• Home
  • Pariwisata
  • Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 pada 26-27 Agustus 2016 Ditargetkan dihadiri 60 ribu Wisatawan
Rabu, 13 Juli 2016 19:00:00

Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 pada 26-27 Agustus 2016 Ditargetkan dihadiri 60 ribu Wisatawan

BAGIKAN:
Ist
Ilustrasi

Medan (Pelita Batak): Dua kementerian (Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kementerian Maritim dan SDA akan menyelenggarakan Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016  pada 26-27 Agustus 2016 di pantai bebas Parapat Kabupaten Simalungun. Ditargetkan dihadiri 60 ribu wisatawan dari 8 negara dan 34 provinsi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kadis Pariwisata Sumut Elisa Marbun dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Sumut, Selasa 12 Juli 2016 di DPRD Sumut.

"Diperhitungkan sedikitnya  60 ribu pengunjung ikut meramaikan festival ini. Meski untuk acara ini dana penyelenggaraan berasal dari pusat, namun Pemprov menyiapkan dana pendamping sekitar Rp1 miliar serta ditambah dana dari 7 kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba," ujar Elisa Marbun. Dijelaskannya, dana pendampingan yang nantinya diusulkan di P-APBD TA 2016 akan dipakai dalam pelaksanaan even seperti sewa kapal, hias kapal dan atraksi budaya serta persiapan penjamuan makan malam tamu kehormatan negara.

"Pemprovsu memang sebagai supporting festival. Jadi ada dana yang dibutuhkan untuk pendampingan acara. Kalau untuk konsep, tamu yang diundang sudah ada Event Organizer (EO) langsung dari pusat," jelasnya seraya menambahkan festival ini akan dibuka Presiden Jokowi.

Diakui Marbun, dana pendampingan tersebut akan didahulukan, karena jadwal pelaksanaan festival sudah dipastikan pada 26-27 Agustus 2016 dikaitkan perayaan  HUT Kemerdekaan RI sesuai konsep presiden yang perayaannya di luar Jakarta secara bergantian. Danau Toba merupakan tuan rumah tahun kedua pelaksanaan yang sebelumnya diadakan di Sungai Kapuas Pontianak Kalimantan Barat pada 23 Agustus 2015.

"Pembahasan acara festival ini masih satu kali pertemuan dan akan ditindaklanjuti pada 18 Juli 2016 dengan dihadiri tim pusat yakni Sekneg (Sekretaris Negara), tim kreatif RI, Gubsu dan 7 Bupati se kawasan Danau Toba," katanya.

Dijelaskan Marbun, dari hasil pembahasan sebelumnya,  festival kemerdekaan ini nantinya diisi dengan karnaval kapal/perahu hias yang dilepas presiden dengan menggunakan Solu Bolon dan memakai pakaian adat. Pada  malam harinya akan digelar atraksi kembang api yang  diikuti 360 kapal/perahu.
"Ini even tahunan yang berskala nasional dan internasional menampilkan atraksi seni budaya dan karnaval air dan darat, sekaligus menampilkan potensi masing-masing negara, provinsi yang ikut dalam kegiatan festival. Sekaligus even juga akan memberikan dampak positif perekonomian masyarakat," paparnya.

Selain acara Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016, lanjut Marbun, pada 18-24 Juli 2016 akan dilaksanakan Festival Paduan Suara Internasional (North Sumatera International Choir Comptetition) di kawasan pinggiran Danau Toba yang pesertanya dari 8 negara.

"Target peserta sekitar 16 ribu orang. Kita hanya sebagai supporting. Nantinya peserta akan mengadakan kunjungan wisata berbentuk paket yang sudah ditentukan travel di Sumut. Untuk itu, dibutuhkan perhatian daerah demi suksesnya acara tersebut seperti kenyamanan dan ketertiban di lokasi Danau Toba. Jadwal acara tidak bisa lagi diundur dan 15 Juli ini peserta dari Taiwan sudah tiba di Bandara Kualanamu," ucapnya.(R5)

  BeritaTerkait
  • Menunggu Karnaval Khatulistiwa di Danau Toba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Cerita “Super Volcano Geopark” Danau Toba yang sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya bakal “terulang.” Kalau zaman

  • Fun Walk For Wonderful Toba di Monas, Cara Orang Batak Dukung Pemerintah

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):   Puluhan ribu warga masyarakat menghadiri acara Fun Walk For Wonderful Toba yang dilaksanakan di Silang Monas, Jakarta, Minggu (15/5/2016), yang dibuka langsung

  • Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba "Indonesia Kerja Nyata" Digelar 20-21 Agustus di Balige dan Parapat

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 "Indonesia Kerja Nyata" akan berlangsung di Balige (Tobasa) dan Parapat (Sima

  • DPRD Humbahas Setujui Ijin Prinsip Pendahuluan Dana

    tahun lalu

    Anggota DPRD Kabupaten Humbahas melalui badan anggaran (Banggar) menyetujui keluarnya ijin prinsip untuk pendahuluan anggaran pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke daerah ini pada 22 Agustus 2016 lalu, Rabu (31/8/2016) diruang rapat secretariat DPRD.

  • 10 Calender Of Event Pariwisata Samosir 2017

    8 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Sejak ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata nasional, Danau Toba dan Pulau Samosir terus berbenah. Dengan menggandeng para pelaku bisnis disektor pariwisata, Pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online