• Home
  • Pendidikan
  • Mahasiswa Teknik Nommensen Harus Akrab Dengan Dunia Animasi
Senin, 12 Juni 2017 12:59:00

Mahasiswa Teknik Nommensen Harus Akrab Dengan Dunia Animasi

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Dekan FT UHN Dr. Richard Napitupulu, ST, MT didampingi oleh Para Kaprodi foto bersama dengan pembicara setelah selesai Kuliah umum Animasi di Ruang Perpustakaan UHN
Medan (Pelita Batak) :
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen harus akrab dengan dunia animasi, karena ini akan jadi modal untuk jadi kreatif dan inovatif.

Hal itu dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik UHN Dr. Richard Napitupulu, ST, MT saat memberikan kata sambutan dalam kuliah umum yang berjudul "Peranan Animasi Dalam Dunia Teknik" di Ruang Perpustakaan UHN dengan menghadirkan pembicara dari praktisi Anditya, ST dan Jufri Sinaga, S.Pd, M.Sc dan dipandu oleh moderator Ir. Yetty R Saragih, MT, Senin, (12/06/2017).

Dr. Richard mengatakan, saat ini adalah era komputer atau sering kita sebut dengan era digital. Maka semua mahasiswa harus bisa mendorong dirinya untuk jadi manusia yang kreatif dan inovatif dalam banyak hal, apalagi dunia animasi yang tentu bisa menghadirkan banyak peluang.

"Jangan dulu kita berhitung dengan berapa uang yang kita dapat, mari berpikir untuk jadi pribadi yang kreatif dan inovatif di era globalisasi dan teknologi sekarang ini," tegas Dr. Richard lagi. Dilanjutkannya, tidak ada alasan untuk tidak kreatif dan inovatif saat ini karena sarana untuk jadi kreatif dan inovatif sangat banyak karena dukungan  internet yang begitu mudah di dapat dan juga rata-rata mahasiswa sudah punya laptop dan android.

Dalam paparannya Anditya, ST debagai owner PT. Dream Arch sebagai perusahaan yang bergerak dalam dunia animasi dan arsitektur mengatakan Animasi adalah satu proses menghidupkan atau memberikan gambaran bergerak kepada sesuatu yang statik agar kelihatan hidup dan dinamik.

"Animasi merujuk kepada satu perbuatan atau proses menjadikan sesuatu agar kelihatan hidup," kata Anditya lagi.

Anditya. ST  kembali menegaskan bahwa saat ini Teknologi internet terus berkembang pesat sehinggakan image dinamik ataupun animasi juga boleh dimasukkan ke dalamnya. Terdapat berbagai keadaan di mana animasi diperlukan penggunaannya di dalam sesebuah halaman web, antaranya ialah bagi menceriakan  sesuatu halaman web, menerangkan sesuatu konsep dengan lebih jelas dan menjimatkan ruang storan di dalam sesuatu komputer pelayan (server) bila menggunakan animasi berbanding dengan video bagi menunjukkan peristiwa yang sebenar. Animasi juga digunakan bertujuan untuk menerangkan sesuatu konsep yang tidak dapat diterangkan menggunakan media-media yang lain.

Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Kemudia mulai bergeser menjadi teknik tiga-dimensi (3-D) ketika Pixar Animation Studios memproduksi Toy Story, Antz, A Bug's Life. Untuk itu, silahkan mari kita mempelajari, memahaminya, dan kemudian mendalaminya karena dunia animasi dengan dunia teknik adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.

"Artinya, dunia animasi bisa dipelajari dan dipahami dengan proses belajar mandiri, asalkan kita punya kemauan. Mari menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif  dengan dunia animasi karena banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sisi kreativitas dan juga dari sisi bisnisnya," tegas Anditya, ST dan Jusfri Sinaga, S.Pd, M.Sc.

Kuliah umum ini diikuti oleh para mahasiswa Teknik Mesin, Elektro, dan Sipil serta semua dosen dari lingkungan Fakultas Teknik seperti Ir. Remon Simatupang, M.Sc, Ir. Partahi Lumbangaol, MT, Ir. Lestina Siagian, M.Si, Ir. Barani Tua Simanjorang, MT, Ir. Sutan LMH Simajuntak, M.Eng, Ir. Sahat P. Siahaan, MT, Ir. Sibuk Ginting, MSEE dan beberapa dosen lainnya. (TAp|rel)
  BeritaTerkait
  • Alumni Elektro Berbagi Tips Sukses dengan Mahasiswa FT UHN

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dua alumni Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Ir. Panal Hutapea dan Ir. Richard Butarbutar menginspirasi para mahasiswa Fakultas Teknik UHN

  • Mahasiswa CULS Kunjungi Faperta Nommensen

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dua mahasiswa dari Program Studi Agroculture Engeneering CULS (Czech University of Life Science) Prague Republik Ceko atas nama Krizova Catharina dan Adam Spicka melalui

  • Fakultas Teknik Nommensen Intensifkan Kerjasama Dengan CULS Rep Ceko

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen terus berbenah untuk menghasilkan lulusan handal menghadapi era globalisasi seperti dengan datangnya MEA. Alumni harus mampu mema

  • Nommensen Resmi Jadi ATC TOEIC ETS Indonesia dan Satu-satunya di Aceh-Sumut

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sebagai kampus dengan "tagline" Nommensen HKBP University Goes International (NHU Goes International) dan punya visi menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara pada tahu

  • Dekan Faperta Nommensen Samse Pandiangan PhD Penguji Tamu di CULS Ceko

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :"Kita bangga, sebagai warga Negara Indonesia dari Sumatera Utara ternyata bisa berkiprah di kancah internasional dengan status sebagai penguji tamu program S2 dan S3 di Tanah Ero

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online