• Home
  • Pendidikan
  • Bocah Diki Asal Indonesia Jadi Mahasiswa Termuda Waterloo Kanada
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 07 September 2016 11:41:00

Bocah Diki Asal Indonesia Jadi Mahasiswa Termuda Waterloo Kanada

BAGIKAN:
Net
Cendikiawan Suryaatmadja (kiri) bersama Franky Tobing, salah seorang mentor di tim Olimpiade Fisika.

Jakarta (Pelita Batak) : Cendikiawan (Diki) Suryaatmadja, bocah umur 12 tahun asal Indonesia kini sudah mahasiswa. Diki menjadi mahasiswa termuda di Universitas
Waterloo, Ontario, Kanada.
Diki memulai kelas perdananya pada hari Kamis 8 September 2016 dengan teman kuliah yang hampir dua kali dari usianya. Menurut penuturan sang ibunda, Hani, Diki termasuk anak yang cepat beradaptasi.

"Sangat bagus adaptasinya. Semua menyayangi Diki barangkali seperti adiknya. Mungkin ada yang ke bar, tapi semua yang kurang baik untuk Diki sudah kami arahkan sejak awal," kata Hani.

"Apalagi pihak universitas sudah meeting dengan kami untuk membantu sosialisasi anak kami ke arah positif," lanjutnya.

Hani juga menambahkan, karena asyiknya Diki dengan lingkungan perkuliahan, Diki sampai tidak mau pulang ke rumah untuk makan siang. "Memang juga Universitas Waterloo menyediakan makanan untuk semua mahasiswa," ucap Hani.

Diki juga diterima sebagai mahasiswa di Universitas Waterloo dengan nilai tertinggi. Diki walau umurnya masih muda namun berhasil mendapatkan nilai IELTS yang memuaskan.

"Pihak Universitas kaget kalau Diki itu asli Indonesia. Mereka sempat memberi waktu Diki 3 minggu untuk mengambil IELTS. Diki pun belajar IELTS secara otodidak dan Diki berhasil melebihi target IELTS nya. Diki mendapat nilai 8 IELTSnya dan diterima di Universitas Waterloo dengan nilai tertinggi," kata Hani.

Saat ini, Diki sedang melakukan masa orientasi di kampusnya. Masa orientasinya dimulai pukul 08.30 waktu setempat. Diki baru balik ke rumah pada pukul 22.21 waktu setempat.

Diberitakan sebelumnya, staf penerimaan mahasiswa baru menyebut, Diki menjadi mahasiswa termuda yang pernah mendaftar di Waterloo, salah satu kampus top di Kanada. Umur calon mahasiswa menurut pihak kampus tidak menjadi faktor dalam mengambil keputusan menerima Diki yang disebut memiliki catatan akademik terbaik.

"Dia memiliki nilai fenomenal," ujar staf penerimaan mahasiswa baru Waterloo, Andre Jardin kepada penyiar CTV.

"Dia sepenuhnya siap secara akademis. Yang harus kami sampaikan adalah kenyataan dia adalah seorang anak 12 tahun," imbuh Jardin.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, Teuku Faizasyah mengaku bangga atas prestasi Diki. Universitas Waterloo merupakan salah satu universitas terbaik di Kanada, dalam hal pengembangan riset dan teknologi.

"Saya bangga dan seluruh rakyat Indonesia harus bangga atas prestasi Diki ini. Yang saya ketahui Universitas Waterloo ini perguruan terbaik di Kanada untuk ilmu pasti. Untuk masuk perguruan tinggi tersebut angka matematikanya harus di atas rata-rata," ujar Teuku Faizasyah saat berbincang melalui sambungan telepon.

Universitas Waterloo menurut Teuku memiliki standar tinggi dalam penyaringan mahasiswanya. Pihak kampus sendiri melihat Diki sebagai anak dengan potensi dan bakat yang luar biasa, khususnya dalam bidang sains.

"Kita merasa bangga sekali lagi. Saya sudah pernah berkunjung ke Waterloo dan saya mengetahui bagaimana kompetitifnya di sana. Pihak kampus melihat potensi sumber daya yang luar biasa dari dia," kata Teuku. (R4/Medanbisnisdaily))

  BeritaTerkait
  • Diki, Bocah Indonesia Baru Berusia 12 Tahun Sudah Jadi Mahasiswa Termuda di Universitas Waterloo

    3 tahun lalu

    Ontario(Pelita Batak):  Ada pemandangan istimewa saat proses perkuliahan di Universitas Waterloo, Ontario, Kanada, dimulai pada bulan September 2016 ini.   Di antara sekian banyak

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Hebat.....Putra Batak Rikoh Manogar Siringoringo Jadi Pembuka Jalan Selam Ilmiah

    3 tahun lalu

    SETELAH puluhan tahun berlangsung di Indonesia, kegiatan penyelaman ilmiah mulai mendapat jalan untuk proses standardisasi. Pembukanya adalah Rikoh Manogar Siringoringo, orang Indonesia pertama yan

  • Effendi Simbolon Silaturahmi ke Kelompok Cipayung Plus Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon bersilaturahmi dengan para pimpinan kelompok Cipayung Plus Sumatera Utara (Sumut) di Medan, Kamis (31/8/2017).Effendi Simbolo

  • JTP, Memang"GILA"

    tahun lalu

    Oleh: JJ. Tobing, SEPada saat acara "Syukuran & borhat borhat" di Desa Simatupang, Muara, beberapa waktu yang lalu;  Ibu Neny Purba atau Nyonya JTP didaulat memberi kata sambutan, dimana seba

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb