KSP Makmur Mandiri
Senin, 26 September 2016 10:17:00

Hujan Tak Halangi Pengunjung Nikmati Seni & Tari Karo

BAGIKAN:
Istimewa
Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Drs Dzulkifli Sitepu menyematkan uis ke Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution

 

 

Medan (Pelita Batak) :

 

 

 

Meski diguyur hujan deras namun panggung hiburan rakyat yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan tetap berlangsung dengan meriah di Jalan Bukit Barisan, Sabtu malam (24/9/2016). Untuk edisi kedua ini, Disbudpar menyungguh seni dan tari Karo sebagai salah satu etnis yang menghuni Kota Medan.  Even ini mampu memukau ratusan pengunjung yang hadir, terbukti mereka rela basah untuk menyaksikan seluruh pertunjukan hingga berakhir menjelang tengah malam.
 
Panggung hiburan rakyat ini digelar setiap malam minggu, selain untuk melestarikan budaya, event ini diharapkan mampu menggeliatkan pariwisata di Kota Medan sehingga menarik perhatian wisatawan lokal maupun manca negara untuk mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara. Tidak hanya seni dan tari, event ini juga digunakan sebagai wadah untuk memperkenalkan aneka kuliner tradisionil masing-masing etnis yang ada di Kota Medan.
 
Seni dan tari Karo yang ditampilkan untuk mengisi panggung hiburan rakyat mendapat apresiasi penuh dari pengunjung, termasuk sejumlah turis yang melintasi Jalan Bukit Barisa. Mereka terkesima menyaksikan seni, tari dan instrumen lagu-lagu Karo yang disajikan hasil Kreasi DPC Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kota Medan, Pemuda Merga Silima (PMS) Kota Medan serta para lurah berdarah Karo.
 
Berkat hasil racikan mereka, kawasan Jalan Bukit Barisan malam itu tak ubahnya seperti berada di Tanah Karo. Seluruh pengunjuugnyang ada, termasuk Wali Wali kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Kdis Pertamanan, Zulkifli Sitepu, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Hasan Basri, Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting larut dengan pertunjukan yang disajikan.
 
Aneka seni dan tari pun disajikan dengan apik oleh muda-mudi Karo yang tergabung dalam Himka, Simalem Art serta musik yang diplot dengan baik oleh anak-anak Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara. Mulai tarian mejuah-juah, gundala-gundala, roti manis, piso surit serta pecat-pecat seberaya. Selain tari, pengunjung juga dapat menikmati suara emas Trio Alandani yang membawakan lagu-lagu hits Karo.
 
Di samping menikmati seni dan tari, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner khas Karo yang terkenal dengan kelezatannya seperti cimpa (seperti lepat), tasak telu (daun ubi campur ayam), cipera (ayam yang dimasak dengan tepungnjagung), jonglabar (jagung muda) serta gula tuala (gula kelapa).
 
Wakil Wali Kota Medan, ir Akhyar Nasution mengatakan, panggung hiburan rakyat ini akan terus dilaksanakans etiap malam Minggu sebagai upaya Pemko Medan untuk melestarikan kebudayaan. Melalui even ini, Akhyar berharap  masyarakat, terutama para generasi muda dapat mengenal lebih jauh budaya para leluhurnya.
 
"Di samping itu kita membangkitkan kembali pariwisata di Kota Medan. Jika dikemas dengan baik, insya Allah kegiatan ini dapat menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mencanegara. Terbukti sejumlah turis tadi hadir menyaksikan penrtunjukan meski hujan turun. Tinggal bagaimana kita mengemas even ini menjadi pertunjukan yang benar-benar menarik," kata Akhyar.
 
Sementara itu Camat Medan Tuntungan selaku Ketua DPC HMKI Kota Medan, Gelora Kurnia Putra Ginting mengaku sangat mendukung digelarnya panggung hiburan rakyat ini. Sebab, event ini merupakan wadah bagi masing-masing etnis untuk menunjukkan seni dan budayanya, termasuk Karo. Apalagi anggota HMKI saat ini umumnya anak-anak muda yang tengah mencari identitas diri.
 
"Melalui panggung hiburan rakyat ini, mereka tentunya bisa menyalurkan bakat dan kemampuan mereka di bidang seni suara, tari maupun musik. Di samping itu mengajak mereka untuk lebih mengenal budaya Karo, sehingga  semakin tertarik dan mencintainya untuk selanjutnya terus dilestarikan," jelas Gelora.

 

 

 

Sedangkan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Hasan Basri menjelaskan, lokasi panggung hiburan rakyat yang semula dipusatkan di Jalan Pulau Penang kini dipindahkan ke Jalan Bukit Barisan. Pemindahan ini dilakukan dalam upaya untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada saat panggung hiburan rakyat digelar.

 

 

 

 

“Alhamdulillah pemindahan lokasi ini membuat arus lalu-lintas lebih lancar. Itu sebabnya kita putuskan even ini terus dilaksanakan di Jalan Bukit Barisan setiap malam Minggunya. Selanjutnya kita akan melakukan evaluasi kembali sehingga panggung hiburan rakyat ke depan semakin lebih menarik lagi,” ungkap Hasan. (TAp)

 

 

  BeritaTerkait
  • Panggung Hiburan Rakyat Kota Medan di Pulau Penang Gaet Perhatian Warga

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menggelar Panggung Hiburan Rakyat di Jalan Pulau Penang (seputaran Lapangan Merdeka), Sabtu (17/9/2016) malam. Selain menyajikan seni dan aneka tari multi etnis yang ada

  • Seni & Tari Etnis Taput Obati Kerinduan Warga Akan Bona Pasogit

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Atraksi seni dan tari etnis Tapanuli Utara (Taput) yang kali ini mendapat giliran mengisi Panggung Hiburan Rakyat di Jalan Bukit Barisan (sebelah utara Lapangan Merdeka) mampu menyedot perhatian para pengunjung, Sabtu malam (15/

  • PHR Kota Medan Tampilkan Kesenian Simalungun

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panggung hiburan rakyat yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menampilkan kesenian dan kebudayaan Simalangun di Jalan Bukit Barisan (seputaran Lapangan Merdeka),

  • Masyarakat Diajak Saksikan Pertunjukan Seni & Budaya Tapteng Sabtu Malam

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs Hasan Basri MM mengajak warga Kota Medan untuk menyaksik

  • PHR Medan Tampilkan Seni dan Tari 5 Etnis

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pertunjukan tari dan seni dari 5 etnis yang ada di Kota Medan mengisi panggung hiburan rakyat yang digelar Jalan Bukit Barisan Medan, Sabtu (19/11/2016) malam. Atraksi yang ditampilkan para penari maupun penyanyi dari kelima etnis ya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet