KSP Makmur Mandiri
Selasa, 25 Oktober 2016 10:57:00

PHR Kota Medan Tampilkan Kesenian Simalungun

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Panggung Hiburan Rakyat yang mementaskan budaya Simalungun

Medan (Pelita Batak) :
Panggung hiburan rakyat yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menampilkan kesenian dan kebudayaan Simalangun di Jalan Bukit Barisan (seputaran Lapangan Merdeka), Sabtu (22/10/2016) malam. Meskipun gerimis mengguyur, event ini tetap berjalan meriah dan dipadati ratusan pengunjung. Selain dapat menikmati seni dan tari, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner khas Simalungun.

Penyelenggaraan panggung hiburan ini diharapkan dapat memberikan nuansa keharmonisan semua etnis di Kota Medan yang berjumlah 14 etnis, yaitu etnis Melayu, Karo, Tabagsel, Toba, Tapteng, Simalungun, Nias, Jawa, Dairi, Minang, Aceh, Cina, Arab dan India.

Event yang rutin diadakan setiap akhir pekan ini turut dihadiri Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, DPD RI perwakilian Sumut Parlindungan Purba, Pimpinan SKPD Pemko Medan, tokoh masyarakat Simalungun, Serta masyarakat Kota Medan.

Dalam rangkaiannya, event ini menampilkan berbagai macam kesenian, diantaranya Tarian Simalungun Tolu Sahundulan Lima Saodoran, Tor-Tor Haloan Bolon, penampilan artis cilik Genio Saragih, finalis The Voice Kids Indonesia Geisha Sihotang, Widia Garingging, Indah Br Sinaga, serta Dorma Band dan Jion Band yang menyanyikan lagu-lagu Simalungun.

Event ini juga dipandang mampu meningkatkan silaturahmi. Diantaranya, para pejabat daerah dengan masyarakatnya. Tampak Eldin, Akhyar, dan Parlindungan, berbaur dengan masyarakat, manortor bersama masyarakat menikmati panggung hiiburan rakyat tersebut.

Sebagai tanda kehormatan, masyarakat Simalungun memberikan seperangkat pakaian adat simalungun, lambang-lambang tradisi Simalungun atau istilah lainnya disebut juga pemberian hio pamoti kepada Walikota Medan, Wakil Walikota Medan, dan DPD RI perwakilan Sumut, yang diiringi dengan lagu odang-odang.  

Eldin menjelaskan, even ini digelar dalam rangka menggeliatkan kembali pariwisata di Kota Medan. Di samping itu sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan, sekaligus mengajak masyarakat, terutama para generasi  muda agar mereka mengetahui bahwa seni maupun budaya dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan masih tetap terjaga dengan baik sehingga mereka terpanggil untuk mencintai sekaligus melestarikannya.

“Even ini diharapkan bisa membangkitkan kembali khasanah budaya kita. Dengan demikian para generasi muda kita akan mengetahui dan semakin mencintai seni dan budaya etnis-etnis yang ada di Kota Medan,” jelas Eldin.

Sementara Parlindungan Purba yang bertepatan berulang tahun ke 53 pada hari itu, sangat mengapresiasi Pemko Medan yang telah memfasilitasi event ini hingga berjalan baik, dan mengajak seluruh masyarakat, khususnya simalungun untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan Pemko Medan didalam memajukan pembangunan di Kota Medan.

“Ini menunjukkan bahwa pemko medan sangat peduli pada budaya sumatera utara, yang memiliki keanekan ragaman budaya. Mari kita bersama-sama membantu Pemko Medan didalam membangunn kota yg kita cintai ini”, ungkapnya.

Disamping itu, Plt Kadis pariwisata Kota Medan Hasan basri mengatakan, event ini akan digelar rutin setiap malam Minggu, mulai pukul 19.00 sampai 24.00 WIB. Ia juga akan terus melakukan  evaluasi agar event ini benar-benar menarik, sehingga mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara, termasuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polresta Medan agar even ini tidak mengganggu kenyamanan masyarakat berlalu-lintas.

“Event ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pariwisata di Kota Medan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan, sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintainya. Terutama para generasi muda agar mengetahui bahwa seni maupun budaya dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan masih tetap terjaga dengan baik sehingga diharapkan mereka terpanggil untuk mencintai sekaligus melestarikan kebudayaan yang khas dari Sumatera Utara," jelas Hasan.(TAp)

 

  BeritaTerkait
  • Ini Dia Kegiatan Pengurus Daerah FBBI Selama 2016

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) merilis kegiatan pengurus daerah yang telah dilaksanakan sebagai berikut di bawah ini.   a. DPD FBBI Provinsi Riau.

  • Menunggu Karnaval Khatulistiwa di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Cerita “Super Volcano Geopark” Danau Toba yang sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya bakal “terulang.” Kalau zaman

  • Akhyar Nasution Minta Setiap SKPD Dukung Pelaksanaan Panggung Hiburan Rakyat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah Kota Medan telah menggelar kegiatan Panggung Hiburan Rakyat sebanyak dua kaali di seputran lapangan Merdeka Medan. 'Pesta rakyat' yang dirancang sedemikian rupa di setiap malam penampilan disuguhkan budaya salah

  • Marsiaman Saragih Apresiasai Rondang Bintang Panggung Hiburan Rakyat

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panggung hiburan rakyat yang menampilkan etnis Simalungun dengan mengusung Malam Simalungun Rondang Bintang di Jalan Bukit Barisan berlangsung dengan suskes, Sabtu (5/11/2016). Ratusan pengunjung ter

  • Kadis Pariwisata Medan, Budi Hariono : Panggung Hiburan Rakyat Kota Medan Kembali di Gelar

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Panggung hiburan rakyat Kota Medan akan kembali digelar dengan nama Panggung Seni dan Budaya (PSB) Kota Medan, hal ini diselenggarakan untuk mengobati kerinduan masyarakat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet