• Home
  • Pariwisata
  • Akhyar Nasution Ajak Millenial Promosikan Medan Lewat Video dan Vlog
KSP Makmur Mandiri
Senin, 29 Juli 2019 08:28:00

Akhyar Nasution Ajak Millenial Promosikan Medan Lewat Video dan Vlog

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Kota Medan dapat berdaya saing dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung oleh semangat milenial. Selain dapat bersaing dengan kota lain di Indonesia, ibukota Provinsi Sumatera Utara juga dapat menjadi salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata bagi wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu upaya untuk menarik wisatawan mengunjungi Kota Medan dengan mempromosikannya melalui vlog dan video.

Itu sebabnya Wali Kota sangat mengapresiasi digelarnya penganugerahan Medan Tourism Vlog & Video Contest 2019 di Adi Mulia Hotel, Medan, Kamis (25/7). Sebab, kegiatan yang digagas Dinas Pariwisata Kota Medan itu bertujuan untuk memperkenalkan wisata kuliner, budaya serta  heritage yang ada di Kota Medan kepada masyarakat luas sehingga tertarik untuk mengunjungi Kota Medan.

"Medan Tourism Vlog & Vidio Contest 2019 merupakan bentuk apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh para peserta yang turut mempromosikan wisata yang ada di Kota Medan. Sebab, sektor pariwisata yang ada di kota yang kita cintai ini  harus dikembangkan karena sesungguhnya sektor ini merupakan salah satu sumber pendapatan ekonomi kreatif Kota Medan ke depannya," kata Wali Kota diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi.

Menurut Wakil Wali Kota, Kota Medan sebagai kota metropolitan salah satu sumber ekonominya adalah sektor pariwisata. "Untuk itu melalui kegiatan ini, mari kita menjadi kreatif. Ingat, ekonomi kreatif bisa tumbuh dan berkembang karena ditopang oleh orang-orang yang kreatif," ungkapnya.

Selanjutnya Wakil Wali Kota mengungkapkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini semakin berkembang pesat, termasuk perkembangan video dan vlog. Dikatakannya, video dan vlog berpotensi menjadi media untuk meningkatkan diplomasi, termasuk bidang budaya ekonomi dan pariwisata.

Oleh karenanya Wakil Wali Kota berharap para peserta dapat mengeksplorasi seluruh keindahan yang dimiliki Kota Medan, seni, budaya, heritage serta aneka kuliner yang selama ini terkenal dengan dua rasa yakni enak  dan enak  sekali. Di samping itu tambah Wakil Wali Kota lagi, Kota Medan juga memiliki keunikan logatnya yang memiliki ciri khas tersendiri.

"Salah satu kekayaan yang dimiliki Kota Medan adalah keunikan bahasanya yang berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia. Oleh karenanya kita harus bangga jadi anak Medan. Sebab, rasa bangga tersebut yang akan menjadikan Kota Medan semakin besar dan dikenal dengan ciri khasnya tersendiri. Saya berharap keunikan logat ini bisa juga dipromosikan melalui video dan vlog," harapnya.

Medan Tourism Vlog & Video Contest 2019 dimulai sejak bulan Mei dan diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan. Dalam penilaiannya, kontes ini terbagi atas tiga kategori yakni  jurnalis, pelajar dan umum. Sedangkan yang menjadi aspek penilian dalam kontes tersebut meliputi konsep, konten, estetika dan narasi.

Selanjutnya panitia melakukan seleksi mulai 28 Juni sampai 19 Juli. Dari ratusan peserta yang ikut, dewan juri akhirnya memilih menetapkan 9 pemenang untuk masing-masing kategori. Kemudian menetapkan 20 pemenang favorit khusus untuk kategori umum dan pelajar.

Adapun masing-masing  pemenang untuk kategori jurnalis yakni Rusni Karyani dari Kom,pas TV sebagai juara pertama, Elsa Fani (DaaiTV) juara kedua dan Roy Joshua (CCTV Kabanjahe) sebagai juara ketiga.Untuk kategori pelajar, juara pertama diraih Mutiara Febrina dari SMKN 1 Medan,  Juanda Arfis (SMK Tritech Informatika) sebagai juara kedua dan  Vresly Simangunsong  (SMA Indonesia Membangun) sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk kategori umum, juara pertama diraih Ivan Sebayang, T Rafli Rianda sebagai juara kedua dan juara ketiga direbut Afdal Hadi Matondang. Selain piala, masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaan dari Dinas Pariwisata. Wakil Wali Kota  berpesan kepada para pemenang agar tidak cepat berpuas diri dan terus memaksimalkan potensi-potensi yang ada.

"Jangan cepat puas dan terus berkreasi dan hasilkan karya yang lebih baik dan bermanfaat lagi. Mari kita bersama membangun bangsa melalui mata kamera. Di samping itu mari kita bersama-sama memaksimalkan semua potensi yang dimiliki untuk memperkenalkan Kota Medan melalui karya video dan vlog," pungkasnya. (SN|TAp)
  BeritaTerkait
  • Kapolda & Wali Kota Bersama Seratusan Ribu Warga Ikut MRSF 2019 Dukung Tertib lalu Lintas

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pelaksanaan Millenial Road Safety Festival di Kota Medan yang dipusatkan di Lapangan Benteng berlangsung sangat meriah, Minggu (3/3) pagi. Seratusan  ribu warga, terutama kau

  • Parlindungan Purba Ajak Generasi Muda Teruskan Perjuangan Para Pahlawan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba SH MM mengajak segenap masyarakat khususnya generasi muda sungguh-sungguh menghayati makna perjuangan para pahlawan yang terdahulu. Bahk

  • Akhyar Ajak Komunitas Peduli Lingkungan Jadi Garda Terdepan Jaga Kebersihan

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH mengajak seluruh komunitas peduli lingkungan untuk menjadi garda terdepan sekaligus jembatan penghubung antara Pemko Medan dengan

  • Akhyar Ajak Semua Wujudkan Kota Bersih

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan asri bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga butuh dukungan penuh dari seluruh pihak, terutama masyarakat. A

  • Belasan Ribu Warga Ikuti Deklarasi Millenial Anti Narkoba

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengahdiri Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Lapangan benteng Medan, Minggu (24/3). Acara yang dihadiri belasan ribu pengunjung, te

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb