• Home
  • Pariwisata
  • Kejar Target Kunjungan Wisman, Silangit Jadi Bandara Internasional
Selasa, 13 Juni 2017 15:52:00

Kejar Target Kunjungan Wisman, Silangit Jadi Bandara Internasional

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak) :
Komitmen pemerintah untuk pengembangan kawasan Danau Toba, Sumatera Utara akan semakin nyata di tahun 2017 ini. Dimana Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan Bandara Silangit, Tapanuli Utara, akan menjadi bandara internasional pada tahun ini. Peningkatan aksesibilitas menuju kawasan in dinilai sangat penting.

"Bandara Silangit tetap tahun ini akan kita jadikan bandara internasional," kata Arief ditemui usai Rapat Koordinasi Pengelolaan Danau Toba di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (12/6/2107) dikutip dari Tenmpo.co.

Sebelum ditetapkan sebagai bandara internasional, landas pacu Bandara Silangit yang saat ini berukuran 2.400 x 30 meter itu akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter untuk mengokomodasi pesawat jenis Boeing 737-800 agar bisa mendarat dan terbang dari bandara tersebut.

Pengembangan bandara dinilai mampu mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara hingga 20 juta orang pada 2019.

"Yang sudah confirmed kemarin Sriwijaya Air yang mau terbang dari Singapura. Sekali kita dapat dari Singapura, kita bisa dapat dari mana-mana karena Singapura itu hub," katanya.

Lebih lanjut, Arief mengatakan progres pembangunan menuju kawasan Danau Toba seperti jalan tol Medan-Tebing Tinggi juga masih sesuai jadwal.

"Ya kalau mundur tidak sampai enam bulan. Sudah pasti pada track-nya (sesuai jadwal)," katanya.

Arief menambahkan banyak investor dari dalam dan luar negeri yang berminat untuk menanamkan modal di lokasi tersebut.

Sejumlah investor yang berminat itu di antaranya berasal dari Singapura dan China yang tengah getol berinvestasi di sektor pariwisata.

"Investor sudah banyak yang mau masuk. Tapi mereka mensyaratkan agar jalan menuju zona otoritanya diperbaiki. Tapi poinnya investor sudah banyak yang mau masuk," tukasnya.

Danau Toba di Sumatera Utara menjadi salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Morotai di Maluku Utara, Tanjung Lesung di Banten, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Kawasan Bromo Tengger di Jawa Timur.(TAp|T)
  BeritaTerkait
  • Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman

    11 bulan lalu

    NIAS SELATAN (Pelita Batak) : Pemerintah mulai membidik Pulau Nias sebagai destinasi wisata andalan nasional untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara tahun 2019. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Maritim Luhut B Panjaitan didampingi Ment

  • Pemerintah Evaluasi Fasilitas Bebas Visa Kunjungan yang Diberikan ke 169 Negara

    8 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Pemerintah mengisyaratkan akan mengevaluasi fasilitas bebas visa kunjungan yang telah diberikan kepada 169 negara. Evaluasi terutama ditujukan kepada negara-negara yang tidak

  • Malam Ini Tokoh Sumut Bareng Menpar Arief Yahya Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017

    5 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Bagi yang kangen musik tradisional Batak? Kangen dengan suasana kampung halaman di Sumatera Utara? Ada baiknya menyimak acara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pes

  • Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bersama 8 Kabupaten Launching 17 Kegiatan Pariwisata

    5 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Delapan Kabupaten di Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia merilis 17 kegiatan pariwisata yan

  • Ini Jadwal Pesta Akbar Festival Bunga dan Buah 2017 di Danau Toba

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Agenda heboh bakal tersaji di salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Danau Toba, Sumatera Utara. Salah satunya agenda Calender of Event Pariwisata Danau

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online