• Home
  • Pariwisata
  • Wisata Makam Boru Lopian dan Sisingamangaraja di Parlilitan Butuh Perhatian
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 02 September 2016 16:52:00

Wisata Makam Boru Lopian dan Sisingamangaraja di Parlilitan Butuh Perhatian

BAGIKAN:
Parlilitan (Pelita Batak) :

Mulai dari Makam Boru lopian dan Makam Sisingamangaraja serta penasehatnya dan para panglimanya butuh perhatian. Kini terlihat kurang terawat yang semestinya harus dikembangkan.

Makam putri Lopian (Boru Lopian dalam bahasa Batak) yang terletak di Desa Sibulbulon (sionom hudon sibulbulon) berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Parlilitan dan 62 kilometer dari pusat kota Kabupaten Humbanghasundutan Doloksanggul.

Makam ini memiliki legenda sejarah yang harus di lestarikan dan dijaga hingga pengembanganya. Legenda yang hingga kini perlu pengembangan hingga meluruskan cerita rakyat tentang makam ini.

Seperti di ketahui Putri Lopian merupakan anak dari sisingamangaraja XII yang meninggal dunia pasca perang melawan belanda akibat tertembak.

Makam Putri Lopian di Desa Sibulbulon di resmikan oleh Gubernur Dumatera Utara WP Tambunan Tahun 1982 silam, dilokasi yang sama juga terdapat lokasi makam Sisingamangaraja dan Panglima Sisingamangaraja yang bernama Tengku Ajib Tinambunan dan penasihat sisinga mangaraja Parbunga Tumanggor.

Lokasi ini sangat Berpotensi sekali untuk dikembangkan disamping Merupakan Lokasi Markas sisingamangaraja yang masih berdiri kokoh di desa tersebut namun butuh pengembanganya.

"Untuk itu masyarakat Parlilitan khususnya Desa Sibulbulon berharap baik ke Pemerintah Kabupaten Humbanghasundutan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bidang Pariwisata dan khususnya Menteri Pariwisata Republik Indonesia agar turut serta membangun dan mengembangkan wisata ini," uacap Saut Tumanggor (RPB 1)
  BeritaTerkait
  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    2 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Putra Batak Djalan Sihombing SH: Wujudkan Wisata Terpadu di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak): Dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, 13 Juni 2016, semakin banyak yang peduli Danau Toba. Perantau s

  • Ada Jalan Longsor, Hati-hati Melintas di Jalan Parlilitan- Pearaja Humbahas

    8 bulan lalu

    Parlilitan(Pelita Batak): Akibat curah hujan deras yang melanda Parlilitan dua pekan terakhir ini. Bukan hanya menyebabkan sejumlah aktifitas warga terganggu tetapi  juga mengakibatkan jalan Parl

  • Jejak Persemedian Raja Sisingamangaraja XII

    2 tahun lalu

    Goa yang diyakini sebagai tempat persemedian  Raja Sisingamangaraja XII ditemukan di Desa Sibatu-batu, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas. Lokasinya tak jauh dari Doloksanggul, ibukota peme

  • Konsultasi Nasional (Konas) XII Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia (JKLPK Indonesia) Digelar di Samosir

    2 tahun lalu

    Samosir(Pelita Batak): Konsultasi Nasional (Konas) JKLPK XII, Kamis,3 November 2016, diawali dengan pawai budaya nusantara dengan peserta sekitar 300 orang. Peserta  terdiri dari utusan masing

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet