan (Umum & Mahasiswa) dan Kemandirian Pangan sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan (Pelajar), di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan Kamis, (25/10).

Tujuan digelarnya Karya Tulis Ilmiah ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan inovasi dan kreatifitas putra/putri Bangsa Indonesia khususnya Kota Medan dalam membuat Karya Tulis Ilmiah untuk kemajuan pembangunan Kota Medan.

Dalam Karya ilmiah ini ada sebanyak 15 peserta Karya Tulis Ilmiah yang terpilih untuk dipresentasikan  di depan dewan juri yang nantinya dipilih 3 orang pemenang. Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah dibagi atas 3 (Tiga) Kategori yaitu Pelajar, Mahasiswa, dan Umum. Diantaranya terdiri dari 5 orang Peserta Kategori Pelajar dan 5 orang Peserta dari Kategori Mahasiswa dan 5 orang dari Kategori Umum.

Seperti yang disampaikan melalui kata sambutan Wali Kota Medan Drs. H. T.  Dzulmi Eldin yang dibacakan Kepala Balitbang Kota Medan Drs. H. Marasutan, M.Pd bahwa acara ini merupakan salah satu perwujudan dan semangat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

"Dari semangat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional inilah senantiasa diharapkan munculnya semangat berinovasi dan berkreasi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga diharapkan akan semakin meningkatkan manfaatnya bagi kehidupan manusia," jelas Kepala Balitbang.

Karya tulis Ilmiah ini, sambung Kepala Balitbang, merupakan hasil - hasil dari pemikiran, ide dan gagasan yang nantinya bisa dimanfaat sebagai saran, masukan maupun bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan dalam pembangunan Kota Medan khususnya di bidang Kemandirian Pangan sebagaimana dengan tema Karya Tulis Ilmiah ini.

Usai pembukaan, tim dewan juri selanjutnya menyeleksi 15 peserta dari ketiga kategori yang telah lolos dari seleksi awal. Masing-masing ke 15 peserta mempresentasikan hasil karya tulisnya kepada dewan juri. Setelah dilakukan penilaian, dewan juri akhirnya memilih pemenangnya.

Untuk kategori pelajar, juara pertama diraih Joe Nicholas dari SMA Bangun Insan Mandiri dengan judul Pemanfaatan Pati Biji Cempedak (Artocarpus Chempeden) Sebagai Subtitusi Tepung Tapioka Untuk Meningkatkan Nilai Gizi Pada Bakso Sapi Dalam Rangka Kemandirian Pangan, juara kedua diraih Rayhan Haikal Rahman dari SMA Swasta Al Ulum dengan judul Penerapan Vertical Hydroponic Agriculture Dalam Mewujudkan  Kemandirian Pangan dan Menanggulangi Kemiskinan Kota Medan, juara ketiga Rahma Izzatun Nabiha dari SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan dengan judulPemberdayaan Komunitas Mandiri Pangan  Untuk Pencapaian Kemandirian Pangan Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan.

Untuk kategori mahasiswa, juara pertama diraih Rini Mutiara Putri Damanik dari Universitas Sumatera Utara dengan judul Pemanfaatan Sistem Fertigasi Yang Dilengkapi Sensor Kadar Konsentrasi Pupuk dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno Sebagai Solusi Ketahanan Pangan, juara kedua diraih Muhammad Khoir Syahbana dari Universitas Sumatera Utara dengan judul Si Hitam Ajaib : Potensi Pergeseran Wein Pada Radiasi Benda Hitam Sebagai Inovasi Pengeringan Ikan Asin Yang Terintegrasi Sensor Suhu dan Kelembaban untuk Kemandirian Pangan, juara ketiga diraih Jumadi dari Universitas Sumatera Utara dengan judul Glading Applience 3 In 1 : Inovasi Penentu Tingkat Kematangan Buah Secara Non Destructive.

Untuk kategori umum, juara pertama diraih Zikri Noer dengan judul SC - Monochromatic Attack : Inovasi Teknologi Pemikat Ikan Laut Dengan Memanfaatkan Cahaya Monochromatik Berbasis Lampu Led Sebagai Fototaksis Dalam Meningkatkan hasil Tangkap Di daerah Perairan Kampung Nelayan, juara kedua diraih Ikhwanuddin dengan judulInovasi Teknologi Dielektrik Yang Terintegrasi oleh Lapisan Tipis (Thin Film) Kitosan Sebagai Biosensor Penentu Kualitas Sayur Untuk Solusi Pangan yang Bergizi, juara ketiga diraih Pratiwi Girsang dengan judulSerangga, Solusi Pangan Masa depan. (KR|TAp)
  BeritaTerkait
  • Isron Hasibuan, Mahasiswa USU Medan Sosok Inspiratif

    2 tahun lalu

    Mahasiswa muda kerap disapa Isron kelahiran Paranjulu, 19 September 1995 ini adalah mahasiswa matematika 2013 fakultas MIPA USU. Ia adalah salah satu sosok penginspirasi yang memiliki banyak prestasi.

  • Medan Area Juara Umum MTQN Ke-50, Petisah Tuan Rumah Tahun Depan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Kecamatan Medan Area keluar sebagai juara umum menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2016 di Jalan Tri Tura Medan, Sabtu (

  • Malam Pesta Rakyat Hari Jadi 69 Sumut di Lapangan Merdeka Medan Meriah

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pesta Rakyat yang digelar di lapangan Merdeka Medan, Senin (25/04/2017) malam, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-69 Provinsi Sumatera Uara berlangsung meriah. &n

  • Usung Terus Budaya Produktif dan Membangun

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Hari pertama kerja  usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1438 H di lingkungan Pemko Medan diisi dengan upacara bendera untuk memperingati Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahu

  • SEMA UNIMED UMUMKAN 10 BESAR LOMBA ESAI PELAJAR SE-INDONESIA

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Sema Unimed) resmi mengumumkan pemenang Lomba menulis esai untuk pelajar Indonesia, Kamis (01/02). Lomba tersebut mengharuskan seluruh pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb