KSP Makmur Mandiri
Jumat, 14 Desember 2018 21:12:00

FTIK UNPRI Gelar MECnIT 2018

BAGIKAN:
IST|pelitabatak

Medan (Pelita Batak):

Fakultas Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan menggelar event International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT) 2018, (13/12/2018).

Acara tersebut menghadirkan 4 Keynote speaker masing-masing  Prof. Ri-Ichi Murakami dari National Taiwan University of Science and Technology, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit M.SCdari Pradita Institute, Assoc Prof. Pankaj Kolnkar dari Tokushima University Japan, dan Assoc Prof. Dr. Chia Chin Hua dari University Kebangsaan Malaysia dan berlangsung di Aula lantai 2 Kampus UNPRI Medan.

Hadir juga pada acara itu, Dr dr I Nyoman E.Lister MKes AIFM, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leoard SH MKn, Rektor UNPRI Dr. ChrismisNovalinda Ginting, SSiT., M.Kes, Wakil Rektor (WR) I Seno Aji SPd MEng Prac, WR II Dr Ermi Girsang SKM MKes, WR III Said Rizal SHI MA, WR IV dr Ali Napiah Nasution MKT dan  Dekan FTIK UNPRI Abdi Dharma SKom MKom. 

Sejumlah bidang keilmuan dibahas pada acara tersebut yakni bidang Mechanical Engineering , teknik elektro (electrical engineering), ilmu komputer (computer science), teknologi sistem informasi (information sistem and teknologi), serta teknologi industri (industrial technology).

Pada sesi paralel juga terdapat lebih kurang 117 pemakalah yang memaparkan hasil penelitiannya masing-masing 

Dekan FTIK Unpri Abdi Dharma M.Kom yg juga General Chair pada acara MECnIT 2018 mengatakan, bahwa acara tersebut merupakan ajang konferensi internasional yang mendatangkan sejumlah peneliti dari dalam dan luar negeri. "Ada peneliti dari Jepang, Malaysia, Taiwan, dan dari Indonesia," ujarnya,

Tujuannya diadakannya konferensi tersebut kata Abdi, selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai sarana untuk bertukar ide dan pikiran, serta gagasan keilmuan lewat hasil riset yang dituliskan.

"Jadi paper-paper itu akan diterbitkan juga di jurnal bereputasi internasional yang berbasis di Inggris, Institute of Physics (IOP)," terangnya.

Selain itu, lanjut Abdi, bagi Unpri sendiri, kegiatan konferensi internasional ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari dosen terutama dibidang penelitian dan publikasi.

"Karena setiap dosen kita kan memang punya kewajiban untuk melakukan publikasi. Jadi inilah salah satu ajangnya, dan dosen-dosen kita juga banyak yang ikut berpartisipasi. Jadi kita saling tukar pikiran meningkatkan wawasan dan pengetahuan," jelasnya.

Direncanakan, katanya, kegiatan akademik seperti konferensi internasional ini akan rutin mereka lakukan.

"Tetap rutin dilakukan, tahunan. Jadi ini sudah yang kedua kali kita lakukan dan tahun pertama itu dilakukan juga bulan Desember tahun 2017," katanya.

Disamping menghadirkan 4 keynote speaker, konferensi internasional tersebut juga menghadirkan 3 pakar yang diundang sebagai pembicara (invited Talk) yakni Endra Joelianto, Ph.D dari ITB, Dr Poltak Sihombing dari USU, dan Dr Arjon Turnip dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).    

Sementara itu di tempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leoard SH MKn menyambut baik kegiatan yang digelar FTIK UNPRI.

Menurut Tommy, event International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology ini dapat saling memotivasi untuk meningkatkan tradisi riset dan penulisan antar akademisi perguruan tinggi. 

"Ini adalah upaya UNPRI untuk menambah pengetahuan riset yang dilakukan oleh dosen-dosen di UNPRI,"ungkap tokoh pendidikan ini meyakinkan. (rel)

  BeritaTerkait
  • LPPM UNPRI Gelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti dan Review Proposal Penelitian

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) beserta tim Rektor Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, menggelar Seminar Strategi Pemenangan Hibah Ristekdikti da

  • RSU Royal Prima-PT Link Ademy Gelar Diskusi, Kenalkan Prosedur Uni Knee

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima yang berada di Jalan Ayahanda Medan bersama PT Link Ademy menggelar diskusi kasus dengan tema "Total Knee Replacement" di rumah sakit tersebut.D

  • UNPRI Gelar Seminar Integrated Palliatif Care to Enhancing Quality of Life

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Prima Indonesia menggelar Seminar dengan tema 'Integrated Palliatif Care to Enhancing Quality Of Life' di Hotel Dana

  • Pelantikan Dokter UNPRI Periode Mei 2018

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, telah melangsungkan pelanatikan dan angkat sumpah dokter periode Mei 2018. Peserta sumpah tersebut para dokter

  • UNPRI Gelar ICIS Ambil Topik Industri 4.0

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh digelarnya The Seventh International Conference On International Studies (ICIS) 2018 di Gedung Rumah Sakit Royal Prim

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb