• Home
  • Pendidikan
  • Mahasiswa/i FHUHN Medan Lakukan Aksi Tabur Benih Ikan dan Kebersihan di Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 29 Agustus 2019 08:58:00

Mahasiswa/i FHUHN Medan Lakukan Aksi Tabur Benih Ikan dan Kebersihan di Danau Toba

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Dosen pembimbing dan mahasiswa Fakultas Hukum UHN Medan foto bersama setelah selesai melakukan Aksi tabur benih ikan di Danau Toba tepatnya di tepi pantai Lumban Silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir
Medan (Pelita Batak):
Sebagai wujud kepedulian Universitas HKBP Nommensen Medan kepada masyarakat sebagai sebuah panggilan dari tridarma perguruan tinggi mahasiswa Fakultas Hukum melakukan aksi sosial dalam bentuk tabur benih bibit ikan dan gerakan kebersihan di Kota Balige, (24.08/2019).

Kegiatan ini merupakan program dari mata kuliah Hukum Tata Lingkungan yang dibimbing oleh Dr.Ir.Martono Anggusti.SH.M.H,MM. Sekitar 10 ribu benih ikan nila yang dibeli dari Gurami Jaya,Tanjung Morawa,ditabur oleh  Mahasiswa/I danjuga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, kegiaatan ini dilakukan dalam upaya memberi perhatian pada mahaiswa/i terhadap Lingkungan Hidup terutama di Danau Toba dalam hal meningkatkan jumlah populasi ikan di perairan Danau Toba bertempat dilokasi objek wisata Lumban Silintong terkhusus di tepian Danau Toba sekitar Balige.

Dr. July Esther SH, MH sebagai pembimbing juga sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 22 Mahasiswa/I Fakultas Hukum dandana untuk kegiatan ini diperoleh kerja keras para Mahasiswa/I yangmelakukan aksi dana dimulai bulan Mei hingga Juli 2019. Kegiatan ini dilaakukan untuk meningkatkan kepedulian akan lingkungan hidup yang diawali dengan kegiatan teori diperkuliahan dan kami lanjutkan dengan kegiatannlapangan.

Oscar Alexchandro Rajagukguk selaku Ketua pelaksana kegiatan dari pihak Mahasiswa/I, didampingi bendahara Cristina Renta Simalango dan sekretaris Meli Simanjuntak bersama rekan lainnya, mengatakan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan sehingga terlaksana dengan baik termasuk para dosen, donatur, dan masyarakat Balige diantaranya Bapak Fredika Napitupulu.

Fernando Napitupulu selaku tokoh masyarakat juga sangat mendukung kegiatan ini. Beliau menyamoaikan bahwa "kegiatan sosial seperti ini siapa saja bisa melakukannya demi peningkatan populasi ikan di Danau Toba, terlebih menjaga kesinambungan kelestarian alam dan lingkungan di kawasan Toba Samosir, yang mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dan kiranya juga Pemkab Tobasa dapat menerbitkan Perda turunan dari UU tersebut, kedepan mari kita semuanya saling menjaga alam ini, hentikan perusakan dan pencemaran lingkungan mari berbuat (tabur benih) seperti yang dilakukan adik adik Mahasiswa/I ini," ajak Fernando.

Selepas aksi tabur benih ikan nila di Danau Toba para Mahasiswa/I bersama rombongan melanjutkanaksi bersih di sekitaran Kota Balige sekitar pukul 15:00 Wib hingga selesai, dengan cara pungut sampah yang berserakan. Aksi bersih inipun dibantu oleh beberapa pegawai dari Dinas Lingkungan Hidup Toba Samosir, serta ditambah bantuan dua unit betor pengangkut sampah.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Bersama Bupati, Gubernur Tabur 45 Ribu Benih Ikan Nilem dan Tawes di Danau Toba

    3 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Tengku Erry Nuradi menabur 45 ribu benih ikan di perairan Danautoba sebagai upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan n

  • Awal 2017, Ribuan Benih Ikan Tawes dan Nila untuk Danau Toba

    3 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menabur ribuan benih ikan tawes dan ikan nila ke Danau Toba, Minggu (8/1/2017). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry Nuradi, Sekda Provsu Hasban Riton

  • Menabur ikan Endemik di Danau Toba Sangat Membantu Nelayan Batak

    3 tahun lalu

    Parapat(Pelita Batak): Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi diikuti Ketua TP PKK Provinsi Sumut Evi Diana Erry Nuradi, Sekda Hasban Ritonga, Kadiskanla Zonny Waldi, dan lainnya memilih tepi Danau

  • Wapres Buka Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016

    3 tahun lalu

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perbedaan suku, adat istiadat dan agama justeru membuat Indonesia kuat. Perbedaan tersebut juga merupakan kekayaan khazanah bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

  • Rony Situmorang Dukung Zero Tolerance Polusi Danau Toba

    3 tahun lalu

    Walaupun mereka melakukan replanting, sambungnya, bagaimanapun juga penebangan pohon yang sudah berumur ratusan tahun pasti berdampak negatif pada keasrian dan keindahan jajaran perbukitan bukit seribu yang 10 tahun lalu masih tampak "hijau".

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb