• Home
  • Pendidikan
  • Kadis Pendidikan Humbahas Buka Sosialisasi Pendidikan Keluarga. Ini Tujuanya
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 14 Juli 2018 08:01:00

Kadis Pendidikan Humbahas Buka Sosialisasi Pendidikan Keluarga. Ini Tujuanya

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Acara sosialisasi
Doloksanggul(Pelita Batak): Pemkab Humbahas melalui Dinas Pendidikan melaksanakan sosialisasi pendidikan keluarga Jumat  13 Juli 2018. Acara sosialisasi ini bertempat di aula Hutamas yang dibuka langsung oleh kadis pendidikan Humbahas  Drs Jamilin Purba MM.  

Peserta sisialisasi pendidikan keluarga ini diketahui berjumlah kurang lebih 200 Orang, Termasuk dari kalangan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP),  Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Guru-guru, Penyelenggara Paud beserta  Tutor Paud Se-kabupaten Humbang Hasundutan dan pendidikan Non Formal ( PNF) dan para narasumber. Pada sambutanya,  Drs. Jamilin Purba MM menyampaikan kepada peserta sosialisasi,  Tri sentra pendidikan yang meliputi keluarga,  satuan pendidikan dan masyarakat mempunyai peran sentral dalam membangun karakter dan budaya prestasi anak. 

"Ketiga pilar tersebut perlu berkolaborasi dan bersinergi untuk saling melengkapi dan saling mendukung.  Kolaborasi ketiganya  akan memberi dampak positif bagi pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam upaya membangun kolaborasi  tersebut  direktorat pembina pendidikan keluarga memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi pendidikan keluarga dengan sasaran pelaku pendidikan seperti Guru SMP, Guru SD dan masyarakat," ucapnya.

Jamilin menambahkan, Tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kapasitas para pelaku pendidikan mengenai pelibatan keluarga dalam menyelenggarakan pendidikan serta mendorong implementasinya di satuan pendidikan.  Karena keluarga  merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pendidikan anak untuk mewujudkan generasi Emas 2045. Perkembangan anak di pengaruhi oleh pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga.

"Selain itu faktor lingkungan masyarakat dan satuan pendidikan berperan dalam perkembangan anak. Berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era globalisasi membutuhkan srategi untuk mencapai tujuan, dimana kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyatakat di harapakan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak dengan optimal," tandasnya. 

Pada kesempatan itu, Jamilin berharap Dengan adanya sosialisasi kepada peserta agar benar-benar dan sungguh-sungguh memamfaatkan dan mengikuti kegiatan ini, agar mampu mengimplementasikan di tempat atau wilayah kerja masing-masing.

Diketahui, Acara sosialisasi ini berlansung satu hari, dimana setiap peserta akan mendapat sertifikat.

 Kegiatan  ini juga  dihadiri oleh Kabid PLS  Rositta Gultom dan staf, Sedangkan  nara sumber/ pembicara adalah dari direktorat pembinaan keluarga Dirjen Paud dan dikmas kementerian pendidikan dan kebudayaan Adi Sutrisno. Mpd, Dari daerah nara sumber adalah Imel Tobing,  Aido irgani dan Pdt Bapoda Simajuntak. (Tim)
  BeritaTerkait
  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    9 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  • Dr RE Nainggolan: 'Poda Na Lima' Adalah Budaya Orang Beriman

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panitia Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba akan melakukan penilaian tahap pertama di akhir tahun 2016. Tim penilai akan melakukan survey ke setiap desa yang ada di bibir pantai kawasan Danau Toba, dari tujuh kabupaten.

  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    2 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Gubernur Sumut: Saya Tidak Ingin Dengar Ada Anak yang Tak bisa Sekolah Karena Biaya

    2 tahun lalu

    Ternyata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi juga memahami falsafah "Anakhon hi do hamoraon di au". Ia mengatakan, tidak ingin mendengar ada anak yang putus sekolah karena keterbatasan biaya. Selain itu, Erry juga tidak i

  • Figur Ibu Miliki Peran Stategis di Setiap Jenjang Pemerintahan

    2 tahun lalu

    ) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir HT Erry Nuradi MSi mengharapkan Bunda Paud dapat mendorong para orangtua aktif membentuk karakter anak. Figur ibu sebenarnya memiliki peran yang strategis di setiap jenjang pemerintahan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet