• Home
  • Pendidikan
  • FKIP UDA Selenggarakan Seminar Ilmiah Menjadi Guru Profesional
Rabu, 29 November 2017 19:21:00

FKIP UDA Selenggarakan Seminar Ilmiah Menjadi Guru Profesional

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Dekan FKIP, Dra. Rosma Nababan, MSi (4 dari kanan) beserta dosen-dosen FKIP diabadikan bersama pembicara, Prof Dr Abdul M., MPd (tengah) di Hermina Center, Kamis (23/11)
Medan (Pelita Batak):
Guru adalah profesi yang sangat mulia, guru juga adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu mengajari dan membimbing anak didiknya tanpa lelah dan keluh kesah sehingga kita bisa membaca dan menulis.

Berangkat dari hal itu, dalam rangka menyambut hari guru ke-72 Tahun  pada 25 Desember 2017, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UDA mengadakan kuliah umum yang bertema "menjadi guru profesional" dengan mengundang guru besar dari Unimed  Prof. Dr. Abdul Murat, M.Pd sebagai pembicara, di Hermina Center, Kamis (21/11).

Kuliah umum dibuka langsung oleh Rektor UDA, Dr. Jaminuddin Marbun, SH, M.Hum. Dalam sambutannya mantan Direktur Pascasarjana UDA ini mengatakan, bahwa kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari jumlah guru yang ada. "Negara maju ditandai dengan banyaknya guru yang ada. Hal ini dapat dilihat dari sejarah Jepang usai di luluh lantakkan bom di Hirosima dan Nagasaki, saat itu kaisar bertanya berapa guru dan tenaga medis yang terisa, karena kaisar sangat menyadari guru adalah pandasi utama untuk kembali membangun Jepang," ungkap Marbun.

Ditambahkan Rektor bahwa Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung, Ny. Sariaty PR. Siregar Br. Pardede sangat mendukung kegiatan kuliah umum seperti ini, mengingat saat ini profesionalisme guru sangat dituntut untuk memajukan dunia pendidikan.

Prof. Dr. Abdul Murat, M.Pd, dalam pemaparannya mengatakan bahwa  guru pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. seperti yang tertuang dalam peraturan Menteri  No. 16 Tahun 2009.

Guru besar Unimed ini juga menambahkan bahwa untuk menjadi guru yang profesional perlu memiliki kompetensi kepribadian (didasari iman dan taqwa, beraklak mulia, arif bijaksana, demokratis, stabil  serta menjadi teladan kepada anak didiknya), kompetensi sosial (berkomunikasi dengan santun baik lisan maupun tulisan), kompetensi pedagogik (memahami landasan pendidikan, pemahaman terhadap anak didik, pengembangan anak didik, rancangan pembelajaran, pemanfaatan teknologi, evaluasi hasil belajar) dan kompetensi profesional (menguasai bahan ajaran, konsep dan metode disiplin keilmuan).

Usai acara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dra. Rosma Nababan mengatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mempunyai landasan dan pegangan saat terjun dilapangan agar benar-benar mampu menjadi guru yang professional.

Acara ini di hadiri oleh  seluruh dosen, pegawai dan mahasiswa FKIP. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Forum Ihan Batak Gandeng Bekraf Gelar Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi di Samosir

    tahun lalu

    Samosir(Pelita Batak): Forum Intelektual Harapan Anak Negeri Batak (IHAN BATAK) menggelar Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI) yang bertemakan Membangun Daerah Melalui Inovasi d

  • FKIP UNPRI Gelar Seminar Bahasa dan Sastra

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan menggelar Seminar Bahasa dan Sastra dengan tema 'Bahasa sebagai Elemen Penting

  • Bupati DS Akan Resmikan STKIP Pangeran Antasari

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan menyatakan kesediaannya untuk membuka acara Peresmian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari yang akan dilaks

  • Kehadiran STKIP Pangeran Antasari Percepat Cita-Cita DS Berdaya Saing

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan meresmikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pangeran Antasari sekaligus membuka Seminar Pendidikan "Orientasi Kebijakan P

  • Warga HKBP Harus Mangaplikasikan Firman Tuhan dalam Keluarga yang Berbudaya

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Panitia Tahun Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh akan menggelar Seminar Budaya, Sabtu (21/5/2016) di HDTI Convention Hall Medan. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online