• Home
  • Pariwisata
  • Menuju Daerah Tujuan Wisata, Siregar Aek Nalas Siap Ditata
KSP Makmur Mandiri
Senin, 22 Juli 2019 17:54:00

Menuju Daerah Tujuan Wisata, Siregar Aek Nalas Siap Ditata

BAGIKAN:
Maria | Pelitabatak
Helen Siregar pengusaha kuliner lokasi wisata Siregar Aek Nalas berharap pemerintah bersedia menata lokasi wisata didaerah itu.
Balige (Pelita Batak):
Skala nasional sektor pariwisata mampu mendulang PAD diurutan keempat setelah migas. Hal itu seperti ditegaskan data Kementrian Pariwisata RI. Menteri Pariwisata Arief Yahya ditengah kunjungan kerjanya ke Tapanuli Raya  mengatakan salah satu sasaran Destinasi Pariwisata Danau Toba adalah Siregar Aek Nalas. 

Diharapkan masih dikatakan dia dengan seiring pesatnya jaringan informasi lewat media sosial akan merangsang daerah daerah lain berinovasi mengembangkan potensi obyek wisatanya seperti yang ada di Bali.

"Untuk wilayah Danau Toba pesona paket wisata terindah dan eksotis berada di sepanjang bibir pantai," tandasnya.

Sementara dikatakan juga oleh dia obyek wisata  seperti Lumban Bulbul, Pasir Putih Sunset Beach Lumban Gaol, Pantai Pangkodian, Meat, Pantai Pasifik adalah sasaran lokasi wisata di Toba Samosir dan menjadi  kawasan wisata berkembang. 

"Dikawasan itu sudah mulai muncul brand wisatawan , mulai dari montain wisata, bahari ,agro wisata,wisata kuliner serta wisata budayanya," ujarnya.

Namun  dikatakan anggota DPR terpilih Torang Hamonangan Sitorus  untuk obyek wisata di Kabupaten  masih perlu sentuhan ekstra.

Dari hasil monitoring di sejumlah lokasi obyek wisata di Kabupaten Tobasa Toba Samosir disampaikan politisi partai Perindo  ini diperlukan perencanaan yang lebih matang. Terutama peningkatan akses infrastruktur menuju paket wisata lokal dan wisata didaerah tetangga.

"Lingkar wilis secepatnya diwujudkan. Ini satu cara strategi untuk menstimolir wisatawan lebih mudah menikmati panorama wisata alam di Siregar  Aek Nalas," katanya.

Capaian itu ditegaskannya tentunya tidak terlepas dari campur tangan pemerintah dalam sisi peningkatan sarpras obyek wisata. Tak kalah pentingnya peran kelompok pelaku seni dan budaya lokal harus dilibatkan dalam rangka untuk menarik wisatawan domestik maupun asing lebih nyaman dan berkesan.

"Obyek wisata Pantai Pasifik dan Pasir Putih disekitar Siregar Aek Nalas  harus dioptimalkan.Tentunya ada sentuhan baru yang bisa menambah daya tarik wisatawan. Sediakan fasilitas penginapan yang cukup,suguhan kuliner dan kerajinan khas lokal dan tak kalah pentingnya sesering mungkin diisi even atau festival kesenian yang digelar dilokasi obyek wisata," paparnya.

Dari catatan Dinas Pariwisata bahwa wisata Siregar Aek Nalas Kabupaten Toba Samosir masuk katagori tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. "Peran pemerintah daerah sangat diperlukan," ujarnya mengakhiri. (Sitorus Mel)
  BeritaTerkait
  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    4 minggu lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Rencana Pembangunan Kawasan Danau Toba dan Peluang Masyarakat Adat Diseminarkan di Parapat

    3 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak): KSPPM, BAKUMSU, CAPPA dan Sajogyo Institute bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) dan Kantor Staf Presiden (KSP) menyelenggarakan seminar

  • Gubernur Berharap IPK Pengawal Terdepan Bagi Kebhinnekaan dan Kemajuan Indonesia

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengatakan organisasi kepemudaan atau organisasi masyarakat yang ada merupakan garda terdepan dalam memajukan daerah, menjaga keamanan serta

  • Festival Kuliner 2017 Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Festival Kuliner 2017 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (6/7). Keberagaman dan kelezatan kuliner yang berasal dari percampuran

  • Pembangunan 10 Bali Baru, Presiden Jokowi Minta Gubernur dan Bupati Gotongroyong

    satu bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, dari pengamatan yang didapatkannya di lapangan terkait pembangunan 10 destinasi wisata Bali Baru, terdapat beberapa masalah yang haru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb