Sabtu, 10 Juni 2017 16:16:00

Tanjung Balai Andalan Sumatera Utara Jaring Wisman

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Ilustrasi
Tanjungbalai (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, Jumat (09/06/2017),  mengatakan Kota Tanjung Balai menjadi andalan Sumatera Utara dalam menjaring  wisatawan mancanegara (wisman). Kota Tanjung Balai yang hanya berjarak 3 jam  berkendaraan ferry dari Malaysia diharapkan ikut mendongkrak jumlah kunjungan wisawatan asing di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat mengunjungi Kota Tanjung Balai dalam acara Safari Ramadhan di Kediaman Dinas Wali Kota Tanjung Balai, Jumat (09/06/2017) malam. Hadir Ketua  TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi, Walikota Tanjung Balai M Syahrial bersama istri, unsur FKPD Kota Tanjung Balai, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para ulama.

"Target pemerintah kunjungan wisman harus meningkat, Sumut ditargetkan satu juta kunjungan wisman. Tidak ada kata lain Tanjung Balai menjadi andalan bagi Sumut untuk menjadi pintu masuk wisatawan asing," kata Gubsu Erry.

Apalagi, dikatakan Erry, pembangunan pelabuhan penumpang Teluk Nibung di Tanjungbalai sudah dibangun dan akan selesai dalam waktu dekat. "Tanjung Balai diproyeksikan menjadi pintu gerbang wisatawan asing sehingga harus dimanfaatkan dengan baik," kata Erry. Dia menjelaskan bahwa di Sumut hanya ada tiga pintu masuk bagi wisatawan asing yaitu Bandara Udara Kualanamu, Pelabuhan laut Belawan dan Tanjung Balai. Rencananya, pintu masuk wisman ditambah satu lagi yaitu Bandara Udara Silangit.

Gubsu berharap keterlibatan investor dalam membangun berbagai  fasilitas untuk mendukung pembangunan pariwisata di Tanjung Balai seperti restoran, hotel dan lainnya. "Sehingga pada hari Sabtu Minggu Tanjung Balai bisa dibanjiri turis asing," harap Erry.

Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial, mengatakan pihaknya tengah mengembangan destinasi wisata baru yaitu Pulau Besusen di Kecamatan Datuk Bandar Timur. "Dengah mejarak tempuh 3 jam dari Tanjung Balai menuju pelabuhan Portklang Malaysia, sangat memungkinkan masyarakat Tanjung Balai melakukan interaksi sosial. Kami menciptakan destinasi wisata Pulau Besusen sebagai mana harapan Gubsu," jelas Syahrial.

Pada awal tahun 2017 pihaknya meresmikan destinasi wisata air di Pulau Besusen dengan luas 22 ha berlokasi Kecamatan Datuk Bandar Timur. Kami harap wisatawan lokal dan mancanegara bisa berkunjung ke pulau tersebut.

Turut hadir mendampingi Gubsu Kepala Dinas Pajak dan Retribusi Daerah Sarmadan, Kepala Perpustakaan Daerah Ferlin Nainggolan, Kepala Dinas Pariwisata Provsu Elisa Marbun, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Alwin Sitorus, Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Aspan Sofian,Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu Bondaharo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM M Zein, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus, Kepala Biro Binsos M Yusuf dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Faisal Hasrimy.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan santunan kepada alim ulama, Badan Kenaziran Masjid dan anak yatim piatu.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Mess Korem di Danau Toba Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

    5 bulan lalu

    Parapat (Pelita Batak) :Mess Korem 022/PT yang diresmikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Selasa (23/05/2017) malam, letaknya bersebelahan dengan Mess Pora-pora Tengku Riz

  • Menko Luhut Panjaitan Tegaskan Sapu Bersih KJA di Danau Toba

    tahun lalu

    Keramba ikan tidak boleh ada lagi di Danau Toba. Karena itu bisa merusak kualitas air. Begitu juga Toba Pulf jangan sampai merusak lingkungan di sekitar Danau Toba. Karena itu, masyarakat juga kita harapkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindun

  • Warga Kawasan Danau Toba Diminta Tidak Palak Wisatawan

    tahun lalu

    Saya masih mendengar ada wisatawan mancanegara yang di palak dengan dikenakan ongkos yang tidak sesuai tarif. Ini tidak boleh terjadi lagi. Mari kita kedepankan pelayanan dan kenyamanan,”

  • Aduh! Bentrok Antarwarga Pecah di Tanjung Balai

    tahun lalu

    Sejumlah tempat ibadah yakni vihara dan kelenteng rusak dan terbakar. Selain itu, juga terjadi aksi lempar batu antarwarga saat bentrok antar warga pecah di Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut).

  • Poldasu Drop Tambahan Personel ke Tanjung Balai

    tahun lalu

    Pascabentrok antarwarga di Tanjung Balai, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan personel untuk pengamanan. Jumat (29/7/2016) malam terjadi bentrok hingga pembakaran tempat ibadah akibatnya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online