• Home
  • Pendidikan
  • Mahasiswa Baru UISU Harus Cepat Beradaptasi Miliki Skill, Knowledge dan Attitude
KSP Makmur Mandiri
Senin, 09 September 2019 14:57:00

Mahasiswa Baru UISU Harus Cepat Beradaptasi Miliki Skill, Knowledge dan Attitude

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Sebanyak 1.235 mahasiswa baru mengikuti acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di Kampus UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (9/9). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan yang turut hadir dalam PKKMB, berpesan agar sleuruh mahasiswa baru harus cepat beradaptasi dan harus memiliki skill, knowledge dan attitude.

Pelaksanaan PPKMB dimulai usai hujan sekitar pukul 08.30 WIB di halaman Kampus UISU. Dari 1.235 mahasiswa baru, 120 orang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum, 150 mahasiswa Agama Islam, 225 mahasiswa Fakultas Ekonomi, 48 mahasiswa Fakultas Sastra serta  72 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selain itu sebanyak 67 orang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 142 orang mahasiswa Fakultas Pertanian, 106 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran  dan 150 orang  mahasiswa Fakultas Teknik. PKKMB direncakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai 9-11 September

Rektor UISU Dr Yanhat Jamaluddin MAP menyampaikan, ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang telah memilih UISU untuk melanjutkan studi akademiknya. Kemudian dia berpesan agar para mahasiswa harus mampu memahami lingkungan yang baru seperti saat ini, sebabtelah terjadi proses peralihan dari kehidupan pembelajaran SMA ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

"Mahasiswa baru haruslah mampu memahami lingkungan serta dapat beradaptasi secepat mungkin dengan lingkungan yang baru ini. Saat ini telah terjadi peralihan pembelajaran dari SMA ke perguruan tinggi. Ingat, pembelajaran di perguruan tinggi sangat berbeda dengan SMA," kata Yanhat.

Selain itu mahasiswa bilang Yanhat, juga  harus mampu menguasai dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama berada di UISU untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya kepada masyarakat, sehingga ilmu tersebut berguna. Karenanya, Yanhat berpesan agar para mahasiswa baru nantinya belajar dengan maksimal.

"Semua ilmu yang kalian peroleh selama di perkuliahkan harus dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Jadi belajarlah dengan sebaik-baiknya sehingga kalian akan menguasai ilmu yang diberikan. Di samping itu melalui PPKMB yang dilakukan ini, kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air dan juga cinta UISU ke depannya," harapnya.

Usai mengikuti proses PPKMB, Kadis Pendidikan Kota Medan mengatakan, sebagai mahasiswa baru, harus cepat beradaptasi dengan perubahan dari jenjang sekolah menengah atas ke jenjang pendidikan tinggi.  Diingatkannya, sistem belajar di SMA  selama ini mengandalkan peran guru, kini harus diubah karena di level perguruan tinggi, mahasiswa itulah yang harus berperan dalam mendapatkan ilmu.

"Ingat di perguruan tinggi, kemandirian kalian lebih diutamakan karena dosen hanyalah sebagai katalisator yang mengantarkan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa. Agar kalian sukses di UISU nantinya, kalian harus memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik. Jika ketiganya mampu kalian sinergikan, maka masa depan yang gilang gemilang menanti kalian di masa mendatang," pesan Marasutan.

Selain  pengenalan seluruh civitas akademikan UISU dan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, PPKMB  juga rencanaya akan menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Ketua Umum Yayasan UISU, Anggota DPD RI Ivan Iskandar Batu Bara, Ketua BEM UISU, Pangdam I/BB serta Kapolda Sumut. (KR|TAp)
  BeritaTerkait
  • Akhyar Nasution Jadi Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (F

  • Daebak ! Inilah Sepuluh Aplikasi Kota Pintar di Kota Seoul Metropolitan

    2 tahun lalu

    Ditulis ulang: Flemming PANGGABEANSmart City atau kota pintar  merupakan sebuah konsep perkotaan yang sudah banyak diterapkan di negara maju di dunia seperti Denmark, Belanda, Dubai, Amerika Seri

  • Bocah Diki Asal Indonesia Jadi Mahasiswa Termuda Waterloo Kanada

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Cendikiawan (Diki) Suryaatmadja, bocah umur 12 tahun asal Indonesia kini sudah mahasiswa. Diki menjadi mahasiswa termuda di Universitas Waterloo, Ontario, Kanada. Diki

  • Alumni Elektro Nommensen Harus Jadi Role Model Inovator Teknologi Terkini

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sebagai alumni Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen, khususnya Teknik Elektro lagi saya sangat mengharapkan bapak-bapak yang sudah jadi alumni harus jadi "role m

  • Tiga Pembicara Kondang Motivasi Mahasiswa FE UNPRI Kopertis Beri Apresiasi

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Seminar Nasional "Entrepreneurship in the Digital Era" yang digelar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan bersama UNPRi Creative, di Selecta Hall Sabtu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb