KSP Makmur Mandiri
Jumat, 16 Maret 2018 06:25:00

PRSU 2018 Siap Meriahkan Kota Medan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Mulai akhir pekan ini, Kota Medan bakal lebih meriah. Lebih berwarna. Pasalnya, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2018 siap digelar. Tepatnya 16 Maret sampai 16 April 2018. Event akbar ini berlokasi di arena PRSU Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan.

"Semua sudah diset. Semua sudah ready. Kota Medan sudah tidak sabar menyambut kemeriahan PRSU 2018. Dan pasti tahun ini akan lebih meriah," kata Dewi Rosayanti Syam, yang akrab disapa Rosa, Presiden Direktur PT Malik Ghonniyu Razaak, saat press conference di Le Polonioa Hotel Medan.

Tahun ini, PRSU didukung 4 Kementerian Republik Indonesia. Yakni Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Segudang artis nasional juga telah diplot sebagai pengisi panggung hiburan. Ada Govinda, Sheila On7, New Trio Macan, Tipe-X, dan Wali. 

Belum lagi artis lokal Sumut, band musik, ada DJ Competition, Stand Up Comedy Competition. Serta tidak lupa lomba edukasi untuk anak-anak, lomba pemilihan Putra Putri PRSU 2018. Selain itu, masih banyak lagi acara meriah lainnya untuk menghibur pengunjung.

"Kami ingin menggelar event yang berkualitas. Tidak asal-asalan. Selain itu juga akan mengundang orang datang ke sini sehingga berdampak pada arus penerbangan (flight) serta meningkatkan hunian hotel," jelasnya.

Pameran yang masuk dalam 100 event premiere nasional 2018 Kementerian Pariwisata, memang paten. Berbagai stand dari kabupaten/ kota siap tampil di pameran tersebut. 

Mereka akan menawarkan hasil produksi serta keunggulan daerah masing-masing. Ditambah pameran lainnya seperti, pariwisata, pertanian, industri dan otomotif. Peserta dari luar Sumatera Utara juga bakal unjuk gigi.

"Kesuksesan PRSU tahun ini bukan hanya dari jumlah pengunjung, melainkan transaksi yang terjadi dan signifikan bagi partisipan. Baik itu swasta maupun perwakilan kabupaten-kota di Sumut. Sehingga berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Sumut," ujar Rossa.

Agar kegiatan semakin sukses, penyelenggara menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Penyeleggara berharap GIPI membantu proses promosi investasi pariwisata dan perdagangan di Sumut. Termasuk merencanakan menggelar seminar tentang investasi pariwisata dan perdagangan Sumut.

Hal ini sesuai dengan penegasan Ketua Pelaksana CoE 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti beberapa waktu lalu. Esthy mengatakan, event ini secara khusus bermanfaat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang di wilayah Sumut. Baginya, agenda promosi seperti ini akan membuka peluang bagi mereka.

"Tahun ini PRSU 2018 mengusung tema PRSU Paten dan sub tema Mari Tingkatkan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan di Provinsi Sumatera Utara. Dengan kata lain, acara ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan pada masyarakat Sumatera Utara itu sendiri," ujar Esthy.

Dijelaskannya, PRSU 2018 kurang lebih diikuti 320 peserta. "Harapan kami, peserta dari 33 kabupaten/kota di Sumut mampu merangkul calon-calon investor untuk membangun perekonomian di masing-masing kabupaten tersebut," imbuh Esthy.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya semakin confidence pariwisata Sumut akan semakin berkembang. Potensi pariwisata Sumut yang luar biasa harus terus di promosikan melalui event-event besar seperti ini.

"Aksesibilitas sudah semakin baik. Medan punya Bandara Kualanamu yang megah. Amenitasnya juga semakin ok. PRSU akan menjadi trigger untuk destinasi lain di Sumut. Sukses untuk acara PRSU di Medan. Salam Pesona Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya. (*)
  BeritaTerkait
  • Kredibilitas KPU RI untuk Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumut Jangan sampai Diragukan

    2 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Beberapa hari sudah berlalu, Pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Kabupaten Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di 26 Kab/Kota di Sumatera Utara Periode 2018-2023. Melihat kondisi

  • Humbang Hasundutan Tampilkan Andaliman di PRSU

    7 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): PRSU ke-47 telah dibuka secara resmi Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi bersama Staf Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Hortikultura Easty Reko Astuti dan Kepala Daerah se-Sum

  • Mari Meriahkan dan Dukung MTQ N XXVII di Sumut

    3 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk menyambut kegiatan ini dengan meriah  MTQN XXVII dan menunjukkan keramahtamaha

  • Musprov KONI, Sumut Miliki Tekad Besar Tuan Rumah PON 2024

    2 tahun lalu

    Berastagi (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) kepengurusan periode 2012/2016 di Grand Mutiara Hotel, Berastagi,

  • Sumut Siap Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2018

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mendukung penuh usulan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 diadakan di Sumatera Utara. Penyelenggaraan even berkelas na

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb