• Home
  • Pariwisata
  • Bupati Tobasa Darwin Siagian Ajak Seluruh Warganya Bersiap Sambut Wisatawan Dunia
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 31 Agustus 2017 09:49:00

Bupati Tobasa Darwin Siagian Ajak Seluruh Warganya Bersiap Sambut Wisatawan Dunia

BAGIKAN:
TAp|pelitabatak
Balige (Pelita Batak) :
Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengajak seluruh lapisan masyarakat berbenah diri dalam menyambut Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional bidang parawisata. Jika ingin parawisata kawasan Danau Toba maju dan dikunjungi jutaan wisatawan, maka  kita harus mengubah sikap.

"Sulit merubah kebiasaan. Oleh karena itu, mari kita merobah mental kita, mengingat parawisata itu merupakan pelayanan, "sebut Bupati saat pengumuman lomba desa terbersih tahap final yang dilaksanakan di Desa Tambunan Lumbangaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Selasa (29/8).

Ketua Dewan Pembina RE Foundantioan DR RE Nainggolan, mengatakan pengumuman pemenang dilakukan setelah adanya penilaian dari 214 desa yang ada di 7 kabupaten. Harapan kita, desa-desa yang ada di pinggiran Danau Toba yang terdapat di 7 Kabupaten, akan semakin bersih.

RE melihat, dalam kurun waktu 4 bulan terakhir ini, ada gerak cepat, agar kawasan ini menjadi Geopark UNIESCO. RE mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga bersihan pinggiran Danau Toba.

"Lomba ini sebagai upaya untuk mendukung kawasan ini sebagai kawasan strategis nasional parawista dan juga kaldera  Toba sebagai Geopark dunia yang akan terdaftar di UNESCO, agar nantinya para wisatawan dunia datang berkunjung ke daerah ini, " sebut RE.

Kegiatan pengumuman disaksikan ribuan warga dan sejumlah undangan diantaranya Wagubsu Brigjen (Purn) TNI Dr Hj Nurhajizah Marpaung, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Wabup Tobasa Hulman Sitorus, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Hidayati, Staf Ahli Gubsu Dr Binsar Situmorang, Kaban Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Bonar Sirait,  Ketua Dewan Pembina RE Foundantion DR RE Nainggolan, Ketua YSKI drg Anita, Rektor UNITA Ir Andriani Siahaan MP, PWI Sumut diwakili Wakil Ketua Wilfrid Sinaga, mewakili Pimpinan Pelita Batak Adol Frian Rumaijuk,STP, Ketua DPRD Tobasa diwakili St Sabaruddin Tambunan, Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoly, Dandim 0210 TU Letkol Ezra Natanael, Ketua PN Balige Paul Marpaung,Kepala Desa Tambunan Lumbangaol Edward Tambunan, para pimpinan SKPD Toba Samosir, para kepala Desa yang ada di Tobasa bersama para camat serta utusan dari beberapa kabupaten.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masyarakat perlu merubah mindset.

"Harapan kita, selain melalui otorita Danau Toba, kita juga berupaya, agar kawasan Danau Toba yang merupakan kaldera Toba, bisa menjadi  Geoprak yang akan terdaftar di UNESCO," ujar Nurhajizah.

"Saat ini kita juga mengupayakan, agar kaldera Toba,bisa menjadi geopark dunia yang akan menjadi anggota UNESCO. Saat ini, kita sudah melakukan upaya pemenuhan terhadap keseluruhan upaya mendukung yang diisyaratkan," sebut Wagubsu seraya menambahkan dengan terdaftarnya kawasan Danau Toba, sebagai Geopark di UNESCO, akan mendatangkan "dollar-dollar" ke kawasan Danau Toba melalui kunjungan jutaan wisatawan dunia.

Lomba kebersihan, kerapian dan keindahan antar desa di pinggiran Danau Toba dilaksanakan RE Foundantion bersama Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), RRI, Lite FM, PelitaBatak.com, Kardopa Group, Horas Halak Hita (H3), PT Inalum serta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Penilaian lomba dilakukan selama satu tahun sejak 2016 silam.

Kegiatan ini dilakukan guna mendorong seluruh desa yang ada di bibir pantai Danau Toba menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan lingkungan, sebagai upaya mendukung program  pemerintah menjadikan kawasan Danau Toba sebagai kawasan pariwisata bertaraf internasional.

Hal itu seiring dengan penetapan Danau Toba sebagai salah satu kawasan strategis nasional dari 10 kawasan strategis nasional parawisata, juga untuk mendukung Kawasan Danau sebagai kaldera toba yang masuk dalam geopark  dunia di bawah  UNESCO.(TAp)
  BeritaTerkait
  • BODT Bersama Pemkab Tobasa Sosialisasi Destinasi Pariwisata di Sigapiton Ajibata

    2 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) : Upaya peningkatan dan pengembangan destinasi pariwisata di kawasan danau toba, Tim dari Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BODT) bersama Pemkab Toba Samosir me

  • Desa Adat Ragi Hotang dan Hutagaol Sihujur, Tobasa Serta Rumah Bolon Gunung Malela. Simalungun Direvitalisasi

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Kemenpar mulai merevitalisasi tiga desa adat di kawasan Danau Toba, Sumut. Misinya menjadikan desa-desa adatnya sebagai penopang pariwisata.   "Ada tiga desa

  • Tenaga Rescue Siap Kawal Wisata Danau Toba

    2 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak): Kayak akan menjadi bagian dari ikon wisata olahraga (sport tourism) Danau Toba, dan siap sebagai daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik dengan menggelar even

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    2 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  • Luhut B Pandjaitan : Warga Toba Tunjukkan Keramahan Mulai Sekarang

    2 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk mendukung dan mempersiapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas dunia, semua pihak khususnya masyarakat dan pemeri

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb