Jumat, 12 Agustus 2016 20:22:00

Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

BAGIKAN:

Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

Sejak mekar dari Kabupaten Tapanuli Utara, 13 tahun yang lalu tepatnya tanggal 27 Juli 2003 Sesuai dengan Undang -Undang No 09 Tahun 2003 Tentang Pemekaran Kabupaten Pakpak Barat, Kabupaten Nias Selatan, Dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Provinsi Sumatera Utara.Daerah ini terus menembus batas untuk menggenjot pembangunan daerah.

Pemerintah kabupaten mestinya sadar betul, selain sektor infrastruktur, pertanian dan ekonomi, daerah ini memiliki potensi besar di bidang pariwisata.

Hanya saja, jika mengandalkan APBD kabupaten saja, akan sulit mengelola seluruh potensi yang ada. Turut campur investor untuk mengelola dan memberikan perhatian khususnya untuk sektor pariwisata, itu perlu. Bentuk kerjasama, dengan melibatkan putra daerah yang merantau di seluruh penjuru saat ini.

Berikut ini sejumlah kawasan yang memiliki potensi wisata di Kabupaten Humbahas.

Pertama, di Kecamatan Parlilitan, terkenal di Sionomhudon Desa Pearaja markas Sisingamangaraja, Makam  Putri Lopian dan Panglima Sisingamangaraja. Kecamatan ini memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Simonggo yang Setiap hari minggu atau akhir pekan ramai di kunjungi warga Humbahas dan dari luar daerah.

Kedua, di Kecamatan Baktiraja, dikenal dengan indahnya panorama Danau Toba, lembah yang indah, Aek sitio tio (Mata Air Raja Sisingamangaraja), Hariara Tukkot (Dikenal dengan sejarah tongkat yang menjadi pohon hidup), Tombak Sulu sulu, Gua bertapa dan Gua tempat bertenun ibundanya Sisingamangaraja. Ada juga air terjun Janji, dan Aek Sipangolu (yang di kenal dengan 'Air Kehidupan'), Pantai Wisata Tipang Mas (yang dikelola Marudut Situmorang/ Boru Sihombing), dan Pulau Simamora Serta Makam Sisingamangaraja.

Ketiga, Kecamatan Paranginan terdapat lokasi wisata Sipincur. Terletak di Desa Pearung, menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan. Bisa memandang jauh ke Danau Toba dan kawasan Kabupaten Tapanuli Utara, Tobasa dan Samosir yang di menyatu dalam panorama indah Danau Toba.

Juga ada Goa Sitabunan, yang berada di Desa Sihonongan. Objek wisata goa dan pemandangan alam disekitarnya sangat indah dan sejuk.

Keempat, di Kecamatan Pollung di kenal dengan keindahan air terjunya dan panatapan yang menjadi salah satu sudut memandang keindahan Danau Toba dari kawasa Parsingguran dan Gua sisingamangaraja di Sibatubatu.

Kelima, di Kecamatan Lintongnihuta terdapat kawasan yang sangat menawan yang terletak di Dolok Pesona dengan pemandangan alam yang menawan serta udara yang sejuk. Tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Humbanghasundutan, DolokSanggul.

Keenam, di Kecamatan Lintongnihuta, Desa Silaban terdapat Danau Silosung dan Danau Sipinggan yang indah dengan cerita legenda yang cukup menarik dan memberikan pesan moral yang bisa menjadi pedoman dan pelajaran hidup.

Danau Silosung masih asri dan airnya berwarna hijau tosca dan Danau Sipinggan yang sudah mulai butuh penataan.

Menurut ceritanya, konon terbentuknya kedua danau ini karena kekuatan gaib. Dua kakak beradik yang bertikai seorang melempar priring (Pinggan) lalu diserang balik oleh yang satu dengan melemparkan Lesung (Losung). Akhirnya lokasi ini menjadi danau yang kini di beri namanya Tao Sipinggan dan Tao Silosung. Untuk mengetahui cerita yang lebih lengkap, akan lebih masuk akal jika bercerita sambil duduk ditepi danau.

Lokasi wisata sejarah ini sangat diminati pengunjung walalupun tergolong masih  terselubung. Sering di pergunakan warga sekitar memancing saban hari.

Dan masih banyak lagi Potensi-Potensi wisata di wilayah Humbanghasundutan yang terselubung dan butuh pengembangan. Pemerintah daerah mestinya memberikan perahtian dengan mempromosikannya.***

  BeritaTerkait
  • Desa Lumban Gaol Desa Pariwisata 2017 Kawasan Danau Toba

    3 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir terpilih sebagai juara utama Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kerapian antar Desa di Pinggiran Danau Toba Tahun 2017. Kebe

  • Toba Cross Run Sipinsur Meriah

    3 minggu lalu

    Humbang Hasundutan (Pelita Batak):Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri even Toba Cross Ru

  • Wisata Danau Toba di Bakara, Humbahas Masih Belum Tertata

    tahun lalu

    Bakara (Pelita Batak): Pemerintah sudah memutuskan penataan wisata Danau Toba dengan membentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT). Seharusnya ini menjadi pendorong bagi

  • Saul Situmorang: Kini Jakarta-Tapanuli sangat Dekat

    tahun lalu

    "Saat ini wilayah Tapanuli sungguh luar biasa, Bandara Silangit sudah ada. Sehingga Jakarta-Humbang Hasundutan sudah sangat dekat. Ditambah lagi terbentuknya badan otorita danau toba. Ini harus kita manfaatkan dengan baik. Jadi diminta kepada pengusa

  • Jejak Persemedian Raja Sisingamangaraja XII

    tahun lalu

    Goa yang diyakini sebagai tempat persemedian  Raja Sisingamangaraja XII ditemukan di Desa Sibatu-batu, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas. Lokasinya tak jauh dari Doloksanggul, ibukota peme

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online