• Home
  • Pendidikan
  • Kopertis Wilayah 1 Sumut Miliki 8688 Tenaga Dosen, Hanya 37 Guru Besar
Selasa, 17 Oktober 2017 17:29:00

Kopertis Wilayah 1 Sumut Miliki 8688 Tenaga Dosen, Hanya 37 Guru Besar

BAGIKAN:
Tap|pelitabatak
Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd., MA., M.Sc., Ph.D
Medan (Pelita Batak) :
Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 1 Sumut hingga 2017 memiliki 8688 tenaga dosen, namun sangat minim diantaranya yang telah berpedikat guru besar. Hanya 37 orang.

"Ini membuktikan, masih minimnya penelitian maupun menulis jurnal, padahal banyak objek yang bisa dijadikan sebagai bahan penelitian di Sumatera Utara ini," ujar  Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd., MA., M.Sc., Ph.D ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/10/2017).

Menurutnya, jumlah ini bisa bertambah seiring dengan kemauan para dosen yang aktif untuk melakukan penelitian. Sebab dari jumlah dosen tersebut hanya 256 yang bergelar doktor.

Dikatakan Dian, saat ini Sumut hanya mendapat biaya penelitian dari pemerintah Rp 1o miliar. Sementara Kopertis 7 bisa mendapat Rp 100 miliar.

"Padahal sudah tidak ada yang sulit di sana, laporan pertanggungjawaban juga sudah lebih mudah saat ini," ujarnya.


Keberadaan para dosen di Sumut sangat diharapkan untuk meningkatkan kualitasnya, demi mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Sumut.

Disampaikannya, saat ini ada 264 perguruan tinggi swasta di Sumut, dari 25 PTS yang ikut proses akreditasi perguruan tinggi, hanya 15 yang lolos akreditasi B. "Dari sekitar 1600 program studi yang ada, hanya 3 diantaranya yang mendapat akreditasi A," ujarnya.

Untuk itulah, kata Dian, tahun 2019 semua PTS harus terakreditasi, akreditasi perguruan tinggi. "Jika tidak, maka tidak akan dibenarkan mengeluarkan ijazah. Dan jika tak kungjung diurus, maka akan dilakukan pencabutan izin melalui prosedur yang berlaku," ujarnya. (TAp).
  BeritaTerkait
  • PTN Dan PTS Diminta Berlomba Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mendorong Perguruan Tinggi meningkatkan jumlah penerima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun bagi yang kurang mampu. "

  • 264 PTS di Sumut, Hanya 20 Miliki Akreditasi

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi berharap seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara agar dapat menciptakan generasi penerus yang unggul, i

  • Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc : Terbanyak Memproduksi Guru Besar, AIPT Nommensen Kedepan Harus "A"

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sebagai  perguruan tinggi swasta yang terbanyak memproduksi Guru besar saat ini di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dengan jumlah 7 orang guru besar, kedepan nilai Akredita

  • Kehadiran STKIP Pangeran Antasari Percepat Cita-Cita DS Berdaya Saing

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan meresmikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari sekaligus membuka Seminar Pendidikan "Orientasi Kebijakan P

  • Guru Bersar Universitas HKBP Nommensen Bertambah

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Guru besar Universitas HKBP Nommensen (UHN) bertambah satu orang setelah Prof. Dr. Binur Panjaitan, M.Pd menerima SK dari Koordinator  Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dr. Dia

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online