• Home
  • Pendidikan
  • Gali Potensi, USM Indonesia Gelar Diskusi Digital Preneur
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 07 Maret 2018 10:31:00

Gali Potensi, USM Indonesia Gelar Diskusi Digital Preneur

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Suasana diskusi yang dipimpin Rektor USM-Indonesia Dr Dra Ivan Elisabeth Purba MKes
Medan (Pelita Batak):
Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) yang kini terus ikut berlomba di dunia pendidikan tinggi di Indonesia terus berbenah diri. Mampu memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan secara regional Sumatera bahkan nasional, pihak yayasan maupun pengelola melakukan langkah-langkah untuk mengikuti perkembangan teknologi di dunia pendidikan.

Di era digitalisasi saat ini, menjadi bagian pokok pemikiran bagi pengelola kampus yang dipimpin Rektor Dr Dra Ivan Elisabeth Purba MKes. Baik dari sisi promosi program, penerapan proses belajar mengajar bahkan mengarahkan minat dari para peserta didik di USM-Indonesia.


Rektor Dr Dra Ivan Elisabeth Purba MKes bersama peserta diskusi foto bersama usai diskusi

Hal ini menjadi salah satu poin pemikiran yang muncul dalam diskusi 'Digital Preneur' bersama pelaku usaha yang telah sukses berbasis jaringan di Aula USM-Indonesia, Senin (5/2/2018). Diskusi bersama Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba, Rektor USM-Indonesia Dr Dra Ivan Elisabeth Purba MKes, Wakil Rektor IV Rinawaty Sembiring, Hottua Samsori (IT), Karmel Simatupang, MA  Dosen FE dan Ilmu Sosial, mewakili Bidang LPPM, staf dan para pelaku usaha yang menjadi narasumber diantara Psam Harianja bersama rekan-rekannya.

Dikatakan Rektor, Dr Ivan, bahwa pihaknya kini berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi untuk diterapkan di kampusnya. "Bahkan, selain untuk proses belajar mengajar di kampus, kita juga berkeinginan ada dampak teknologi digital yang bisa kita manfaatkan untuk eksternal. Baik itu untuk promosi kampus bahkan kegiatan ekstra dari mahasiswa," ujarnya.

Untuk itulah, para pelaku usaha yang telah terlebih dahulu sukses memanfaatkan digitalisasi dalam mendorong usahanya dihadirkan di kampus tersebut.

Pada kesempatan itu, Psam Harianja mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai aspek bisa dilakukan. Baik dunia pendidikan hingga bisnis. "Namun melakukan itu tidak mudah, karena bisnis lewat jejaring itu tidak semudah yang kita bayangkan, kami juga bisa seperti sekarang ini sudah jatuh bangun," katanya.

Senada juga disampaikan oleh pengusaha pembalut online, Boru Samosir yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, tantangan saat ini akan ada kecerdasan buatan yang akan menggantikan tenaga kerja manusia, namun seiring dengan itu, akan ada jenis pekerjaan baru yang bisa dilakukan orang-orang kreatif.

Sementara Dodi Pratama, pemilik industri kreatif digital komik khas Medan ini mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan dengan dunia digital atau internet. Awalnya dia iseng, dengan hobi nya membuat karikatur dan di sebarkan di akunt instagramnya. "Kini dunia perikalanan juag sudah banyak memakai jasa kita, ternyata memang ada manfaatnya," ujarnya.

Menanggapi kegiatan ini, Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba SH MM yang juga anggota DPD RI asal Sumut ini sepakat untuk pengembangan digital preneur di lingkungan USM-Indonesia. "Sudah saatnya generasi muda berkarya dengan memanfaatkan era digital. Kita sangat mendukung program kampus," ujarnya. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Gelar Diskusi Kamisan: Dulu, Ada Doa Khusus untuk Tenun Ulos Batak

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ulos adalah salah satu kekayaan warisan leluhur bangsa Batak. Kondisi warisan leluhur tersebut makin tergerus oleh minimnya minat kita mencintai ulos. Generasi muda makin tid

  • Ribuan Objek Wisata di Danau Toba, Perlu Diinventarisasi dan Disosialisasikan

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):  "Setidaknya ada seribu tempat wisata yang bisa kita temukan di Kawasan Danau Toba," demikian pernyataan Mardi F.N. Sinaga (Mantan Ketua Umum Gerakan Cinta Dan

  • Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad Terima Anugerah Media Humas 2016

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mendapat Anugerah Media Humas 2016 dalam acara tahunan Badan Koordinasi Humas Pemerintah dan Lembaga Nega

  • RPX Menekankan Esensial Teknologi Informasi dan Komunikasi di ICT Conference 2016

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): RPX, perusahaan penyedia jasa pengiriman ekspres dan logistik terpadu (One Stop Logistics) turut berpartisipasi sebagai Partner Class Track Speaker – Improve your Effic

  • Indonesia Berciri Multikultur, Harus Saling Mengalah

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Sebagaimana di negara lainnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, kebhinnekaan di Indonesia sering terganggu karena politik. Padahal Indonesia mempun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet