• Home
  • Pendidikan
  • LPPM UHN Medan adakan Pendalaman Tugas Untuk DPRD Humabahas
KSP Makmur Mandiri
Senin, 12 November 2018 18:39:00

LPPM UHN Medan adakan Pendalaman Tugas Untuk DPRD Humabahas

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Dr. Janpatar Simamora, SH., MH menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit, AMd.
Medan (Pelita Batak):
Sebagai salah satu PTS yang sangat komit dengan pelaksanaan tridarma perguruan tingginya, Universitas HKBP Nommensen Medan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengadakan Pendalaman Tugas dalam bentuk Bimbingan Teknis untuk Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan yang dilangsungkan di Hotel LJ Medan, tanggal 1-4 November 2018.

Pelaksanaan Pendalaman Tugas DPRD tersebut diselenggarakan dengan koordinasi melalui BPSDM Provinsi Sumatera Utara. Bimtek tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen, Dr. Ir. Sabam Malau serta dibarengi dengan Kata Sambutan yang langsung disampaikan oleh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Ir. Bonar Sirait, MSi.

Pelaksanaan Bimtek kali ini dilangsungkan dengan menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing. Adapun narasumber dimaksud adalah Daryanto dari BPSDM Kementerian Dalam Negeri yang membawakan materi Peran DPRD dalam Pembahasan dan Penyusunan Anggaran sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018.

Selanjutnya, narasumber Benget Silitonga yang merupakan komisioner KPU Sumut membawakan materi Metode Konversi Suara menjadi Kursi Pemilu 2019. Adapun narasumber berikutnya adalah Dr. Janpatar Simamora, SH., MH yang merupakan pakar hukum tata negara dengan judul materi Implementasi atas Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr.Ir Sabam Malau berharap agar Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Humbahas dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan DPRD dalam menjalankan tugas-tugasnya sehinga menjadi legislator yang kreatif dan inovatif. Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Ir. Bonar Sirait, MSi dalam sambutannya memaparkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sudah sangat baik dan mengharapkan agar LPPM UHN Medan tetap menjaga kualitas kegiatan yang sama di masa mendatang.

Adapun Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan, Manaek Hutasoit, AMd menyampaikan sambutan yang pada intinya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pendalaman tugas ini. "Kami merasa bangga dan senang dengan kegiatan ini, karena selain dibuka langsung oleh Rektor UHN serta dihadiri Kepala BPSDM Provinsi Sumut, juga diisi dengan materi acara yang relevan dengan tugas kami serta disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya" pungkasnya.

Kegiatan pendalaman tugas dalam bentuk Bimtek ini dihadiri oleh unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan seperti Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Wakil Ketua DPRD Jimmy Togu Purba dan anggota DPRD serta Sekretaris DPRD Parlindungan Simamora beserta sejumlah staff. Sekretaris DPRD Parlindungan Simamora menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah dijalin antara DPRD Kabupaten Humbahas dengan Universitas HKBP Nommensen beberapa waktu lalu.

Acara ini ditutup oleh Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH dengan menyampaikan sejumlah pesan dan ucapan terimakasih. "Atas nama Universitas HKBP Nommensen, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan beserta Sekretaris DPRD dan staff yang telah berkenan bekerjasama dengan kami" tegas Ketua Program Studi Magister Hukum UHN ini.

Acara ini ditutup dengan rangkaian acara penyerahan secara simbolis sertifikat kepada peserta yang diserahkan langsung oleh Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH kepada peserta yang diwakili oleh Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Manaek Hutasoit serta diakhiri dengan doa untuk menutup rangkaian acara.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Dr. Janpatar Simamora, SH, MH : Mutu Perda Inisiantif DPRD Tergantung Kapasitas SDM DPRD

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kapasitas mutu sumber daya manusia DPRD sangat menentukan mutu Pembentukan Perda Inisiatif  yang merupakan usulan DPRD dalam program legislasi daerah (Prolegda), sehingga tat

  • Pemahaman DPRD Secara Menyeluruh Mengenai RPJMD Sangat Vital

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Anggota DPRD di Kabupaten/Kota idealnya harus paham mengenai mekanisme penyusunan RPJMD dari awal sampai pada tahapan evaluasi karena ini menyangkut masa depan pembangunan daerah

  • Dr. Ir. Sabam Malau : DPRD Harus Tingkatkan Kompetensinya di Era Disruptif

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Bapak-bapak Anggota DPRD yang terhormat harus meningkatkan komptensi diri untuk mendorong keberhasilan pembangunan  di era disruptif ini. Hal itu ditegaskan oleh Rektor Unive

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  • Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si : Anggota DPRD Harus Paham Penyusunan Perda, Pengawasan, dan Keuangan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Segenap anggota DPRD Kabupaten/Kota haruslah memiliki kompetensi legisaltif mengenai penyusunan Perda, fungsi pengawasan, dan juga mengenai laporan keuangan. Kompetensi i

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb