• Home
  • Pariwisata
  • Safety Bidang Pariwisata Simarjarunjung Perlu Perhatian
Sabtu, 30 Desember 2017 07:06:00

Safety Bidang Pariwisata Simarjarunjung Perlu Perhatian

BAGIKAN:
Djalan Sihombing
Objek wisata Simarjarunjung
Laporan Djalan Sihombing SH

Simarjarunjung(Pelita Batak): Unsur Sapta Pesona pariwisata Indonesia adalah keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan.

Program Sapta Pesona merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam program-program pembangunan kepariwisataan sebagai sektor andalan penerimaan devisa Nasional.

Dikatakan aman apabila  suatu kondisi lingkungan destinasi wisata yang memberi rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan wisatawan; daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang membuat nyaman wisatawan dalam melakukan kunjungan;  dan menolong, melindungi, menjaga, memelihara, memberi dan meminimalkan resiko buruk bagi wisatawan yang berkunjung.

Bertitik tolak dari persyaratan safety (rasa aman) tersebut, keadaan rasa aman pariwisata di sekitar Simarjarunjung masih jauh dari harapan. Tanda-tanda potensi bahaya belum ada di lokasi. Petugas pariwisata belum terlihat, misalnya memakai baju atau tanda-tanda tertentu. Jalan  di lokasi masih banyak yang belum beraspal dan tidak ada rambu-rambu lalu lintas. Bila hujan, akan berbahaya bagi pengunjung dan kenderaaan.

Tempat-tempat pengambilan foto yang dibandrol antara Rp 5000 sampai Rp 20.000 sangat membahayakan. Ada tempat pengambilan foto yang digantung seadanya. Untuk naik ke atas masih pakai tangga darurat dari kayu atau besi yang tidak permanen. Tangga dipindah-pindah, dan sangat mengganggu pengunjung yang lewat. 

Carolyn dan Ribka, pengunjung yang masih duduk di SD, ketakutan naik ke tempat pengambilan foto yang disediakan. Takut naik tangga dan melihat jurang sekitar lokasi, apalagi pembatas ke jurang belum memadai.

Pemandu di lokasi belum kelihatan, sehingga bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan, para pengunjung tidak tau melapor ke mana.

Diharapkan, penanganan safety menjadi salah satu perhatian BODT atau Dinas terkait pariwisata.(*)
  BeritaTerkait
  • Daebak ! Inilah Sepuluh Aplikasi Kota Pintar di Kota Seoul Metropolitan

    3 bulan lalu

    Ditulis ulang: Flemming PANGGABEANSmart City atau kota pintar  merupakan sebuah konsep perkotaan yang sudah banyak diterapkan di negara maju di dunia seperti Denmark, Belanda, Dubai, Amerika Seri

  • Putra Batak Djalan Sihombing SH: Wujudkan Wisata Terpadu di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak): Dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, 13 Juni 2016, semakin banyak yang peduli Danau Toba. Perantau s

  • Kaldera Toba Anugerah Tuhan yang Luar Biasa, Ignasius Jonan Resmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Parapat

    3 bulan lalu

    Parapat(Pelita Batak): Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan Dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba, di Kabupaten Simalungu

  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    2 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Wisata Makam Boru Lopian dan Sisingamangaraja di Parlilitan Butuh Perhatian

    2 tahun lalu

    Parlilitan (Pelita Batak) : <br></br> Mulai dari Makam Boru lopian dan Makam Sisingamangaraja serta penasehatnya dan para panglimanya butuh perhatian. Kini terlihat kurang terawat yang semestinya harus dikembangkan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet