• Home
  • Pendidikan
  • Mahasiswa UHN Medan Adalah Energi Terbarukan Bangsa Ini
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 06 April 2019 16:24:00

Mahasiswa UHN Medan Adalah Energi Terbarukan Bangsa Ini

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH, WR I, II, III, dan IV Moderator Dr. Janpatar Simamora, SH, MH foto bersama dengan narasumber SKK Migas Sampe L Purba setelah selesai memberikan kuliah Umum di Aula F. Kedokteran UHN
Medan (Pelita Batak):
Anda adalah energi baru dan energi terbarukan bangsa ini karena masa depan bangsa ini sangat tergantung kepada mahasiswa sebagai kaum intelektual bangsa. Hal itu dikatakan oleh Sampe L Purba saat memebrikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa UHN Medan  dengan topik "Pengelolaan energi dan Sumber Daya Mineral" di Aula F. Kedokteran UHN, Jumat, (5/04/2019) yang dimoderatori oleh Pakar Hukum Tata Negara UHN yang juga Ketua Magister Hukum Dr. Janpatar Simamora, SH, MH. Sampe L Purba mengatakan kuliah umum ini akan  mendorong mahasiswa UHN Medan memahami pengelolaan energi dan sumber daya mineral.

Kementerian ESDM-SKK Migas melaksanakan kuliah umum di Universitas Sumatera Utara dan Universitas HKBP Nommensen Medan, pada tanggal 4-5 April 2019 sebagai program mengedukasi kepada mahasiswa mengenai energi terbarukan, tegas Sampe L Purba lagi.

Sampe L. Purba, dari KESDM-SKK Migas menuturkan bahwa kegiatan ini sangat strategis dan penting disampaikan kepada para mahasiswa dan civitas akademika universitas, dengan beberapa pertimbangan, antara lain : Pertama, mahasiswa adalah generasi muda calon intelektual pemimpin bangsa dan para pelaku pembangunan di masa depan. Dalam hal ini para mahasiswa perlu dibekali secara komprehensif pemahaman kebijakan pengelolaan energi pada tingkat nasional yang mempertimbangkan berbagai dimensi.

Kedua, mahasiswa adalah juga dipandang sebagai kaum yang kritis konstruktif, yang diharapkan memiliki kredibilitas tinggi, sebagai penyampai informasi secara tepat kepada masyarakat. Informasi dari mahasiswa yang didasarkan pada data, argumen dan analisis yang rasional adalah sangat penting.

Lebih jauh, dalam kuliah umum tersebut Sampe menyatakan bahwa energi berkeadilan itu adalah kebijakan dan upaya Pemerintah untuk menyediakan energi secara merata dengan harga terjangkau, meningkatkan penerimaan negara, sekaligus memacu pertumbuhan dan investasi. Definisi ini mencakup tiga spektrum, yaitu pertama penyediaan energi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat secara merata dengan harga terjangkau.

Implementasi dari kebijakan tersebut antara lain adalah penyediaan BBM satu harga di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah hadir dan memastikan itu. Hingga tahun 2018 telah diresmikan 160 SPBU kompak bbm satu harga di pelosok pelosok nusantara. Selanjutnya adalah elektrifikasi seluruh Nusantara. Hingga tahun 2018 rasio elektrifikasi kita saat ini sudah mencapai 98,3%. Pemerintah juga membantu para nelayan dengan menyediakan konverter kit BBM, sehingga dapat menggunakan LPG sebagai bahan bakar untuk melaut.

Ini mengurangi biaya operasional melaut hingga Rp. 50.000/hari. Pemerintah juga hadir menyediakan sumur bor di daerah daerah sulit air. Hingga tahun 2018 telah dibangun 2.290 titik sumur bor air tanah yang diperuntukkan bagi 6,6 juta jiwa. Pembangunan jaringan gas kota juga ditingkatkan. Hingga tahun 2018 telah terpasang lebih dari 460.000 sambungan rumah. Ini menghemat pengurangan biaya rumah tangga sekitar Rp. 90.000 per bulan per keluarga. Lebih praktis, bersih, dan aman, tegas Sampe L Purba lagi.

Sebelum kuliah umum ini dilakukan Rektor UHN Medan sangat senang dan mengapresiasi  komitmen SKK Migas dalam mengelola energi yang berkeadilan. UHN Medan akan ikut serta bagaimana mengelola energi dan sumber daya mineral untuk kebutuhan bangsa dengan mengedepankan prinsip keadilan, efisiensi dan ramah lingkungan tegas Rektor UHN Medan didampingi oleh WR I Dr. Richard Napitupulu, MT, WR II Rusliaman Siahaan, SE, MM, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, WR IV Samse Pandiangan, M.Sc, PhD. Nampak Hadir Drs. Poltak Panjaitan, M.Pd, Dr. Dearlina Sinaga, SE, MM, Dekan FE Dr. Jadongan Sijabat, M.Si, Dekan Pertanian Ir. Benika Naibaho, M.Si, Kabag Keuangan Ardin Doloksaribau, SE, M.Si, Ak,  dan dosen lainnya.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Menteri Perindustrian RI Kunjungi dan Kuliah Umum di UHN Medan

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Rektor UHN Medan Dr. Ir. Sabam Malau mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian RI Ir. Airlangga Hartarto, MBA yang telah meluangkan waktunya memberikan kuliah umum di

  • Pendidikan yang Berbudaya Lokal

    3 tahun lalu

    Mengingat masa lalu untuk memetik sejumlah pelajaran kemudian menjadikannya bekal dalam upaya meningkatkan kualitas hidup merupakan tindakan bijak dari seseorang yang  menginginkan masa depan.

  • Pengembangan Kepulauan Nias Dan Pembangunan Kawasan Strategis di Indonesia

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Indonesia Raya dengan ideologi Pancasila, yang dapat diletakkan dan dipetakan dalam beberapa pertimbangan. Indonesia R

  • Alumni Elektro Berbagi Tips Sukses dengan Mahasiswa FT UHN

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dua alumni Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Ir. Panal Hutapea dan Ir. Richard Butarbutar menginspirasi para mahasiswa Fakultas Teknik UHN

  • Harry Tanoesoedibjo: Lulusan Nommensen Harus Jadi Entrepreneur

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Alumni atau lulusan Universitas HKBP Nommensen (UHN) harus jadi pencipta lapangan kerja (entrepreneur) untuk membangun bangsa yang kita cintai ini, bahkan kalau bisa menjadi pengu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb