• Home
  • Pendidikan
  • Fakultas Teknik Nommensen Lakukan Internasionalisasi Riset
Jumat, 11 Agustus 2017 15:31:00

Fakultas Teknik Nommensen Lakukan Internasionalisasi Riset

BAGIKAN:
ist|Pelita batak
Dekan FT UHN Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT beserta Teamnya foto bersama dengan pihak Rektorat UiTM Malaysia dan Prof. Kunio Hayakawa dari Shizuoka University Hamamatsu Japan setelah selesai diskusi di Salah satu ruang Rapat UiTM Malaysia
Medan (Pelita Batak) :
Setelah sukses melaksanakan "Nommensen International Conference on Technology And Engineering (NICTE)" yang diselenggerakan oleh Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen (UHN), kini Fakultas Teknik UHN (FT UHN) kembali melakukan sebuah gebrakan hebat dengan melakukan internasionalisasi riset.

FT UHN ikut berpartisipasi dalam program "Discussion on research collaboration with AMTEx, Faculty of Engineering Nommensen HKBP University, Faculty of Mechanical Engineering UiTM, Shizuoka University Japan and Taylors University Malaysia di Faculty of Mechanical Engineering UiTM Shah Alam Malaysia.

"Kita saat ini akan terus melakukan peningkatan mutu penelitian dimana FT UHN akan melakukan riset lintas perguruan tinggi yang sifatnya internasional," kata Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT didampingi oleh teamnya Ir. Sutan LMH Simanjuntak, M.Eng, Sc, Charles Manurung, ST, MT, Ir. Partahi Lumbangaol, M.Eng, Sc, dan Humisar Pasaribu, ST, MT dari Kampus UiTM, Shah Alam Selangor, Malaysia, Kamis, (11/08/2017).

"Kami melakukan ini karena kami sangat menyadari betapa dinamika keiluman dalam teknik sangat cepat berkembang," kata Dr. Richard Napitupulu.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya sangat menyadari isu-isu terkini perlu diadopsi agar FT UHN tidak ketinggalan. Maka salah satunya adalah dengan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan riset yang sifatnya internasional dan lintas perguruan tinggi.

"Kita pun melihat kampus yang mana yang punya reputasi dalam bidang pengembangan ilmu teknik. Yang pasti, kita selalu menjalin kerjasama dengan kampus yang punya reputasi dengan tujuan, kita juga dapat ilmu dari kampus yang kita jalin kerjasama," kata Dr. Richard Napitupulu lagi.

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sangat senang atas prestasi FT UHN ini. Saat ini semua negara sedang membuka diri dengan adanya globalisasi. Pada era globalisasi sumbangan para ilmuan sangatlah besar untuk mendorong kemajuan bangsa-bangsa.

"Tentu harapakn kita semua bangsa saling mangisi, saling berbagi, dan saling mendorong atas dasar kebersamaan. Melihat peluang globalisasi  ini, UHN sangat menyadari betapa UHN perlu membangun hubungan kemitraan dengan para perguruan tinggi dari negeri luar untuk mendukung kemajuan pendidikan. Adanya kolaborasi riset internasional dimana keterlibatan  FT UHN dengan kampus yang punya reputasi internasional merupakan bukti betapa FT UHN punya mutu. Tidak mungkin UiTM, Shizuoka University Japan danTaylors University Malaysia mau bekerjasama dengan UHN apabila mutu dosen UHN tidak bagus," kata Rektor lagi.

Bahkan Rektor menekankan Discussion on research collaboration with AMTEx merupakan wujud nyata dari "NHU Goes International" yang sedang dilakukan sebagai sebuah terobosan untuk membangun SDM Sumut bertaraf global.

Sejak awal 2015, lanjut Dr. Ir. Sabam Malau, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.

"Kita harapkan, kedepan tambah Rektor lagi, Fakultas yang lain juga bisa mengikuti program seperti ini. Saatnya kita membuka diri dengan riset kolaboratif yang sifatnya lintas kampus internasional untuk mendorong pengembangan IPTEK. Dan FT UHN telah melakukannya, dimana Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian sudah melakukannya dengan CULS Rep. Ceko. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk kuliah di UHN karena UHN siap melakukan internasionalisasi mutu bagi siapa saja yang masuk ke UHN," jelas Rektor UHN dengan optimis. (TAp|Rel)
 




  BeritaTerkait
  • Mahasiswa CULS Kunjungi Faperta Nommensen

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dua mahasiswa dari Program Studi Agroculture Engeneering CULS (Czech University of Life Science) Prague Republik Ceko atas nama Krizova Catharina dan Adam Spicka melalui

  • Fakultas Teknik Nommensen Intensifkan Kerjasama Dengan CULS Rep Ceko

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen terus berbenah untuk menghasilkan lulusan handal menghadapi era globalisasi seperti dengan datangnya MEA. Alumni harus mampu mema

  • Rekayasa Lalu Lintas Solusi Kemacetan Kota Medan Sukses

    tahun lalu

    Akhyar mengatakan, mengatasi kemacetan merupakan tanggungjawab bersama. Dibutuhkan masukan dan solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Medan. "Seminar ini tentunya kita harapkan akan menjadi cikal bakal untuk menghasilkan rumusan kebijaka

  • Mahasiswa Taiwan Kunjungi Nommensen

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Mahasiswa Taiwan Asia University (AU) dan Shih Chien University (SCU) berkunjung ke Universitas HKBP Nommensen (UHN) melalui program TWINDO Summer Program 2017."Program ini tentu

  • Yasonna H Laoly Resmikan Gedung Amudi Pasaribu dan AE Manihuruk di Universitas HKBP Nommensen Medan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, MSc, PhD meresmikan penganugerahan nama dua buah Gedung Perkuliahan di depan Biro Rektor dan gedung yang menghadap ke Utara (Fa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online