• Home
  • Pendidikan
  • Doa Pemberangkatan 303 Siswa SMAN 2 Jelang UN Balige Dihiasi Isak Tangis
KSP Makmur Mandiri
Senin, 01 April 2019 08:05:00

Doa Pemberangkatan 303 Siswa SMAN 2 Jelang UN Balige Dihiasi Isak Tangis

BAGIKAN:
Maria|pelitabatak
Kasek SMA N 2 balige Aldon Samosir, Kacab dis Pen Propsu Alfred Silalahi, Ketua Komite Eston Sitohang, Sandi Sibuea, M. Maria Sitorus sedang mengikuti Pemberangkatan siswa SMA N 2 balige.
Tobasa (Pelita Batak): 
"Berangkat lah anakku, berjuanglah kami mendoakan mu, kami orangtua beserta seluruh guru akan berupaya keras mendukungmu, " itulah ungkapan sejumlah hamba Tuhan dan seluruh orangtua sembari menitikkan air mata haru saat mengikuti acara doa pemberangkatan sejumlah 303 orang siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMAN) 2 Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menghadapi Ujian Nasional secara serentak pada bulan April ketika lagu anakkonki do hamoraon diau dikumandangkan paduan suara SMA N 2 balige. 

Acara ini berlangsung penuh keharuan dengan rasa kekeluargaan. Hampir seluruh siswa/i didampingi orangtuanya meneteskan air mata haru selama acara berlangsung,teristimewa saat kepala sekolah (kepsek) melepas anak - anak didiknya dalam menghadapi  ujian dengan memberi nasehat dan semangat melalui narasi yang dibacakannya.

Dalam kata sambutannya Kepala Sekolah SMAN 2 Balige, Aldon Samosir mengatakan, sekolah ini adalah salah satu sekolah yang mampu melahirkan generasi yang berkualitas. Sekolah ini sudah banyak mengantarkan alumninya ikut berkompetisi di tingkat kabupaten dan provinsi hingga pusat pada bidang olahraga dan akademik.

Prestasi yang diraih adalah menyabet puluhan bahkan ratusan prestasi tingkat kabupaten hingga pusat  yang dibacakan ibu guru Dewi Barasa pada kesempatan pemberangkatan siswa SMA N 2 Balige yang dilaksanakan di Lapangan SMA N 2 balige Sabtu (30/03/2019).

Dikatakan Aldon, keberhasilan itu bukan semata - mata karena kinerja seorang kepsek,namun berkat kerjasama dari seluruh pihak terkait dimulai dari orangtua yang mengambil peran aktif, para guru dan staff bekerja maksimal mendukung dan mengarahkan menjadi siswa/i proaktif, disiplin dan cerdas.

"Tanpa itu mustahil sekolah ini bisa menjadi sekolah yang mampu berkompetisi dan salah satu favorit di kabupaten ini," sebut Aldon. 

Salah satu bukti bahwa sekolah ini mampu melahirkan genarasi yang baik dan alumni yang mampu berkompetisi di Perguruan Tinggi Negeri   seperti Top ten Universitas di Indonesia. Untuk itu diharapkan kelas X dan XI bisa mengikuti jejak dan kalau boleh mengungguli kakak kelasnya pada lulusan mendatang.

"Dan jadilah duta yang baik dari sekolah ini, disiplin serta ilmu yang sudah kami berikan itulah menjadi modal siswa/i menghadapi hari - hari kedepan,Rajut mimpi mu , tepis rintangan dan gapailah cita citamu," pesan Aldon.

Dalam sambutannya Kacabdis  Pendidikan Propsu, Alfred Silalahi mengatakan SMA N 2 balige adalah sekolah andalan dari Toba Samosir. 

"Tahun ini persentase tertinggi sesuai jumlah siswa Tobasa berada di urutan pertama tingkat kelulusan SMA ke PTN, karena kota Medan saja yang memiliki ratusan SMA Negeri   hanya bisa meloloskan 400 siswa ke PTN jalur undangan sedangkan saat ini Tobasa mampu meluluskan alumninya kurang lebih tiga ratus siswa yang didominasi oleh SMAN 2 Balige, ada sedikit rasa kecewa SMA swasta Del hanya mampu meloloskan siswa nya 10 orang jalur SNMPTN," terangnya.

Sekedar diketahui saat ini SMA N 2 balige  mampu meloloskan siswa nya hampir 160 mulai lolos SNMPTN, ikatan dinas, PMDK dan lain sebagainya.  

Orangtua siswa/i yang hadir mengucapkan terima kasih pada pihak sekolah untuk acara ini. Mereka mengakui, prestasi sekolah ini semakin meningkat dan  mengapresiasi. Harapan mereka kedepan agar kepsek dan para guru tidak bosan bosannya membimbing dan mendidik anak - anak mereka.

Seperti diungkapkan Mak Melva dan Ibu Sitorus orangtua dari Cindy dan Lisa. Keduanya menilai, sekolah ini mewakili Toba Samosir semakin hari semakin luar biasa mengharuskan Provinsi Sumut di tengah Bangsa Indonesia . "Semoga pihak sekolah diberi kekuatan, hikmat dan berkat oleh Tuhan menjadikan anak- anak ini menjadi orang yang beriman, disiplin dan cerdas," katanya.

"Untuk itu kami para orangtua semakin semangat mendukung dan ikut berperan aktif  memajukan pendidikan ditempat ini," sebut keduanya.

Acara dirangkai mulai dari ibadah dan doa pemberangkatan, pameran seni, Bazaar yang di prakarsai oleh para siswa /i SMA N 2 balige melalui  kegiatan OSIS. Para siswa /i unjuk kebolehan dengan sejumlah tarian, puisi, vokal grup dan tak kalah seru dengan penampilan marching band yang memukau seluruh tamu dan undangan.

Pada kesempatan itu anak kelas X dan XI menyediakan bazar makanan dan pameran seni melatih para siswa  /siswi pada bidang kewirausahaan dan ekonomi mandiri dan menciptakan lapangan kerja.

Acara berlangsung sukses, tidak sedikit anak kelas XII  menetes kan air mata haru disaat menyanyikan lagu perpisahan kepada adik kelas, guru, sahabat  dan para orang tua, aroma kekeluargaan sangat terasa diantara sesama Siswa /i SMA N 2 balige. Acara dihadiri seluruh siswa /i SMA N 2 balige, para guru dan orangtua, komite  sekolah.(Maria Sitorus)
  BeritaTerkait
  • Parongil Kabupaten Dairi Kebakaran Hebat, 25 Rumah Musnah Dilalap Api

    3 tahun lalu

    Parongil(Pelita Batak):   Peristiwa kebakaran menghanguskan 25 rumah dan 2 dirusak paksa di Jalan Gereja Kelurahan Parongil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga Kabupaten Dairi, Kamis 2 Jun

  • Pangdam I/BB Kagum Pola Pembelajaran di Yasop Balige

    3 tahun lalu

    Sungguh beruntung orang tua yang anaknya masuk sekolah ini. Setidaknya anda dapat tidur nyenyak selama tiga tahun kedepan. Tidak perlu khawatirkan anak dari ancaman bahaya narkoba," ujar Pusung.

  • Camat Medan Polonia, Aidal Fitrah Meninggal

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin melepas pemberangkatan janazah Almarhum Drs Aidal Fitrah Camat Medan Polonia, dari rumah duka di Jalan Bajak II Komplek Perumahan Marendal Kelurhan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas, Kamis (3/11/

  • 120 Murid Angkatan XXIX Yasop SMA N 2 Balige Dikukuhkan

    11 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Pendidikan merupakan jendela masa depan untuk dapat meningkatkan derajat dan martabat manusia. Dengan pendidikan manusia dapat melakukan dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik

  • Perayaan Natal Kelbes SMAN 2 Balige Sukses dan Khidmat

    6 bulan lalu

    Pelita Batak (Tobasa): Perayaan Natal bagi keluarga besar SMAN 2 Balige  berlangsung dengan sukses dan penuh khidmat di Gereja HKBP Balige, Kamis  (13/12/2018 ) sore. Dalam perayaan Natal

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb