• Home
  • Pendidikan
  • Fakultas Peternakan Nommensen Harus Dorong Biosekuriti yang Benar
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 19 Desember 2017 15:53:00

Fakultas Peternakan Nommensen Harus Dorong Biosekuriti yang Benar

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nommensen (FP UHN) haras terlibat dalam mendorong Biosekuriti yang benar dalam rangka menciptakan keberhasilan pada usaha peternakan.

Hal itu ditegaskan oleh Ir. Sondang Simajuntak, M.Si Direktur PT. Global Nutrition Indonesia sekaligus alumni Peternakan saat memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Fakultas Peternakan UHN di Ruang Dr. Justin UHN dan dimoderatori oleh Ir. Henry Hiutabarat, MS, Senin, (18/12/2017).

Sebelum kuliah umum dimulai Wakil Dekan I Fakultas Peternakan UHN Ir. Henry Hutabarat, MS dalam sambutannya mengatakan Fakultas Peternakan akan terus melakukan  berbagai perubahan  dengan mendatangkan para pakar dan praktisi yang terlibat langsung dalam dunia usaha peternakan untuk memberikan wawasan baru bagi mahasiswa.

WD I juga menambahkan bahwa saat ini kewirausahaan juga sudah ditekankan di Fakultas Peternakan dengan adanya kurikulum untuk itu, mengingat dunia peternakan adalah dunia yang banyak membukalapangan kerja asal aja ada kemauan dan komitmen yang baik, tegas Henry lagi. Henry HUtabarat mengatakan lagi, saat ini banyak sudah alumni Peternakan UHN yang sudah sukses dalam dunia peternakan dan jaringan dengan alumni tetap kita bangun dengan baik, tambahnya. 

Sementara Dekan F Peternakan Prof. Dr. Ir. Hasan Sitorus dalam sambutannya sangat mengharapkan dukungan pemerintah kepada peternakan sebagai salah satu sektor yang sangat menjanjikan harus terus kita lakukan. Memang saat ini Jokowi dan JK dengan revolusi biru dan ekonomi maritimnya sudah mulai berpihak pada dunia peternakan, perikanan dan pertanian.

Tentu Peternakan UHN harus berkontribusi ditengah geliat bangsa ini membangun ekonomi berbasis sumber daya air (perikanan), termasuk sektor peternakan, tegas Prof. Hasan lagi.

Sementara Ir. Sondang Simanjuntak, M.Si dalam paparannya mengatakan sektor pertanian, perikanan, dan peternakan adalah sektor yang mampu bertahan di era krisis. Sektor peternakan secara khusus sangat prospek di era globalisasi ekonomi ini karena perannya tidak tergantikan oleh sektor apapun, tegas Sondang Simajuntak lagi.

Sebagai contoh, peran daging tidak bisa digantikan oleh apapun sebagai kebutuhan manusia, tegas Sondang Simanjuntak lagi.

Direktur PT. Global Nutrition Indonesia ini mengatakan biosekuriti adalah strategi manajemen untuk menghindarkan  ternak di farm dari terjangkit penyakit sehingga menghindarkan peternak dari kerugian secara ekonomi. Implementasi biosekuriti adalah pintu masuk kepeternakan, terapkan sistem masuk sekaligus keluar sekaligus, proses desinfeksi atau fumigiasi, pasokan air dan pembersihannya. Ir. Sondang juga mengatakan, biosekuriti tiga zona di peternakan unggas menyangkut tiga elemen, isolasi, pengendali lalu lintas, dan sanitasi.

Sebagai alumni, saya sangat mengharapkan Peternakan UHN terlibat dalam penerapan biosekuriti yang benar sebagai salah satu kunci keberhasilan pada usaha peternakan. Kuliah umum ini diikuti oleh semua dosen dan mahasiswa Peternakan UHN. Nampak hadir Kaprodi Peternakan Ir. Mangonar Lumbantorua, MS dan dosen Ir. Magdalena Siregar, MP, Ir Untung Pardosi, Ir. Tunggul Fery Sitorus, MP, dan Ir. Partogi Hutapea, MP. (*)
  BeritaTerkait
  • FE Nommensen Dukung dan Dorong Pemanfaatan Utang yang Produktif

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Negara harus melakukan segala upaya untuk memajukan keesejahteraan masyarakat secara ekonomi. Demi mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera karena ini adalah amanat UU

  • Prodi Musik Nommensen Dorong Modernisasi, Orisinilitas dan Inovasi Musik Gereja

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kami sangat mengapresiasi Badan Pelayanan Marturia (BPM) HKBP Distrik Medan Aceh datang untuk berdiskusi ke Kampus Universitas HKBP Nommensen (UHN) ini mengenai modernisasi musik

  • Mahasiswa FT Nommensen Lolos "Academic Research Programme" di Taiwan

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Setelah melewati fase seleksi yang sangat ketat dengan competitor dari berbagai negara akhirnya mahasiswa Fakultas Teknik atas nama Chilinton Hutabarat menjadi salah satu peserta

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Terakhir)

    12 bulan lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk3. Refleksi: OrdinasiSeperti apa sosok atau figur  'pendeta' yang  disebut-sebut sebagai 'representasi figur Kristus'?, mari kita coba m

  • Alumni Elektro Berbagi Tips Sukses dengan Mahasiswa FT UHN

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dua alumni Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Ir. Panal Hutapea dan Ir. Richard Butarbutar menginspirasi para mahasiswa Fakultas Teknik UHN

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet