• Home
  • Pariwisata
  • Patut Ditiru, Danau Toba dan Banyuwangi Berkolaborasi Perkuat Pariwisata
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 02 September 2018 21:35:00

Patut Ditiru, Danau Toba dan Banyuwangi Berkolaborasi Perkuat Pariwisata

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Bayuwangi (Pelita Batak):
Apa jadinya jika dua destinasi utama pariwisata di Indonesia berkolaborasi. Hal inilah yang dilakukan oleh Danau Toba dan Banyuwangi.

Kolaborasi ini ditandai dengan kehadiran Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ke Pulau Samosir, Sabtu-Minggu (1-2/9).

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menjelaskan, kunjungan Bupati Anas ke Samosir adalah tindak lanjut dari kunjungan jajaran Pemkab Samosir ke Banyuwangi pada pertengahan Maret 2018 lalu. Kini beragam kolaborasi antara 2 daerah tersebut tengah disusun lewat sebuah perjanjian kerja sama.

"Kami senang karena Banyuwangi bersedia berbagi pengalamannya ke Samosir. Tidak hanya masalah pariwisata, namun pelayanan publik lainnya, karena di sana ada Mal Pelayanan Publik yang sangat efektif melayani warga," kata Rapidin.

Untuk itu, Rapidin menggelar forum pengembangan daerah yang diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Samosir. Forum ini menghadirkan narasumber Bupati Anas. Seluruh pengalaman mengembangkan pariwisata di Banyuwangi dipaparkan secara gamblang oleh Bupati Anas.

Mulai dari membuka mobilitas udara, peningkatan amenitas alias fasilitas penunjang wisata, penataan SDM, partisipasi rakyat dalam pariwisata, hingga memacu beragam atraksi seni-wisata.

"Sengaja kami buatkan forum agar virus kreatif Banyuwangi bisa menyebar ke jajaran kami. Sehingga bisa berinovasi mengembangkan layanan publik dan pariwisata daerah kami," ujar Rapidin.

Sedangkan Bupati Banyuwangi Azwar Anas memuji keindahan Pulau Samosir berikut Danau Toba. Menurutnya, sangat tepat bila pemerintah pusat menetapkan kawasan Danau Toba sebagai prioritas pengembangan pariwisata.

"Danau Toba dengan keunikan Pulau Samosir mampu menggambarkan keindahan alam Indonesia. Pantaslah disebut sebagai kepingan surga. Dukungan pemerintah pusat ke kawasan Toba ini sangat tepat. Saya juga belajar tentang pariwisata di Danau Toba yang tersohor dan menjadi kebanggan Indonesia ini. Target 1 juta wisman ke Danau Toba pasti bisa terwujud dengan pesona yang luar biasa ini," pujinya. 

Anas berharap, kolaborasi yang telah dijalin ini bisa memberi manfaat bagi kedua daerah. Apalagi Danau Toba dan Banyuwangi kini masuk delapan destinasi prioritas pengembangan wisata pemerintah pusat.

"Saya berharap pelaku wisata kedua daerah bisa berkolaborasi menggaet wisatawan. Apalagi menuju Banyuwangi dari Samosir juga relatif mudah. Ada lima kali direct flight dalam sehari rute Jakarta-Banyuwangi. Saya yakin kolaborasi ini bisa diwujudkan," tambah Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Anas diangkat menjadi warga kehormatan warga Samosir. Hal ini ditandai dengan pengalungan kain Ulos bersama sang istri, Ipuk Fiestiandani, oleh Bupati Rapidin. Selain itu Anas juga diajak memberangkatkan peserta balap sepeda Grand Fondo New York (GFNY) di Samosir.

Menteri Pariwisata Arief menyambut baik kerjasama tersebut. Menpar yakin kerjasama tersebut akan mempercepat progres pengembangan pariwisata Danau Toba. Terlebih pembelajaraannya langsung dari sumbernya yaitu Bupati Azwar Anas. 

Ditangan Anas kini Banyuwangi telah bertransformasi menjadi sebuah daerah yang sukses mengembangkan pariwisatanya.

"Ini merupakan salah satu bukti spirit Indonesia Incorporated. Semua mempunyai goal yang sama. Semua bahu membahu bekerjasama menjadikan pariwisata sebagai leading sektor ekonomi bangsa. Spirit menjadikan Indonesia menjadi negara yang terbaik di industri periwisata, itu kuncinya," ujar Menpar Arief Yahya.(*|TAp)
  BeritaTerkait
  • Taput Gelar Pagelaran Kesenian di PRSU, Dr RE Nainggolan MM : Tidak Ada Pemimpin yang Sempurna

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara periode 1999-2004, Dr RE Nainggolan MM, mengatakan tidak ada pemimpin atau manusia yang sempurna. Namun dengan dukungan semua masyarakat, pemimpin aka

  • Tobatak Festival Kembali akan Digelar di Open Stage Tuk Tuk Siadong

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tobatak Festival adalah sebuah pagelaran konser musik yang melibatakan beberapa artis baik  dari Eropa maupun daerah dan akan mengutamakan musik/lagu Batak.  Pagelaran

  • 27 Agustus di Open Stage Tuk Tuk Siadong Digelar Samosir Music International Austrian Batak Rock

    2 tahun lalu

    Austrian Batak Rock, merupakan suatu nama yang diciptakan untuk menggambarkan jenis pagelaran musik konser yang akan diadakan di Tuk Tuk Samosir, pada bulan Agustus ini. Secara tidak langsung penyebutan itu, telah mengesankan bahwa akan mendatangkan arti

  • Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK bidang Perekonomian: Pondasi Ekonomi Bagus Jadi Modal Dasar

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):  Menko Darmin Nasution menegaskan, ekonomi Indonesia terus menunjukkan perbaikan yang menggembirakan. Hal itu ditunjukkan dari berbagai indikator ekonomi, antara lain: kem

  • Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

    6 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk meng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb