• Home
  • Pendidikan
  • Fakultas Psikologi UHN Medan Selenggerakan Diskusi Keterkaitan Psikologi Dan Kristen
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 23 Agustus 2019 11:50:00

Fakultas Psikologi UHN Medan Selenggerakan Diskusi Keterkaitan Psikologi Dan Kristen

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Para pemateri memberikan paparannya dalam Forum Diskusi Kajian-kajian Psikologi Kristen di Ruang Dr. Justin UHN Medan
Medan (Pelita Batak):
Sebagai perguruan tinggi yang sudah lama berdiri dan selalu mengadopsi perkembangan terkini dalam bidang IPTEK Fakultas Psikoilogi Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan menyelenggerakan Forum Diskusi Kajian kajian Psikologi Kristen, Selasa, (20/08/2019) di Ruang Dr. Justin.

Adapun yang menjadi narasumber utama adalah Diakonist Quartini Novita Situmorang, S.Psi, M.Psikoloog, Rika Eliana Barus, M.Psikolog, Togi Fitri Ambarita, M.Psikolog, dan Dr. Karina M. Brahmana, M.Psikolog.

Dekan Fakultas Psikologi Freddy Butarbutar, M.Psi dalam sambutannya mengatakan diskusi ini sangat membangun karena mencari relevansi ajaran Kekristenan dengan psikologi. Kita sangat mengharapkan masukan yang membangun bagaimana mencari hubungan ilmu psikologi dengan Kristen.

Dengan adanya diskusi ini kedepan kemitraan Fakultas Psikologi dengan Gereja bisa kita bangun dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkarakter Kristen, tegas Dekan Psikologi lulusan UGM Yogyakarta ini lagi. Sementara Rektor UHN Medan D. Haposan Siallagan, SH, MH sangat mendukung kegiatan seperti ini karena bisa menghasilkan inovasi yang sangat kita butuhkan, tegas Rektor UHN Medan ini lagi.
 
20 AGUSTUS 2019, Selasa, di ruang justin universitas HKBP Nommensen, Fakultas Psikologi  membuka forum kajian untuk psikologi dengan ilmu Kristen. Forum mengundang pemateri-pemateri yang telah berkecimpung dalam penelitian yang melibatkan psikologi Kristen. Adapun tujuan forum diskusi ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan visi misi dari universitas yang mengkhususkan diri pada kristiani.

Adapun Diakones Quartini (sebagai psikolog dan diakones) mengatakan setelah mendalami pelayanan Kristen pada anak berkebutuhan khusus membuka materi, dengan penelitian berbagai metode dalam penanganan anak dan orangutan yang memiliki kebutuhan khusus. Selanjutnya ibu Rika memberikan materi perihal posisi psikologi dalam ilmu agama ktistiani dan perkembangannya yang menghadirkan kemunculan psikologi positif.

Pada Materi ke tiga Ibu Togi Fitri A Ambarita,memberikan pembahasan akan bagaimana prosedur perkuliahan universitas HKBP Nommensen menghasilkan karakter kristiani yang dihubungkan dengan kecerdasan spiritual. UHN Medan adalah institusi dengan misi pro deo et patria sangat menekankan pendidikan yang berkarakter kuat. Sedangkan materi dari Dosen UHN Dr Karina M Brahmana memberikan penjelasan penelitian akan peran ganda yang dialami oleh istri pendamping pendeta di GBKP.

Dari pemaparan para pemateri yang empat ini menghasilkan diskusi dimana psikologi memberikan irisan penting untuk mendalami keilmuan baik secara theology ataupun konsep kristiani. Psikologi menjadi bagian yang tidak terlepas dalam menjelaskan keberadaan manusia dan peran pentingnya dengan sesama. Acara Forum Diskusi Kajian kajian Psikologi dan Kristen ini diikuti oleh para dosen dari lingkungan Fakultas yang ada di UHN Medan dan juga para mahasiswa Psikologi UHN. (TAp|*)
  BeritaTerkait
  • UEM Akan Buka Sarjana Diakonia di UHN Medan

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai universitas milik Gereja HKBP, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan didirikan untuk mewujudkan visi dan misi Tuhan di dunia ini melalui layanan pendidikan yang berdasark

  • UHN Medan MoU Dengan RSU St. Elisabeth

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebagai institusi perguruan tinggi Kristen dan milik HKBP, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan sangat terbuka dengan siapa saja untuk bermitra dalam rangka mendukung Tridarma P

  • Pejabat Eselon II Pemko Medan Ikut Asesmen Psikologi

    3 tahun lalu

    Pelita Batak : Sebanyak  35 pejabat eselon II di lingkungan Pemko Medan mengikuti asesmen psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (18/8/2016). Ase

  • Intan Olivia Marbun Meninggal, Warga Sampaikan Kesedihan Lewat Media Sosial

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tragedi menyedihkan kembali mengusik Indonesia, lagi-lagi rumah ibadah digegerkan oleh ledakan bom di Gereja Oikumene di Samarinda, Minggu (13/11/2016) mengakibatkan korban. Intan Olivia Marbun, anak sekolah minggu yang tengah

  • 123 Lurah Ikuti Psychological Assessment

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sebanyak 123 lurah di lingkungan Pemko Medan mengikuti psychological assessment di Pusat Pelayanan Psikologi Masyarakat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb