• Home
  • Pariwisata
  • Danau Toba Bakal Dilengkapi Destinasi Pantai, Namanya Batuhoda
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 02 September 2018 18:11:00

Danau Toba Bakal Dilengkapi Destinasi Pantai, Namanya Batuhoda

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Samosir (Pelita Batak):
Setelah direct flight internasional dibuka, kawasan Danau Toba terus dipercantik. Destinasi pun semakin dilengkapi. Tujuannya tak lain untuk memikat wisatawan. Terbaru, Danau Toba bakal memiliki destinasi pantai pertama. Namanya Batuhoda. Wisata pantai ini rencananya akan dilaunching awal September.

Menariknya, legenda masyarakat turut mewarnai berdirinya Batuhoda Beach. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro, Sabtu (25/8) lalu.

"Batuhoda ini akan menjadi destinasi wisata pantai terbaru di Samosir. Dan akan melengkapi destinasi yang ada disekitar Danau Toba. Pantai ini belum dibuka untuk umum. Karena kita masih finishing dibeberapa bagian. Yang menarik dari pantai ini, adalah legenda yang ada di tengah-tengah masyarakat sekitar," paparnya.

Dijelaskan Ombang, masyarakat percaya jika dahulu ada kuda yang datang dari perairan dan terdampar  di sini. Namun ia kesepian. Kuda itu mencari pasangan tapi tidak didapat. Akhirnya ia pun diam membatu. Batu tersebut dipercaya berada dipinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

"Dari kisah itu, pantai ini kemudian diberi nama Batuhoda. Yang artinya adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar mempercayai hal tersebut," terang Ombang.

Menurut Ombang, Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikerjasamakan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

"Lahannya punya warga. Tapi dikerjasamakan dengan kita. Termasuk desain dan pengelolaannya itu dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara," paparnya.

Konsep Pantai Batuhoda sangat kekinian. Pantai di pinggiran Danau Toba itu memiliki sejumlah spot yang Instagramable. Ada spot berkonsep rumah, spot love. Ada juga lokasi di ketinggian yang keren. Dan sebuah rumah pohon berbentuk rumah burung. Ikon pantai ini adalah sebuah patung kuda hitam. Patung ini terbuat dari material ban bekas. Menurut Ombang, patung ini dibuat oleh seniman lokal.

Pantai Batuhoda rencananya dibuat sangat modern. Ombang pun tidak ragu memaparkan konsep yang akan diterapkan.

"Akan ada konsep glamcamp. Nanti kita sediakan area camping. Tapi rencananya juga didirikan penginapan. Namun hal ini akan dilakukan sambil berjalan. Jadi pantai ini akan benar-benar langkap," paparnya.

Hadirnya destinasi wisata baru di Danau Toba, disambut baik Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, Danau Toba sebagai destinasi prioritas memang harus dilengkapi dengan destinasi berkualitas.

"Danau Toba harus terus dibangun untuk menarik wisatawan. Sebab, aksesibilitasnya sudah diperluas lewat direct flight internasional ke Bandara Silangit. Selain destinasi, atraksi juga harus diperkaya. Tujuannya agar waktu tinggal wisatawan di kawasan Danau Toba semakin panjang," harap Menpar.(*)
  BeritaTerkait
  • Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

    6 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk meng

  • Menunggu Karnaval Khatulistiwa di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Cerita “Super Volcano Geopark” Danau Toba yang sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya bakal “terulang.” Kalau zaman

  • "Jabu Na Ture"Akan Jadi Model Homestay untuk Pariwisata Danau Toba

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Mimpi Tim CV Realline Studio sebentar lagi bakal menjadi kenyataan. Perusahaan tempat berkumpulnya para arsitek muda itu sukses menjadi pemenang utama Sayembara Desain Arsite

  • Hebat Fuang, Toilet Bintang Lima Bakal Ramaikan Danau Toba

    2 tahun lalu

    Danau Toba(Pelita Batak): Fasilitas toilet termasuk penting di dunia pariwisata. Kawasan Danau Toba pun akan dilengkapi denngan toilet yang sekelas hotel berbintang lima.   Toilet di s

  • Pemkab Simalungun Berencana Bangun Sarana Bermain di Danau Toba

    2 tahun lalu

    Siantar(Pelita Batak): Pemkab Simalungun menyiapkan anggaran Rp40 miliar untuk mempercantik Danau Toba. Dana itu untuk membangun sarana bermain, pantai buatan dengan pasir putih, serta tempat-tempa

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb